Rahmaddian Shah: Menyebarluaskan Ideologi Pancasila Perlu Dilakukan ke Berbagai Daerah

Pancasila sebagai pemersatu bangsa dan pandangan hidup dalam kehidupan berbangsa dan bernegara

oleh Reza Efendi diperbarui 20 Sep 2024, 14:25 WIB
Diterbitkan 20 Sep 2024, 14:25 WIB
Rahmaddian Shah
Kegiatan Pendidikan dan Pelatihan Pengenalan Ideologi Pancasila dipimpin Ketua Sementara DPRD Sumut, Rahmaddian Shah, dan Wakil Ketua Sementara DPRD Sumut, Sutarto, diikuti oleh para anggota DPRD Sumut

Liputan6.com, Medan Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) menggelar Pendidikan dan Pelatihan Pengenalan Ideologi Pancasila bagi pimpinan dan anggota DPRD Sumut dan pimpinan DPRD Kabupaten/Kota se-Sumut priode 2024-2029.

Kegiatan itu berlangsung di ruang rapat paripurna DPRD Sumut, Jalan Imam Bonjol, Nomor 5, Kota Medan, Rabu, 18 September 2024.

Kegiatan ini dipimpin Ketua Sementara DPRD Sumut, Rahmaddian Shah, dan Wakil Ketua Sementara DPRD Sumut, Sutarto, diikuti oleh para anggota DPRD Sumut.

Sosialisasi Ideologi Pancasila dimulai dengan Laporan Ketua Panitia Pelaksana Kegiatan oleh Sekretaris DPRD Sumut, Zulkifli.

Dilanjutkan dengan sambutan sekaligus pembukaan oleh Ketua Sementara DPRD Sumut, Rahmaddian Shah, dan sambutan Gubernur Sumut.

Dalam sambutannya, Rahmaddian Shah mengucapkan terima kasih kepada BPIP yang telah melakukan sosialisasi tersebut.

"Menyebarluaskan ideologi Pancasila perlu dilakukan juga ke berbagai daerah," ujar pria yang akrab disapa Dian tersebut.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Pemersatu Bangsa

DPRD Sumut
Kegiatan itu berlangsung di ruang rapat paripurna DPRD Sumut, Jalan Imam Bonjol, Nomor 5, Kota Medan, Rabu, 18 September 2024

Direktur Bina Ideologi, Karakter dan Wawasan Kebangsaan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Drajat Wisnu Setyawan, menjelaskan, Pancasila sebagai pemersatu bangsa dan pandangan hidup dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

"Pancasila adalah ideologi negara. Pancasila memberilan arah kepada kehidupan berbangsa dan bernegara," ujar Drajat Wisnu.

Kegiatan dilanjutkan dengan Launching Modul Edukatif dan Konten Digital.

Narasumber yang hadir melaksanakan pemaparan di antaranya Pemaparan Materi Sejarah Pancasila, Pokok-Pokok Pikiran dan Nilai Dasar Pancasila oleh Prof Muhammad Sabri, Direktur Pengkajian Kebijakan Pembinaan Ideologi Pancasila.


Aktualisasi Pancasila

Garuda Pancasila
Raffi Ahmad mengklarifikasi dengan mengunggah gambar Garuda Pancasila berlatar Merah Putih. Ia mengklaim secara personal mendukung putusan MK. (Foto: Dok. Instagram @raffinagita1717)

Lalu, Pemaparan Materi Aktualisasi Pancasila Dalam Pembangunan Nasional dan Konten Digital oleh Sadono Sriharjo, Direktur Pelaksanaan Pendidikan dan Pelatihan.

Pemaparan Materi Sejarah Pancasila dan Indeks Aktualisasi Pancasila oleh Irene Camelyn Sinaga, Direktur Pengkajian Implementasi Pembinaan Ideologi Pancasila.

Terakhir, Pemaparan Materi Wawasan Kebangsaan oleh Drajat Wisnu Setyawan, Direktur Bina Ideologi, Karakter dan Wawasan Kebangsaan.


Infografis Pancasila

infografis pancasila
cara negara amankan pancasila (liputan6.com/triyas)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya