Mudik Natal dan Tahun Baru 2024, Penumpang di Bandara Raden Inten II Lampung Melonjak

Bandara Raden Inten II mencatat ada tren lonjakan penumpang selama arus mudik Natal dan Tahun Baru 2024.

oleh Ardi Munthe diperbarui 23 Des 2023, 07:00 WIB
Diterbitkan 23 Des 2023, 07:00 WIB
Posko terpadu Natal 2023 Bandara Raden Inten II. Foto (Humas Bandara Raden Inten II)
Posko terpadu Natal 2023 Bandara Raden Inten II. Foto (Humas Bandara Raden Inten II)

Liputan6.com, Lampung Lonjakan penumpang mulai terlihat di Bandara Raden Inten II, Lampung yang dikelola PT Angkasa Pura II menjelang Natal dan Tahun Baru 2024.

Adapun periode angkutan Natal di 20 bandara Angkasa Pura dimulai pada 18 Desember 2023 hingga 4 januari 2024.

Di Bandara Raden Inten II, pada 18 Desember 2023 tercatat sebanyak 2.808 orang. Sementara pada 19 Desember 2023 tercatat 2.687 orang, serta di 20 Desember ada 3.402 penumpang. 

"Total pada tiga hari pelaksanaan angkutan Nataru, lonjakan penumpang mencapai 8.537 orang atau meningkat sekitar 47 persen dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu," kata Executive General Manager Bandara Raden Inten II Lampung, Untung Basuki kepada wartawan, Jumat (22/12/2023). 

Dia menjelaskan, jumlah penerbangan di Bandara Radin Inten II pada tiga hari pelaksanaan angkutan Nataru juga terbilang cukup tinggi dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu yakni mencapai 52 penerbangan. 

"Bandara Radin Inten II dan maskapai mampu mengakomodir tingginya permintaaan penerbangan pada periode Nataru ini dan kami bisa mengelola dengan baik permintaan tersebut," jelas dia. 

Oleh sebab itu, dia menyampaikan, ketepatan waktu penerbangan pesawat di Bandara Raden Inten II mencapai 84 persen. 

"Penerbangan di Bandara Raden Inten II juga berjalan lancar, di mana tingkat ketepatan waktu penerbangan pesawat (on time performance/OTP) ada pada 84 persen. Kami akan berupaya untuk selalu meningkatkan OTP ini," kata dia. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Posko Terpadu

Untung Basuki mengatakan guna menjaga pelayanan dan operasional di periode peak season ini, Bandara Radin Inten II membuka Posko Terpadu di area selasar terminal. 

"Stakeholder di posko akan mengolah data dan laporan secara real time untuk menjadi dasar dalam mengambil kebijakan secara cepat guna memastikan kelancaran pelayanan dan operasional penerbangan dengan menjaga tingkat ketepatan waktu atau On Time Performance/OTP dan aspek lainnya," terangnya. 

Kemudian, dia mengatakan, personel Bandara Radin Inten II juga memastikan agar titik-titik yang dilalui penumpang pesawat saat di bandara dapat memberikan pelayanan terbaik. 

"Personel disiapkan untuk memastikan pelayanan dan kelancaran mulai dari titik drop off, check in area, security check point, boarding lounge, hingga fasilitas-fasilitas umum. Kami berupaya agar penumpang mendapat kesan yang baik di bandara saat mereka melakukan perjalanan untuk berlibur," pungkasnya. 

 

 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya