Debat Cawapres Digelar Hari Ini Jumat 22 Desember 2023, Berikut Temanya

Acara debat kedua Piplres 2024 atau debat Cawapres pertama akan digelar pada hari ini. Berikut adalah tema yang akan digunakan dalam debat tersebut.

oleh Natasa Kumalasah Putri diperbarui 22 Des 2023, 15:44 WIB
Diterbitkan 22 Des 2023, 15:44 WIB
Infografis Debat Perdana Cawapres di Pilpres 2024. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Debat Perdana Cawapres di Pilpres 2024. (Liputan6.com/Abdillah)

Liputan6.com, Bandung - Pelaksanaan debat kedua Pilpres 2024 yang diikuti oleh para Cawapres akan segera digelar pada Jumat (22/12/2023). Ketiga cawapres tersebut di antaranya Muhaimin Iskandar (Cak Imin), Gibran Rakabuming Raka, dan Mahfud MD.

Diketahui gelaran acara debat cawapres tersebut akan dilaksanakan pukul 19.00 WIB di KPU RI di JCC, Senayan, Jakarta. Acara debat cawapres ini menjadi acara debat perdana bagi para calon wakil presiden tersebut.

Adapun tema debat kedua kali ini adalah tentang ekonomi (ekonomi kerakyatan dan ekonomi digital), keuangan, investasi pajak, perdagangan, pengelolaan APBN-APBD, infrastruktur, dan perkotaan.

Melansir dari Antara dalam gelaran acara debat cawapres hari ini akan dipandu oleh dua moderator. Di antaranya kedua moderator tersebut adalah Alfito Deannova dan Liviana Cherlisa.

Kemudian terdapat sebelas (11) orang panelis sebagai tim penyusun pertanyaan untuk para cawapres tersebut. Ketua KPU RI Hasyim Asy’ari menyampaikan bahwa para peserta cawapres diizinkan untuk membawa alat tulis berupa kertas dan pena.

Pasalnya dalam debat kedua saat ini terdapat podium yang bisa digunakan untuk meletakkan kertas dan pena tersebut. Namun pihaknya menegaskan bahwa alat bantu lainnya seperti teleprompter dan komputer tablet tidak boleh dibawa ke podium saat debat berlangsung.

“Di podium itu diberikan kesempatan untuk menyiapkan alat tulis, (berupa) bolpoin dan kertas,” kata Hasyim saat konferensi pers Kamis (21/12/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Penggunan Podium Akan Digunakan Hingga Debat Kelima

Banner Infografis Debat Perdana Cawapres di Pilpres 2024. (Liputan6.com/Abdillah)
Banner Infografis Debat Perdana Cawapres di Pilpres 2024. (Liputan6.com/Abdillah)

Ketua KPU RI Hasyim Asy’ari menyebutkan bahwa penggunaan podium tersebut akan digunakan tidak hanya dalam debat kedua saja tetapi juga sampai debat kelima. Hal tersebut diputuskan setelah KPU menyetujui hasil masukan dari masing-masing tim kampanye paslon.

Sehingga baik ketika debat capres dan cawapres podium sederhana akan digunakan sebagai sarana untuk tampil. Hal ini menjadi bentuk evaluasi KPU yang telah disepakati bersama-sama.

“Evaluasi yang sudah kami sepakati bersama, di antaranya semua tim pasangan calon mengajukan usulan bahwa di dalam debat kedua nanti dan seterusnya, masing-masing sampai debat kelima, itu disiapkan podium sederhana sebagai sarana untuk tampil,” kata Hasyim.


Segmen Debat Cawapres

pengundian nomor urut capres-cawapres Pemilu 2024
Pasangan capres-cawapres Pemilu 2024, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md (kiri ke kanan) berpose usai pengundian nomor urut di halaman gedung Komisi Pemilihan Umum (KPU), Jakarta, Selasa (14/11/2023). (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Mengutip dari Antara dalam acara debat cawapres tersebut ada enam segmen yang akan dilakukan. Diketahui pada segmen pertama adalah penyampaian visi, misi, dan program kerja.

Kemudian pada segmen kedua, ketiga, keempat, dan kelima adalah segmen pendalaman visi, misi dan program kerja. Adapun moderator akan mengajukan berbagai pertanyaan kepada seorang cawapres dan peserta debat lain akan saling menanggapi.

Sementara itu pada segmen keenam atau penutup masing-masing cawapres dapat menyampaikan pernyataan penutup.


Jadwal dan Tema Debat Capres-Cawapres

Kolase Bakal Cawapres 2024
Bakal Cawapres 2024 Mahfud Md, Gibran Rakabuming Raka, dan Muhaimin Iskandar atau Cak Imin. (Liputan6.com)

Berikut ini adalah jadwal dan tema pelaksanaan debat capres dan cawapres Pilpres 2024:

  • Debat Pertama (Capres): Selasa, 12 Desember 2023

Tema: Pemerintahan, Hukum, HAM, Pemberantasan Korupsi, Penguatan Demokrasi, Peningkatan Layanan Publik dan Kerukunan Warga.

  • Debat Kedua (Cawapres): Jumat, 22 Desember 2023

Tema: Ekonomi (ekonomi kerakyatan dan ekonomi digital), Keuangan, Investasi Pajak, Perdagangan, Pengelolaan APBN-APBD, Infrastruktur, dan Perkotaan.

  • Debat Ketiga (Capres): Minggu, 7 Januari 2023

Tema: Pertahanan, Keamanan, Hubungan Internasional dan Geopolitik.

  • Debat Keempat (Cawapres): Minggu, 14 Januari 2023

Tema: Pembangunan Berkelanjutan, Sumber Daya Alam, Lingkungan Hidup, Energi, Pangan, Agraria, Masyarakat Adat dan Desa.

  • Debat Kelima (Capres): Minggu 4 Februari 2023

Tema: Kesejahteraan Sosial, Kebudayaan, Pendidikan, Teknologi Informasi, Kesehatan, Ketenagakerjaan, Sumber Daya Manusia, dan Inklusi.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya