Sungai Martapura Bungas Prioritas DLH Kalsel Tahun 2022

Dinas Lingkungan Hidup Kalimantan Selatan akan menjadikan Sungai Martapura Bungas sebagai prioritas di Tahun 2022 mendatang.

oleh Aslam Mahfuz diperbarui 01 Jan 2022, 15:30 WIB
Diterbitkan 01 Jan 2022, 15:30 WIB
Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Provinsi Kalimantan Selatan, Hanifah
Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Provinsi Kalimantan Selatan, Hanifah.

Liputan6.com, Banjarmasin - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Provinsi Kalimantan Selatan lakukan Gathering Media di Taman Hutan Rakyat (Tahura) Mandiangin Kabupaten Banjar, Rabu (29/12/2021) lalu. Kegiatan ini diikuti puluhan insan pers dan instansi terkait.

Tiga agenda yang menjadi acuan DLH Kalsel bersama insan pers untuk mendukung program pembangunan di Kalimantan Selatan. Tentunya terkait dengan Indeks Kualitas Lingkungan Hidup (IKLH), Program Prioritas, dan Capaian Kinerja DLH Kalsel.

Sementara untuk program tahun 2022 ke depan, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kalimantan Selatan, Hanifah menyebutkan Sungai Martapura Bungas jadi program prioritas. Beberapa kegiatan akan dilakukan untuk penanganan dan pengendalian pada program tersebut.

"Untuk prioritas, Sungai Martapura Bungas 2022, kita fokus kepada penanganan pengendalian pencemaran yaitu sumber pencemaran limbah domestik kemudian juga sampah," ujar Hanifah.

Selanjutnya disebutkan program tersebut diharapkan pada Tahun 2022 sudah ada intervensi. Sehingga peningkatan kapasitas tampung Sungai Martapura Bungas dapat dilakukan dengan normalisasi atau dalam skala kecil.

"Karena memang untuk kegiatan yang skala besar, itu kewenangannya Balai Wilayah Sungai (BWS), kemudian yang tidak kalah pentingnya ini akan dilakukan penanaman masif baik itu oleh kami, maupun oleh teman-teman dari Dinas Kehutanan," tambah Hanifah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Simak juga video pilihan berikut


Pembekalan Media

Ilustrasi Media Massa, Surat Kabar, Medai.
Ilustrasi Media Massa, Surat Kabar, Medai. Kredit: Michael Gaida via Pixabay

Gathering Media dilakukan juga pembekalan dengan menghadirkan tiga narasumber dari Dinas Komunikasi dan Informatika Kalsel, Biro Adpim Setda Provinsi Kalsel dan Ketua PWI Kalsel.

Sebagai satuan kerja di lingkungan Pemerintah Provinsi Kalimantan, Dinas Lingkungan Hidup terus menerus berupaya membangun kualitas lingkungan hidup yang lebih baik. Termasuk program-program dan capaian kinerja yang selalu di evaluasi dan dimonitor.

Peran penting media massa sebagai corong Informasi menjadi mitra dalam capaian program kerja selama ini dan hari esok. Sehingga kehadiran rekan jurnalis sangat penting untuk meneruskan informasi kepada khalayak atau masyarakat lebih luas.

"Peran teman-teman media sangat penting, agar informasi yang tersampaikan ke masyarakat dapat diterima dengan baik dan tidak terjadi kesalahpahaman dalam penerimaan informasi, termasuk kinerja yang dilakukan".

Sementara informasi untuk memberikan masukan, saran dan kritik, peran media juga sangat diperlukan oleh pihak DLH Kalsel tersebut. Pasalnya informasi demikian menjadi salah satu langkah untuk perlunya dilakukan perbaikan.

Pertemuan bersama insan pers tersebut jadi momentum tersendiri bagi DLH Kalsel. Dalam pembangunan lingkungan hdup, peran media sangat strategis untuk membangun informasi dan komunikasi kepada masyarakat.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya