Tiktoker Willie Salim Beri Bantuan Perbaikan Jembatan Miring di Sukabumi

Konten kreator Willie Salim menyambangi lokasi jembatan miring di Sukabumi. Dia memberikan bantuan berupa uang tunai untuk memperbaiki jembatan tersebut.

oleh Fira Syahrin diperbarui 14 Agu 2024, 08:00 WIB
Diterbitkan 14 Agu 2024, 08:00 WIB
Willie Salim saat berkunjung memberikan bantuan untuk memperbaiki jembatan rusak di Kabupaten Sukabumi (Liputan6.com/Istimewa).
Willie Salim saat berkunjung memberikan bantuan untuk memperbaiki jembatan rusak di Kabupaten Sukabumi (Liputan6.com/Istimewa).

Liputan6.com, Sukabumi - Konten kreator Willie Salim diketahui kerap aktif membuat konten berbagi pada berbagai platform sosial media.

Kali ini, Willie Salim mengabadikan momen berbagi itu di lokasi jembatan rusak penghubung antar Kecamatan Lengkong dengan Kecamatan Jampang Tengah, Kabupaten Sukabumi.

Diketahui sebelumnya, ratusan warga dari dua kecamatan di Sukabumi itu terpaksa melewati jembatan miring tersebut untuk bisa beraktivitas. Tak hanya warga, anak-anak sekolah pun terpaksa berjalan menyamping dengan kondisi tali sling nyaris putus.

Warga nekad melintasi jembatan sepanjang 50 meter di atas sungai Cikaso, dengan cara merayap di atas konstruksi bangunan jembatan yang hancur akibat banjir bandang yang terjadi pada 29 Juni 2024 lalu.

Warga terpaksa melintasi jembatan yang membahayakan tersebut, karena jika menggunakan akses jalur lain perlu menempuh jarak memutar sekitar 5 kilometer.

Salah satu relawan dari Jampang Peduli, Elan mengatakan, Willie Salim menyambangi lokasi jembatan rusak pada Jumat (9/8/2024) lalu. Tiktoker tersebut memberikan bantuan uang tunai senilai Rp25 juta.

“Betul Willy Salim memberikan dana bantuan untuk pembangunan jembatan tersebut sebesar Rp25 juta. Bantuannya untuk penambahan pembelian bahan bangunan dan juga untuk operasional di lapangan yang mengerjakan jembatan,” ujar Elan saat dikonfirmasi pada Selasa (13/8/2024).

Sebelumnya, pihak relawan menyatakan untuk memperbaiki jembatan tersebut ditaksir memerlukan biaya sebesar Rp90 juta. Sedangkan dana yang baru terkumpul baru Rp50 juta.

Elan menuturkan, saat ini pihaknya bersama warga sedang mempersiapkan belanja bahan bangunan. Perbaikan jembatan itu baru dimulai pada tahap pengecoran dan penggalian untuk penyangga jembatan.

“Kalau total RAB kita semuanya Rp100 juta ya, cuma kita juga ada beberapa bantuan dari kolaborasi dari yayasan lain dengan yayasan dari Bandung, bantuan dari yang lain jadi kita itu Rp25 juta untuk yang kita ajukan ke Willy Salim untuk pembelian yang belum tercukupi dan operasional di lapangan,” jelasnya.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Pengerjaan Perbaikan Jembatan Diserahkan Kepada Relawan

Willie Salim saat berkunjung memberikan bantuan untuk memperbaiki jembatan rusak di Kabupaten Sukabumi (Liputan6.com/Istimewa).
Willie Salim saat berkunjung memberikan bantuan untuk memperbaiki jembatan rusak di Kabupaten Sukabumi (Liputan6.com/Istimewa).

Disinggung soal komunikasi dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Sukabumi, Elan mengungkapkan, jika pihak pemerintah telah melakukan sosialisasi ke desa-desa.  

“Hasil rapat keputusan kemarin jembatan ini diserahkan pembangunannya kepada Jampang Peduli dan adapun dari Dinas Perkim itu pembangunannya di jembatan satu lagi,” jelasnya.

Sebelumnya, saat banjir terjadi pada 29 Juni 2024 lalu ada dua jembatan rusak secara bersamaan termasuk jembatan Cibadak ini. 

Pihaknya belum bisa memastikan estimasi waktu yang dibutuhkan dalam menyelesaikan perbaikan jembatan tersebut. 

“Kalau penyelesaiannya kita belum memastikan, cuma pengerjaannya secepat mungkin karena jembatan ini mau kita hadiahkan juga sekalian momen bulan Agustus,” ungkapnya.

Dia mengatakan, kedatangan Willie berawal dari komunikasi via media sosial karena melihat konten viral pemberitaan yang memperlihatkan sejumlah warga dan anak sekolah melintasi jembatan miring nyaris putus tersebut.

Dia berharap kolaborasi bersama konten kreator bisa terus dilakukan untuk membantu kebutuhan masyarakat di pelosok daerah Kabupaten Sukabumi.

Willie Salim ngobrol sama kita menanyakan progres pembangunannya dan ke depannya gimana terus dia juga ke depannya berharap kolaborasi terus berjalan dengan jampang peduli untuk kebutuhan masyarakat di pelosok terutama di sosial dan kemanusiaan,” tutupnya. 

 

 

 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya