Pesawat Susi Air Dibakar KKB, Kapolres Nduga Pimpin Langsung Upaya Pembebasan Sandera

Tiga regu sudah disiapkan untuk diturunkan ke Paro, Kabupaten Nduga, Papua, dalam operasi pembebasan 16 orang yang disandera KKB.

oleh Liputan6.com diperbarui 08 Feb 2023, 13:31 WIB
Diterbitkan 08 Feb 2023, 13:31 WIB
Pesawat Susi Air type Pilatus Porter PC-6. (Dok susiair.com)
Pesawat Susi Air type Pilatus Porter PC-6. (Dok susiair.com)

 

Liputan6.com, Jayapura - Menyusul kabar pembakaran pesawat Susi Air dan penyanderaan penumpangnya oleh KKB Papua, Kapolres Nduga AKBP Rio Aleksander Penelewan memimpin langsung upaya pembebasan pilot dan penumpang pesawat.

Komandan Satgas Damai Cartenz Kombes Faizal Rahmadani, Rabu (8/2/2023) mengatakan, saat ini tiga regu sudah disiapkan untuk diturunkan ke Paro, Kabupaten Nduga dalam operasi pembebasan 16 orang yang disandera KKB pimpinan Egianus Kogoya.

"Proses sudah berjalan dan saat ini saya sedang memberikan brifing, " kata Kombes Faizal yang mengaku saat ini sudah berada di Timika.

Diakui, Egianus Kogoya bersama kelompoknya termonitor sudah sekitar enam bulan berada di Paro. KKB pimpinan Egianus Kogoya, Selasa (7/2/2023) dilaporkan membakar pesawat milik Susi Air yang dipiloti Philip Merthens berkebangsaan Selandia Baru.

Selain itu KKB juga dilaporkan menyandera 15 pekerja atau tukang yang sedang membangun puskesmas di Paro, jelas Kombes Faizal yang juga menjabat Dirkrimum Polda Papua.

Sebanyak 15 pekerja bangunan tersebut antara lain Gregorius Yanwarin, Domianus Wenehen, Thadeus Belyanan, Ical Behuku, Simon Walter, Martinus Yanwarin, Gerardius Ruban, Fransiskus Rendi Ruban, Yogi Parlahutan Siregar, Refalino Walten, Antonius Heatubun, Martinus Heatubun, Andreas Kolatlena, Amatus Ruban dan Walterius Emanuel Heatuban.

Di Distrik Paro tidak ada pos TNI-Polri dan untuk mencapai wilayah itu dapat ditempuh selama 20 menit dari Kenyam, ibukota Kabupaten Nduga atau sekitar 25 menit dari Timika.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Infografis Baku Tembak TNI Vs KKB Papua
Infografis Baku Tembak TNI Vs KKB Papua. (Liputan6.com/Abdillah)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya