Jangan Berlebihan, Jus Buah Ini Pemicu Diabetes

Selain dari nasi, beberapa makanan yang dapat menyebabkan gula darah tinggi atau diabetes adalah buah-buahan.

oleh Arie Nugraha diperbarui 05 Sep 2024, 09:00 WIB
Diterbitkan 05 Sep 2024, 09:00 WIB
jus buah
Ilustrasi jus buah dan sayur/copyright pixabay.com/silviarita

Liputan6.com, Bandung - Mengonsumsi buah-buahan sangat dianjurkan untuk menjaga kebugaran tubuh. Caranya dapat dengan dikonsumsi apa adanya ataupun diolah.

Salah satu olahan buah-buahan yang sering ditemui di masyarakat adalah dengan cara di jus. Namun, terdapat beberapa jus buah yang harus dihindari oleh seseorang yang menderita penyakit, seperti diabetes.

Dicuplik dari laman Halo Sehat, Selasa (3/9/2024) diabetes merupakan penyakit yang disebabkan karena gula darah yang tinggi. Diabetes dapat terjadi karena beberapa hal, tidak hanya mengonsumsi gula.

Pada dasarnya makanan yang mengandung gula lah yang lebih banyak menyuplai gula pada darah. Seperti halnya nasi, nasi lebih dikenal mengandung karbohidrat namun ternyata karbohidrat tersebut akan berubah menjadi kalori, dan ketika kalori tidak digunakan maka akan berubah menjadi lemak yang mengalir pada darah. Lemak ini lah yang membawa gula ke dalam darah, sehingga dapat menyebabkan gula darah tinggi.

Selain dari nasi, beberapa makanan yang dapat menyebabkan gula darah tinggi atau diabetes adalah buah-buahan. Buah-buahan yang dibuat jus.

Pada dasarnya, buah mengandung kandungan gula alami di dalamnya. Tapi pertanyaannya adakah hubungannya dengan olahan jus? Berikut beberapa jus buah yang berbahaya dan dapat menyebabkan diabetes:

1. Jus Buah Mangga

Jus mangga mengandung kandungan vitamin C yang cukup banyak di dalamnya. Kandungan jus buah tidak hanya vitamin C, terdapat nutrisi dan vitamin-vitamin lain yang juga ada dalam jus mangga ini salah satunya adalah kandungan gula dalam buah mangga.

Buah mangga memang mengandung kandungan gula alami di dalamnya, sehingga terkadang untuk membuat jus buah mangga tidak perlu tambahan gula saja sudah manis.

Meskipun terdapat beberapa buah mangga yang tidak manis atau masih masam karena sangat banyak jenis buah mangga.

Buah mangga telah dijelaskan memiliki kandungan gula alami sehingga memberikan rasa manis yang alami di dalam buah tersebut. Karena hal tersebutlah buah mangga ini dapat menyebabkan gula darah menjadi tinggi.

Buah mangga yang dijus akan lebih banyak kandungan gulanya daripada buah mangga yang dimakan begitu saja.

Buah mangga yang dibuat jus kandungan gulanya akan pecah menjadi satu dengan air sehingga daya serap ke dalam tubuh dan ikut mengalir bersama darah lebih tinggi daripada buah mangga yang dimakan begitu saja.

Apalagi ketika membuat jus mangga, kebanyakan masyarakat akan menambahakan gula atau susu untuk memberikan rasa manis pada jus tersebut. Tentu ini menjadi tidak baik.

Maka untuk mendapatkan jus buah yang sehat, lebih baik gunakanlah rasa alami, jadi tidak perlu menambahkan gula atau susu ke dalam jus mangga yang akan dikonsumsi.

2. Jus Buah Apel

Terdapat tiga jenis apel yang biasa ditemui di pasaran yaitu apel hijau, apel merah, dan apel pink. Setiap apel memang tidak sama kandungannya.

Namun perbedaan dari kandungan tersebut pun tidak jauh berbeda antara apel satu dan yang lainnya. Jus apel memiliki kandungan air dan gula lebih banyak, apalagi apel yang memiliki warna pink (merah jambu).

Itu sebabnya ketika jus apel di jus dan ketika membuat jus menambahkan gula yang banyak, dan dikonsumsi setiap hari dapat menyebakban gula darah akan naik.

Karena ketika buah telah dijus, buah akan lebih encer dan berair sehingga penyerapan akan dilakukan lebih cepat.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


3. Jus Buah Stroberi

Selain buah apel dan mangga, buah yang satu ini juga tak kalah menarik untuk dibuat jus atau selai. Buah stroberi, buah merah yang imut kecil-kecil dan memiliki rasa masam dan manis yang berpadu menjadi satu sehingga membuat seorang yang mengonsumsinya lupa diri. Buah ini ternyata juga baik untuk membersihkan gigi agar putih.

Namun, pada saat ini jus buah stroberi menjadi salah satu jus yang juga dapat menyebabkan diabetes meningkat.

Hal ini dikarenakan selain pecahnya gula dalam buah stroberi ketika diblender, tambahan gula ke dalam jus buah ini membuat kandungan gula dalam jus buah menjadi semakin melejit. Sehingga, jika dikonsumsi setiap hari akan memberikan efek buruk bagi kesehatan terutama diabetes.

4. Jus Buah Bengkuang

Buah yang dipercaya dapat membuat kulit menjadi putih ini tentu tidak asing lagi. Oleh karena itu, memanfaatkan buah ini agar kulit menjadi putih terdapat berbagai macam cara, di antaranya adalah buah ini dapat dikonsumsi secara langsung, dibuat masker atau di buat minuman seperti jus.

Namun, ternyata ketika ingin memutihkan kulit harus hati-hati. Karena jus buah bengkoang termasuk jus yang menjadi bahaya dan menjadi penyebab diabetes, karena kandungan gula di dalam jus ini cukup banyak.

Buah bengkuang pun sering dijadikan untuk produksi gula karena kandungan gula yang banyak di dalam buah ini. Namun, buah ini juga dapat menjadi jus untuk diabetes bila pengonsumsiannya tidak berlebihan dan sesuai takaran.

5. Jus Batang Tebu

Buah lain yang tak baik untuk dibuat jus adalah batang tebu. Batang tebu atau pohon tebu sering digunakan untuk memberikan rasa manis pada gula.

Atau pada dasarnya pohon ini sering dibuat untuk produksi gula. Jadi mengonsumsi buah tebu setiap hari apalagi dibuat jus tidaklah baik.

Itulah beberapa buah-buahan yang harus dijaga asupan minumnya, jangan terlalu sering mengonsumsi berbagai jus yang telah dijelaskan di atas jika ingin memiliki tubuh sehat dan terbebas dari penyakit gula atau diabetes.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya