Imbauan Musa Rajekshah Kepada Warga Sumut Hadapi Cuaca Ekstrem

Masyarakat Sumatera Utara (Sumut) diimbau waspada dengan adanya potensi bencana yang bisa terjadi sewaktu-waktu akibat perubahan cuaca dan iklim. Seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, angin kencang, pohon tumbang, dan lainnya.

oleh Reza Efendi diperbarui 24 Agu 2021, 14:51 WIB
Diterbitkan 24 Agu 2021, 14:51 WIB
Wagub Sumut, Musa Rajekshah
Berdasarkan informasi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisikan (BMKG), mengingatkan adanya potensi cuaca ekstrem

Liputan6.com, Medan Warga Sumatera Utara (Sumut) diimbau waspada dengan adanya potensi bencana yang bisa terjadi sewaktu-waktu akibat perubahan cuaca dan iklim. Seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, angin kencang, pohon tumbang, dan lainnya.

Imbauan itu disampaikan Wakil Gubernur (Wagub) Sumut, Musa Rajekshah. Berdasarkan informasi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisikan (BMKG), mengingatkan adanya potensi cuaca ekstrem.

"Hati-hati dan waspada, cuaca ekstrem akhir-akhir ini berpotensi mengakibatkan banjir, longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang, pohon tumbang, dan lain-lain,” kata Musa Rajekshah, Selasa (24/8/2021).

Wagub Sumut juga mengingatkan, informasi dari BMKG pada hari ini hingga Kamis, 26 Agustus 2021, bahwa Sumut termasuk wilayah yang akan mengalami kondisi cuaca cukup bervariasi.

"BMKG sudah mengingatkan, cuaca di daerah kita akan bervariasi. Sebagian besar akan berpotensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat," ujarnya.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:


BPBD Sumut Diminta Sigap

Pengertian Cuaca
Ilustrasi Musim Hujan Credit: pexels.com/Vlad

Sebagai tindak lanjut informasi tersebut, Musa Rajekshah memerintahkan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumut untuk sigap mengantisipasi segala kemungkinan yang terjadi.

Selain itu, Wagub juga meminta BPBD Sumut untuk meningkatkan koordinasi dengan BPBD Kabupaten dan Kota se-Sumut, agar setiap tindakan yang dibutuhkan dapat dipersiapkan secepatnya.

"Komunikasi dan koordinasi dengan Kabupaten dan Kota harus lebih intens, biar semuanya sudah siap sebelum dibutuhkan. Kita berdoa semoga Tuhan melindungi,” tandasnya.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya