5 Jurus Menjadi Independen, Kepribadian Manusia yang Mandiri dan Tangguh

Beberapa tips sederhana berikut bisa membantumu untuk perlahan-lahan menjadi pribadi yang mandiri

oleh Switzy Sabandar diperbarui 29 Agu 2022, 22:00 WIB
Diterbitkan 29 Agu 2022, 22:00 WIB
4 Jenis Kepribadian Manusia
Ilustrasi kepribadian manusia

Liputan6.com, Yogyakarta - Orang yang mandiri umumnya jarang merepotkan orang lain, tidak manja, tidak takut menentukan keputusan sendiri, dan tak canggung bepergian tanpa ditemani. Tak jarang, orang dengan kepribadian manusia ini selalu dikagumi.

Namun, menjadi pribadi yang mandiri perlu adanya pembiasaan diri. Beberapa tips sederhana berikut bisa untuk jurus menjadi independen dan berubah menjadi pribadi yang mandiri.

1. Mencoba menyelesaikan masalah sendiri

Tips pertama adalah membiasakan diri untuk tidak bergantung kepada orang lain. Salah satu caranya dengan tidak buru-buru meminta pertolongan saat ada masalah.

Sebaliknya, cobalah untuk menyelesaikan masalahmu sendiri terlebih dahulu. Jika dirasa tidak mampu menyelesaikan masalah sendiri, barulah minta pertolongan orang lain.

2. Bertanggung jawab terhadap diri sendiri

Langkah termudah untuk melatih kemandirian yang bisa kamu lakukan adalah dengan mulai bertanggung jawab terhadap urusan pribadi dan diri sendiri. Sebagai contoh, mulailah dengan mencuci baju sendiri, merapikan tempat tidur setiap pagi, serta menjaga kebersihan kamar.

Langkah kecil tersebut dapat membuatmu terhindar dari label 'anak manja' yang apa-apa harus dilakukan oleh orang lain. Dengan melakukannya secara terus-menerus, nantinya ketika kamu tinggal berjauhan dengan orangtua, hal semacam ini tak akan jadi masalah.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Saksikan video pilihan berikut ini:


Penghasilan Sendiri

3. Mencari penghasilan sendiri

Kemandirian finansial menjadi salah satu faktor penting dalam kemandirian. Dengan memiliki kondisi finansial yang stabil, kamu tidak akan menjadi beban bagi orang lain.

Sebaliknya, kamu justru akan menjadi orang yang bisa diandalkan dan mampu memberi manfaat dengan membantu orang yang membutuhkan. Jika kamu seorang pelajar dan belum bekerja, kamu bisa memanfaatkan uang jajan dengan menabung.

Akan ada rasa bangga ketika kamu mampu membeli sesuatu yang diinginkan dengan uang sendiri. Bukan hanya kamu, orangtua juga akan bangga dengan perubahan tersebut.

4. Merencanakan masa depan

Biasakanlah untuk memikirkan dengan matang apa yang kamu ingin capai dan bertanggung jawab terhadap hal tersebut. Singkatnya, berusahalah dengan sungguh-sungguh untuk meraihnya dan tak mudah kendor saat dihadapkan pada masalah.

Dengan begitu, masa depanmu tak akan disetir orang lain. Kamulah yang menjadi penentu kehidupanmu sendiri.

5. Belajar menerima kritik

Mampu mengelola kondisi mental diri sendiri adalah salah satu cara menjadi mandiri. Untuk bisa melakukannya, cobalah belajar lapang dada dalam menerima kritik dan tidak keras kepala atau mudah tersinggung saat diberi saran.

 

Penulis: Resla Aknaita Chak

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya