Jelang Puasa, Serbu Produk Kuliner dan Pakaian Karya Lansia di Tanjungsari Boyolali

Bazar Ramadhan dengan pra peserta lansia digelar di Tanjungsari, Ngesrep, Ngemplak, Boyolali. Bazar berisi kuliner dan pakaian ini menjadi perhatian masyarakat sekitar.

oleh Yanuar H diperbarui 20 Mar 2023, 21:00 WIB
Diterbitkan 20 Mar 2023, 21:00 WIB
Bazar Ramadhan Lansia
Puluhan lansia mengikuti Bazar Ramadhan di Desa Tanjungsari, Ngesrep, Ngemplak, Boyolali. (siti Fatonah)

Liputan6.com, Yogyakarta Menjelang Ramadan, para lansia di Desa Tanjungsari, Ngesrep, Ngemplak, Boyolali menggelar Bazar Ramadhan. Nurul Hidayati salah seorang lansia Tanjungsari mengatakan bazar Ramadan kuliner dan UMKM ini digelar jelang masuknya bulan puasa.

"Ini baru kali pertama dilakukan yang jualan para lansia. Membuktikan mereka masih aktif produktif dan siap menjalani ibadah puasa. Saya sebagai lansia Masithoh Tanjungsari ini sangat bangga dengan keberadaan kelompok lansia ini," katanya, Minggu (19/03/2023).

Siti Fatonah Community Development Officer PT Pertamina Patra Niaga DPPU Adi Sumarmo mengatakan bazar Ramadhan yang digelar oleh lansia menjelang bulan puasa ini merupakan binaan dari Pertamina. Para lansia yang mengikuti bazar kuliner dan UMKM ini ada 30 peserta. Mereka juga bisa ikut cek kesehatan gratis.

"Ada makanan, pakaian, produk rajut dan pernak pernik. Produk-produk ini bikinan kelompok lansia Masyithoh Tanjungsari Ketuanya Bu Sulastri," katanya.

Ia mengaku pendampingan para lansia ini menjadi program dari Pertamina di Tanjungsari yang sudah memasuki tahun keempat. Ia tidak menyangka respon masyarakat begitu tinggi terhadap bazar di Tanjungsari.

"Ini tahun keempat dan fokus kita ibu-ibu hidroponik Masyitoh, kalau bapak-bapak kemarin ke masjid ada mesin ulang air galon, kalau lansia kita dukung dengan alat cek kesehatan karena mereka ada posyandu lansia. Pemuda baru mau jalan programnya," katanya.

Fatonah mengaku pendampingan khusus lansia sudah dirancang termasuk sudah dilakukan kebun gizi lansia, terapi ikan, dan refleksi. Ia berharap nantinya akan ada program selanjutnya untuk mendukung para lansia dan warga lainnya.

"Tahun 2023 ini kita mulai untuk lansia, kelanjutannya akan berkala. Ada inisiasi car free day di Tanjungsari tapi melihat acara bazar Ramadhan itu baru jam 10 dagangannya sudah habis. Ya kami menunggu dari warga saja," katanya.

Fatonah mengatakan nantinya khusus lansia akan ada acara pada bulan Mei 2023 yaitu memperingati Hari Lansia Internasional.

"Nanti ada talkshow, cek kesehatan juga nanti kami undang dari dinas kesehatan juga masih kami godok dulu, semoga bisa jalan nanti," katanya.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya