Harimau Sumatra Muncul di Solok, Mangsa Anjing Milik Warga

Harimau sumatra adalah satwa langka dan dilindungi, saat ini keberadaannya terancam akibat ruang hidupnya semakin sempit.

oleh Novia Harlina diperbarui 27 Jan 2023, 04:00 WIB
Diterbitkan 27 Jan 2023, 04:00 WIB
Jejak diduga harimau sumatra di Kabupaten Solok. (ist)
Jejak diduga harimau sumatra di Kabupaten Solok. (ist)

Liputan6.com, Solok - Konflik antara manusia dan harimau kembali terjadi di Sumatera Barat. Kali ini seekor anjing di Jorong Bukit Gompong Nagari Koto Gadang Guguak, Kabupaten Solok, Sumatera Barat diserang oleh satwa liar yang diduga harimau sumatra.

Di sekitar lokasi ditemukan jejak yang diduga harimau sumatra. Peristiwa itu juga diunggah oleh salah seorang warga setempat ke media sosial Facebook, Selasa (24/1/2023).

Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sumatera Barat, Ardi Andono mengatakan petugas BKSDA sudah berada di lokasi sejak kemarin dan sedang melakukan identifikasi.

"Iya ada laporan, petugas sudah di lapangan namun belum dapat dipastikan apakah itu harimau sumatra," ujarnya, Rabu (25/1/2023).

Selain melakukan identifikasi dan pemetaan, pihaknya juga melakukan sosialisasi kepada warga, memasang kamera trap, dan juga melakukan ronda.

"Kami pasang kamera trap jika memang benar ada harimau sumatera yang berkeliaran di lokasi tersebut," sebutnya.

Untuk sementara, lanjutnya, masyarakat diimbau agar tidak pergi ke ladang sendirian, dan diimbau untuk pulang ke rumah setelah jam 15.00 WIB.

Kemudian meminta warga jangan meninggalkan ternak maupun anjingnya di dalam kebun yang dapat memancing harimau untuk membunuh hewan peliharaannya.

"Kalau anjing itu naluri sesama predator adalah saling membunuh," jelasnya.

Selanjutnya, Ardi mengimbau warga membiasakan memasang lampu lentera atau api sehingga harimau menjauh dari kebun atau ladang.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya