Cerita Perajin Kerang Cirebon Mulai Kebanjiran Pesanan Usai Covid-19

Sejak tahun 2004 Siswanto mulai mengolah kerajinan kerang secara otodidak bahkan dikombinasikan dengan keahliannya yang lain

oleh Panji Prayitno diperbarui 18 Jun 2023, 07:00 WIB
Diterbitkan 18 Jun 2023, 07:00 WIB
Cerita Perajin Kerang Cirebon Mulai Kebanjiran Pesanan Usai Covid-19
Siswanto perajin kerang asal Cirebon sedang mengerjakan pesanan kerajinan kerang untuk dikirim ke pabrik di Jakarta. Foto (Liputan6.com / Panji Prayitno)

Liputan6.com, Cirebon - Ratusan hingga ribuan kerang laut dari perairan Cirebon siap diolah menjadi kerajinan bernilai. Di tangan Heri Siswanto, kerang-kerang hasil laut disulap menjadi berbagai bentuk kerajinan cantik.

Pemilik Sis Handmade ini mengaku sejak tahun 2004 mulai menjajaki kerajinan kerang laut. Ia mengolah kerajinan kerang secara otodidak bahkan dikombinasikan dengan keahliannya yang lain.

"Awalnya saya melihat para perajin kerang Cirebon yang lain dan saya coba praktek dirumah berhasil. Kebetulan saya punya dasar keahlian fiber saya kolaborasikan dengan fiber," kata Siswanto, Sabtu (17/6/2023).

Desain kerajinan pertama yang dibuatnya adalah tempat minuman mineral dalam kemasan. Saat itu, ia mengkombinasikan teknik fiber dengan menempelkan kerang srimping dan hasilnya memuaskan.

Kerajinan kerang buatan Heri Siswanto memiliki ciri khas tersendiri dan tidak ada di tempat lain. Salah satunya adalah teknik menempelkan kerang secara manual.

"Saya tidak pakai cetakan jadi misal fibernya lampu gantung ya kerangnya saya tempel satu per satu. Jadi kesan hiasan kerang nya lebih menarik," ujar Siswanto.

Merasa hasil kerajinannya layak jual, Siswanto mulai menawarkan karyanya ke sejumlah pabrik di Cirebon. Ia berkeliling menggunakan motor dari satu pabrik ke pabrik lain.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Simak Video Pilihan Ini:


Buat Sampel

Cerita Perajin Kerang Cirebon Mulai Kebanjiran Pesanan Usai Covid-19
Siswanto perajin kerang asal Cirebon sedang mengerjakan pesanan kerajinan kerang untuk dikirim ke pabrik di Jakarta. Foto (Liputan6.com / Panji Prayitno)

Upaya Siswanto menawarkan kerajinan kerang ke pabrik di Cirebon cukup berbuah manis. Sejumlah pabrik di Cirebon pun tertarik dan memesan kerajinan kerang karya Siswanto.

"Saya melayani berdasarkan jumlah pesanan saja dan sampai sekarang Alhamdulillah masih jalan. Tidak ada display yang saya tawarkan khusus di suatu tempat," ujar dia.

Hingga pada tahun 2006, Siswanto mendapat pesanan dalam jumlah besar dari sebuah pabrik di Jakarta. Pesanan tersebut membuatnya semakin semangat dan optimis hasil karyanya banyak peminat.

Saat ini, Siswanto sedang mengerjakan pesanan dari pabrik untuk di ekspor ke luar negeri. Siswanto mengaku, hanya sebatas menjadi suplier kerajinan kerang yang sesuai pesanan.

"Ekspornya ke negara mana saya kurang tahu itu jadi rahasia perusahaannya. Saya hanya melayani pesanan saja," ujar dia.

Dalam sehari, rata-rata pesanan kerajinan kerang dari pabrik minimal 6 kuintal. Siswanto mengaku sempat sepi pesanan akibat covid-19 yang terjadi beberapa tahun lalu.

Namun, setelah covid-19 dinyatakan berakhir, Siswanto mulai kembali melayani pesanan. Selain pesanan pabrik, Siswanto juga melayani pemesanan untuk individu dengan harga yang berbeda.

"Harga kerajinan saya dari Rp 70 ribu sampai Rp 2 juta itupun tergantung jenis hingga tingkat kesulitan. Harga jual juga pasti beda antara pesanan individu dan pabrik. Bahkan kalau ada orang yang pesan satu kerajinan pun saya layani," ujar dia.

Tahun ini, Siswanto sedang mengerjakan pesanan miror atau kaca dalam jumlah besar ke pabrik. Ia mengaku, pabrik yang sering memesan sudah menjadi pelanggan tetapnya.

"Kalau sedang tidak ada pesanan dari pabrik saya buat sampel sendiri saya foto kemudian saya kirim email ke pabrik-pabrik," ujar Siswanto.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya