Daftarkan 45 Bacaleg, Partai Nasdem Optimistis Raih 11 Kursi DPRD di Gunungkidul

DPD Partai Nasdem mendaftarkan Bakal Calon Legialatif ke Komisi Pemilihan Umum Daerah pada hari ini kamis (11/05/23) serentak di Seluruh Indonesia. Bersama dengan rombongan, pendaftaran Bacaleg langsung diterima KPU Gunungkidul.

oleh Hendro diperbarui 12 Mei 2023, 14:30 WIB
Diterbitkan 12 Mei 2023, 14:05 WIB
PEngurus DPP Partai Nasdem Daftarkan Bacaleg ke KPU Gunungkidul
Partai Nasdem Gunungkidul telah mendaftarkan setidaknya 45 orang dari 5 Daerah Pemilihan (Dapil) pada konstestasi Pemilu 2024 mendatang.

Liputan6.com, Gunungkidul DPD Partai Nasdem mendaftarkan bakal calon legislatif ke Komisi Pemilihan Umum Daerah pada Kamis (11/5/23) serentak di Seluruh Indonesia. Bersama dengan rombongan, pendaftaran Bacaleg langsung diterima KPU Gunungkidul.

Perwakilan Partai Nasdem Gunungkidul, Agus Haryanta mengatakan bahwa hari ini telah mendaftarkan setidaknya 45 orang dari 5 Daerah Pemilihan (Dapil) pada kontestasi Pemilu 2024 mendatang. Tahapan ini dilakukan menyusul sebeblumnya telah mengisi data secara online pada situs Silum.

Agus menyampaikan bahwa saat ini DPD Partai Nasdem Gunungkidul mengajukan 45 orang yang terbagi di 5 Dapil seluruh Gunungkidul. Di mana, beberapa diantaranya adalah merupakan anggota baru.

"Jadi seluruhnya 45, separuhnya merupakan anggota baru yang lolos seleksi mengikuti pilihan legislatif pada pemilu nanti," jelasnya.

Partai di bawah naungan Ketua Umum Surya Paloh ini yakin bahwa target 11 kursi dari yang ditetapkan bersama dapat diraih meski belum terisinya Ketua DPD Gunungkidul. Hal tersebut dinilai masih konsisten dengan target meraih suara terbanyak.

"Tahun sebelumnya kan cuma 9 kursi,  dan untuk tahun 2024 nanti 11 kursi yakin akan kita raih," jelasnya.

Agus menuturkan bahwa melalui peraturan baru terkait kuota perempuan, pihaknya meyakini bahwa Nasdem Gunungkidul memang serius dalam penjaringan calon legislatof perempuan. Hal ini sudah dilaksanakan pada Pemilu sebelumnya.

Disinggung terkait ketua DPD yang meninggal dunia beberapa waktu lalu, pihaknya tetap optimistis meski belum terisinya ketua yang baru. Hal tersebut diyakini tidak mengurangi perolehan suara nantinya, bahkan dengan banyaknya pendatang baru pihaknya mampu meningkatkan perolehan suara. Diketahui Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) NasDem Kabupaten Gunungkidul, Suparjo meninggal dunia pada Selasa, (4/4/2023) di Bandara I Gusti Ngurah Rai, Bali.

"Tetap optimistis dan berdoa, dengan banyaknya pendatang baru ini Nasdem mampu mewakili suara rakyat dan meraih suara meilenial pada 2024 nanti," terangnya.

Sementara itu, Ketua KPU Gunungkidul, Ahmad Ruslan Hani menyampaikan bahwa pihaknya telah menerima berkas pendaftaran dari para Bacaleg Partai Nasdem secara resmi. Mengingat, penyerahan berkas ini adalah bagian dari syarat mengikuti Pemilu 2024 nanti.

Meski adanya peraturan baru terkait kuota perempuan, Hani menyebut bahwa secara berkas Partai Nasdem telah memahami dan memenuhi unsur unsur persyaratan. Setelahnya, berkas akan diverifikasi oleh petugas KPU.

"Sudah kami terima dan kami kroscek telah memenuhi syarat, tinggal mengikuti tahapan berikutnya," pungkasnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya