Sebanyak 876 Jemaah Haji Asal Garut Telah Berkumpul dengan Keluarga, Sisanya Masih Dinanti

Dua kloter yang sudah pulang 2 dan 16, sisanya kloter 31, 39, dan 59 sekarang masih di Mekkah menunggu antrian pulang sesuai jadwal yang telah ditentukan.

oleh Jayadi Supriadin diperbarui 01 Jul 2024, 23:00 WIB
Diterbitkan 01 Jul 2024, 23:00 WIB
Para perugas haji Kemenag Garut dan perwakilan para KBIH tengah merapihan deretan koper jemaah haji dalam kepulangan gelombang kedua jemaah haji asal Garut. (Liputan6.com/Jayadi Supriadin)
Para perugas haji Kemenag Garut dan perwakilan para KBIH tengah merapihan deretan koper jemaah haji dalam kepulangan gelombang kedua jemaah haji asal Garut. (Liputan6.com/Jayadi Supriadin)

Liputan6.com, Garut Hujan yang turun sejak Sabtu malam, menyambut kepulangan jemaah haji asal Garut, Jawa Barat kloter 16 di Pendopo Garut, Ahad pagi. Total sekitar 876 jemaah sudah berkumpul bersama keluarga.

“Alhamdulillah semua jemaah datang dalam keadaan sehat, tidak ada yang sakit satu pun,” ujar Kepala Seksi Penyelanggaraan Haji dan Umrah Kemenag Garut Indra Azwar Mawardi, di sela-sela penerimaan kepulangan jemaah haji di Pendopo Garut, Ahad (30/6/2024) pagi.

Menurutnya, proses kepulangan jemaah haji asal Garut kloter 16 pada gelombang kedua kali ini, berlangsung lancar sejak pertama kali mendarat pertama kali di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang.

“Awalnya kita maunya salat di Pendopo (Garut) tapi enggak bakal keburu, jadi salat dulu di masjid Kurma (Bekasi), jadi sampai ke Garut pagi hari,” kata dia.

Dari dua gelombang dan dua kloter kepulangan jemaah haji asal Garut, total jemaah yang telah berkumpul dengan keluarga sebanyak 876 orang yang berasal dari kloter 2 dan 16.

“Sisanya kloter 31, 39, dan 59 sekarang masih di Mekkah menunggu antrean pulang sesuai jadwal yang telah ditentukan,” kata dia.

Seperti diketahui, total jumlah jemaah haji asal Garut pada musim haji 2024 mencapai 2003 orang. Rinciannya, sebanyak 1.878 jemaah reguler, plus jemaah lansia sekitar 125 orang, serta 40 orang pembimbing haji, sehingga totalnya mencapai 2043 orang dengan petugas.

Dibanding kepulangan perdana pekan lalu, proses kepulangan jemaah haji asal Garut pada gelombang kedua terlihat lebih tertib tanpa serbuan dari keluarga penjemput jemaah haji.

“Saya harap tetap antre supaya barang-barang jemaah tidak rusak, Insya Allah aman dan bisa kebawa ke rumah masing-masing,” pinta dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya