Mengenal Stadion Manahan, Ikon Sport Tourism Solo

Kini Stadion Manahan menjadi area sport tourism Solo yang telah menyelenggarakan berbagai pertandingan nasional maupun internasional.

oleh Switzy Sabandar diperbarui 07 Mei 2023, 15:00 WIB
Diterbitkan 07 Mei 2023, 15:00 WIB
Foto: Tour de Stadium Erick Thohir ke Stadion Manahan, Layak Jadi Venue Final dan Penutupan Piala Dunia U-20 2023
Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, Menpora Zainudin Amali, dan Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, saat berdiskusi mengenai progres renovasi Stadion Manahan, Solo, Minggu (12/3/2023). (Bola.com/Radifa Arsa)

Liputan6.com, Solo - Stadion Manahan merupakan salah satu stadion olahraga yang memiliki fasilitas berstandar internasional. Stadion ini dicanangkan menjadi salah satu destinasi sport tourism atau destinasi olahraga di Kota Solo.

Mengutip dari surakarta.go.id, stadion ini terletak di tengah kota, tepatnya di Jalan Adi Sucipto No.1, Manahan, Banjarsari, Surakarta. Stadion Manahan Solo diresmikan pada 21 Februari 1998 oleh Presiden Soeharto.

Dalam perkembangannya, stadion ini juga melalui sejarah yang cukup panjang. Hingga pada 2011 dan 2022, stadion ini dipilih sebagai lokasi untuk menyelenggarakan pesta olahraga difabel terbesar di Asia Tenggara, yaitu ASEAN Para Games.

Stadion ini juga menjadi rumah bagi sejumlah klub sepak bola, yakni Pelita Solo hingga Persis Solo. Olahraga sepak bola Indonesia juga beberapa kali diselenggarakan di sini.

Dahulu, stadion ini merupakan lapangan yang digunakan untuk pacuan kuda Kadipaten Mangkunegaran. Namun, kini Stadion Manahan menjadi area sport tourism Solo yang telah menyelenggarakan berbagai pertandingan nasional maupun internasional.

Terkait letaknya, stadion ini juga berada di lokasi yang cukup strategis. Tak jauh dari stadion, terdapat Stasiun Kereta Purwosari, Terminal Tirtonadi, Bandara Adi Sumarmo, hotel berbintang, hingga pusat perbelanjaan. Letaknya yang strategis tersebut membuat stadion ini menjadi salah salah satu lokasi yang paling representatif untuk menyelenggarakan acara olahraga berskala nasional dan internasional.

Stadion Manahan memiliki fasilitas yang lengkap, seperti area parkir yang mampu menampung 2.300 motor dan 300 mobil serta beragam lapangan, mulai dari tenis, bisbol, sirkuit motor, sirkuit sepeda, ruang billiard, dan lainnya. Selain itu, juga terdapat fasilitas lainnya, seperti taman yang lengkap dengan sarana fitness serta jogging yang bisa digunakan secara gratis.

(Resla Aknaita Chak)

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Simak Video Pilihan Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya