Langkah Taktis Tim Gerakan Sedekah Plasma Masifkan Donor Plasma Kovalesen di Sulsel

Ketua Tim Gerakan Sedekah Plasma, Indiria Yusuf Ismail menemui Ketua PMI Sulsel Adnan Purichta untuk meminta dukungan.

oleh Fauzan diperbarui 22 Agu 2021, 17:22 WIB
Diterbitkan 10 Agu 2021, 18:29 WIB
Ketua Tim Gerakan Sedekah Plasma dan Ketua PMI Sulsel (Liputan6.com/Fauzan)
Ketua Tim Gerakan Sedekah Plasma dan Ketua PMI Sulsel (Liputan6.com/Fauzan)

Liputan6.com, Jakarta Demi menyukseskan gerakan donor plasma kovalesen, Ketua Gerakan Donor Plasma Kota Makassar Indira Yusuf Ismail bersama timnya menemui Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Sulawesi Selatan Adnan Purichta di Kantor Bupati Gowa pada Selasa (10/8/2021). 

Dalam pertemuan itu, Indira Yusuf Ismail yang juga merupakan Ketua TP PKK Kota Makassar menyampaikan niat untuk memasifkan gerakan donor plasma kovalesen demi menolong pasien-pasien yang terkonfirmasi positif Covid-19 yang ada di Sulawesi Selatan. 

"Kita sengaja menemui Ketua PMI Sulsel, untuk berkolaborasi dalam memasifkan gerakan donor plasma, meminta kesediaan penyintas untuk membantu sesama yang terkena Covid-19," kata Indira (10/8/2021).

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Persatuan Rumah Sakit Indonesia Sulsel, dr Khalid Saleh yang juga merupakan bagian dari  Tim Gerakan Sedekah Plasma menyampaikan pentingnya gerakan ini, sebagai salah satu pilihan untuk membantu mereka yang terpapar Covid-19.

"Mengingat adanya beberapa syarat untuk menjadi pendonor, sehingga hal yang paling memungkinkan yakni di rumah sakit yang menangani pasien Covid-19, serta di PMI," ujarnya.

Beberapa poin penting yang menjadi pembahasan saat itu yakni perlunya percepatan dalam gerakan donor plasma tersebut, dikarenakan adanya beberapa syarat yang harus dipenuhi, karena penyintas yang dapat melakukan donor, mereka yang belum melakukan vaksin, serta belum pernah hamil maupun melahirkan.

"Untuk itu, dalam pendataan nantinya akan melibatkan pihak rumah sakit yang menangani pasien Covid-19, serta PMI, dikarenakan alat untuk melakukan donor terdapat di markas PMI," tambahnya. 

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Simak juga video pilihan berikut ini:


PMI Sulsel Siap Beri Dukungan

Ketua PMI Sulsel siap bantu Tim Gerakan Sedekah Plasma Makassar (Liputan6.com/Fauzan)
Ketua PMI Sulsel siap bantu Tim Gerakan Sedekah Plasma Makassar (Liputan6.com/Fauzan)

Sementara itu, Ketua PMI Sulsel yang juga merupakan Bupati Gowa Adnan Purichta menyambut baik niat dan permintaan Tim Gerakan Sedekah Plasma. Adnan pun memastikan bahwa PMI Sulsel akan memberikan dukungan penuh terhadap gerakan donor plasma kovalesen ini. 

"Kita menyambut baik niat dari Ibu Indira bersama tim, dan siap memberikan dukungan untuk memasifkan donor plasma demi kemanusiaan," ujar Adnan.

Dalam team gerakan donor plasma yang turut hadir diantaranya Ketua PERSI Sulsel, Dr dr Khalid Saleh, Direktur Eksekutif KADIN Sulsel, Muh Taufik Anas, Perwakilan Perempuan, Sri Wulandari, Perwakilan Media, Mismaya Alkhaerat, serta beberapa tokoh serta dokter diantaranya dr Wachyudi yang dikenal pula dengan sebutan dokter koboy Makassar, serta beberapa tokoh lainnya.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya