Cuaca Besok Sumut di Hari Pertama Lebaran Idul Fitri Sabtu 22 April 2023: Pagi Berawan, Siang-Malam Berpotensi Hujan

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan prakiraan cuaca hari pertama libur Lebaran Idul Fitri, Sabtu, 22 April 2023, untuk wilayah Sumatera Utara (Sumut).

oleh Reza Efendi diperbarui 21 Apr 2023, 11:24 WIB
Diterbitkan 21 Apr 2023, 11:24 WIB
Kota Medan
Ilustrasi - Cuaca di Kota Medan beberapa waktu lalu (Reza Efendi/Liputan6.com)

Liputan6.com, Medan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan prakiraan cuaca hari pertama libur Lebaran Idul Fitri, Sabtu, 22 April 2023, untuk wilayah Sumatera Utara (Sumut).

Dalam keterangan diperoleh Liputan6.com, Jumat (21/4/2023), Prakirawan Christin Matondang melaporkan, pagi hari umumnya berawan di Sumut.

Siang hingga sore hari cerah berawan dan berpeluang hujan ringan hingga lebat di sebagian wilayah Sumut.

"Potensi hujan lebat terjadi di wilayah Langkat, Karo, Humbanghasundutan, Pakpak Bharat, Dairi, Tapteng, Sibolga, Toba, Taput, Nias, Deliserdang, Madina, Sidimpuan, Tapsel, dan sekitarnya," kata Christin.

Kemudian pada malam hari berpeluang hujan ringan hingga lebat di sebagian wilayah Sumut.

"Potensi hujan lebat terjadi di wilayah Karo, Dairi, Humbanghasundutan, Pakpak Bharat, Tapteng, Taput, Toba, Madina, Tapsel, dan sekitarnya," ucapnya.

Dini hari berawan banyak di Sumut. Secara keseluruhan, suhu udara berkisar 16,0 hingga 33.0 derajat celcius. Kelembapan udara 60 hingga 95 persen. Angin Barat Daya-Barat Laut/10-30 Km/jam.

"Masyarakat di wilayah Sumut diimbau untuk tetap waspada potensi hujan lebat disertai petir di Lereng Barat, Pantai Barat, pegunungan dan Lereng Timur," Christin mengimbau.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


BMKG Siapkan Aplikasi untuk Pantau Cuaca selama Mudik Lebaran Idul Fitri 2023

Ilustrasi BMKG
Ilustrasi BMKG. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

BMKG menyiapkan aplikasi untuk memantau cuaca selama mudik Lebaran 2023 hingga skala kecamatan. Dengan begitu, BMKG berharap masyarakat bisa melakukan perjalanan dengan aman.

"Masyarakat dapat mengakses situs web resmi yang diluncurkan BMKG untuk pantauan selama mudik di publik.bmkg.go.id/cuaca-mudik/," ujar Koordinator Bidang Layanan Informasi BMKG Agus Fitrianto, dikutip dari Antara, Minggu, 16 April 2023.

Dia menjelaskan, pantauan prakiraan berbasis dampak hingga skala kecamatan yang merupakan sinergi dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dinamakan Signature BMKG.

Menurut Agus, masyarakat bisa mengakses pantauan cuaca baik darat, laut, maupun udara pada satu situs tersebut.

"Selain itu, masyarakat juga bisa memantau media sosial resmi infobmkg baik di Instagram, YouTube, maupun Twitter," papar dia.

Kemudian, lanjut dia, bagi pemudik yang menempuh jalur udara bisa mengakses BMKG SIAM dan INA-WIS BMKG bagi yang ingin memantau prakiraan cuaca di jalur laut.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya