'Jawan' Film Terbaru Shah Rukh Khan Perdana Dirilis, Diprediksi Raup Lebih dari Rp140 Miliar

Film Jawan diyakini akan mendapat sambutan hangat dari para penonton.

oleh Arie Nugraha diperbarui 08 Sep 2023, 18:54 WIB
Diterbitkan 08 Sep 2023, 17:27 WIB
Jawan
Shah Rukh Khan dalam Jawan. (sumber foto : Bollywood Indonesia)

Liputan6.com, Bandung - Pakar perdagangan berpendapat bahwa film Shah Rukh Khan mendatang yaitu Jawan, yang dirilis Kamis, 7 September 2023, dapat meraup keuntungan lebih dari Rp140 miliar.

Prediksi itu merupakan perbandingan dengan kesuksesan film Shah Rukh Khan sebelumnya, Pathaan pada 2023, yang dirilis di hari kerja 25 Januari 2023, mampu meraup pendapatan sebesar Rs. 57 crore atau setara Rp114 miliar.

Bahkan, di hari kedua yang bertepatan dengan Hari Republik India, 26 Januari 2023, pendapatan melonjak menjadi Rs. 70,50 crore setara Rp141miliar. 

Menurut analis perdagangan India, Atul Mohan, optimis bahwa Film Jawan di hari pertama rilis akan seperti Pathaan.  

"Dalam semua bahasa (Hindi, Tamil dan Telugu), film ini (Jawan-red) dapat mengumpulkan Rs. 70 crores (Rp140 miliar) atau bahkan Rs. 80 (Rp160 miliar) atau Rs. 90 crore (Rp180 miliar). Kuch bhi ho sakta hai (segalanya bisa terjadi)," ujar Atul Mohan dicuplik dari laman Bollywood Indonesia, Kamis, 7 September 2023.

Atul mengatakan sedangkan keuntungan Film Jawan untuk versi Hindi (Bollywood), akan mengumpulkan lebih banyak daripada Pathaan. Pada hari rilis akan mengumpulkan sekitar Rs. 70 crore atau setara Rp 140 Miliar.

Sementara itu, para pelaku industri perfilman India seperti pengelola bioskop sangat senang dengan prediksi keuntungan yang sangat fantastis tersebut.

Salah satunya adalah pemilik Bioskop Roopbani di Purnia, Biha, Vishek Chauhan, sangat bersuka cita dengan kabar tersebut.

"Ini akan mengumpulkan lebih banyak dari pada Pathaan. Pada hari pertama, Jawan akan menghasilkan antara Rs. 65 (Rp130 Miliar) dan 70 crores (Rp140 miliar)," kata Vishek Chauhan.

Vishek Chauhan berharap, Jawan melewati batas abad pada hari peluncurannya. Harapannya dapat meraup laba bersih setara dengan Rp200 miliar.

Dia menggarisbawahi, kauntungan yang diraih itu merupakan raihan pada hari perdana film Jawan diluncurkan.

"Saya ingin film Hindi (Bollywood) menghasilkan hasil bersih Rs 100 crore (Rp 200 Miliar) pada hari ke-1 sehingga memberikan arahan dan harapan yang tepat, menginspirasi peserta pameran untuk membuka bioskopnya dan memotivasi produser untuk membuat bioskop semacam ini," kata Vishek.

Tak hanya Vishek, nada optimis juga dilontarkan untuk Film Jawan pada hari pertama rilis akan meraih pendapatan Rs. 65 crore atau setara Rp130 miliar.

Hal itu dikatakan oleh pemilik Entertainment Paradise di Jaipur, Raj Bansal. Raj mengamati, penampilan Shah Rukh KHan di film sebelumnya yakni Pathaan, sangat penting dalam hal penjualan tiket di awal untuk film Shah Rukh Khan berikutnya. 

"Saya mengharapkannya mengumpulkan Rs. 65 crores (Rp 130 Miliar) plus, pada hari Kamis (7/9/2023). Itu akan menjadi angka yang fenomenal. Setelah Pathaan, tidak ada kata mundur lagi untuk Shah Rukh Khan," ucap Raj.

Namun Raj Bansal menegaskan bagaimanapun juga seluruh angka keuntungan yang disebutkannya hanya sebatas prediksi.

Alasannya, seluruh keuntungan yang diraih oleh sebuah film terletak dari berbagai elemen yang mendukung didalamnya. Termasuk pemilihan musik.

"Masih terlalu dini untuk berkomentar, karena itu tergantung pada konten. Musiknya tidak berjalan sesuai harapan. Lagu-lagunya bukan chartbuster," ucap Raj.

Ada pula yang memprediksi keuntungan Jawan pada akhir pekan yaitu Sabtu-Minggu, sanggup meraup uang sekitar Rs 300-350 crore alias Rp600-700 miliar.

Prediksi itu dilontarkan oleh produser dan analis bisnis film, Girish Johar. Pasalnya pada akhir pekan nanti akan ada hari libur besar di Utara India.

"Jika saya berbicara tentang akhir pekan, itu akan mengumpulkan Rs. 300-350 (Rp600-700 Miliar) pendapatan kotor untuk semua bahasa. Janmashtami adalah hari libur besar di Utara dan karenanya, Jawan akan mendapat manfaatnya. Ini bisa menghasilkan pendapatan Rs. 100 crores (Rp200 miliar) di hari pertama pendapatan kotor di seluruh dunia," ungkap Girish Johar.

Taran Adarsh, Girish Johar dan Vishek Chauhan mengaku Jawan punya peluang besar untuk melewati angka tersebut. 

Film terdahulu Shah Rukh Khan, Pathaan, hingga saat ini menjadi film terlaris Bollywood dengan mengumpulkan pendapatan sebesar Rs. 543,05 crores (Rp1,086 triliun) nett di India.

Film Jawan berkisah tentang perjalanan seorang lelaki, yang bertekad memperbaiki kesalahan yang ada di masyarakat.

Keinginannya itu didorong kuat oleh dendam pribadi dan tetap berpegang pada janji yang dibuat bertahun-tahun yang lalu.

Jawan merupakan film bergenre action thriller, yang disutradarai sutradara perfilman Selatan (Tamil, Telugu), Atlee Kumar. 

Film telah mengantongi sertifikat sensor dengan kategori 17 tahun ke atas. Film akan berdurasi 169 menit atau sekitar 2 jam 49 menit.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya