Pengisi Suara Anime Sailor Moon Meninggal Dunia, RIP Emi Shinohara

Emi Shinohara adalah salah satu bintang di industri pengisi suara. Dia memulai debut anime-nya pada tahun 1986 dalam seri anime Project A-ko sebagai Biko “B-Ko” Daitokuji.

oleh Arie Nugraha diperbarui 27 Sep 2024, 06:02 WIB
Diterbitkan 27 Sep 2024, 06:02 WIB
anime Sailor Moon
Anime Sailor Moon

Liputan6.com, Bandung - Pengisi suara asli Sailor Jupiter dalam anime Sailor Moon pada tahun 1992, Emi Shinohara, telah meninggal dunia di usianya yang ke 61 tahun pada awal September lalu, Minggu (8/9/2024).

Kabar duka tersebut dilansir situs resmi agensinya, 81 Produce, membuat pengumuman ini di situs web resmi mereka, mengungkapkan bahwa dia telah menerima perawatan medis untuk suatu kondisi penyakit.

“Kami mengumumkan dengan kesedihan mendalam bahwa aktor afiliasi kami, Emi Shinohara (nama asli Emiko Watanabe), meninggal dunia pada tanggal 8 September 2024, di usia 61 tahun, setelah berjuang melawan penyakit yang berkepanjangan. Kami sangat menghargai semua hubungan dan dukungan yang dia miliki selama hidupnya," ungkap agensi tersebut dalam sebuah pernyataan diberitakan Oricon dicuplik dari Japanese Station.

Pada tahun 1990-an dan 2000-an, Emi Shinohara adalah salah satu bintang di industri pengisi suara. Dia memulai debut anime-nya pada tahun 1986 dalam seri anime Project A-ko sebagai Biko “B-Ko” Daitokuji.

Dia terkenal sebagai Kaho Mizuki dalam Cardcaptor Sakura dan seri lanjutannya, Clear Card, serta pengisi suara asli Sailor Jupiter dalam anime Sailor Moon pada tahun 1992.

Dia juga dikenal sebagai pengisi suara Eri Ochiai dalam film anime karya Satoshi Kon, Perfect Blue dan Kushina Uzumaki dalam Naruto.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Profil Emi Shinohara

Emi Shinohara, yang dibesarkan di Nagano dan lahir pada tanggal 8 Agustus 1963, di prefektur Fukushima, menyadari bahwa ia ingin menjadi seorang aktor. Dia belajar di Sekolah Tinggi Musik Kunitachi yang berbasis di Tokyo dengan keyakinan bahwa musik akan memajukan karier aktingnya.

Saat itulah dia mengisi suara untuk kelompok belajar bagi calon seiyuu di mana dia diminta untuk mengikuti audisi untuk peran pertamanya, yang kemudian ditawari kepadanya.

Selain anime, Emi Shinohara juga mengisi suara Bakuryuu Pteranodon dalam serial tokusatsu Bakuryuu Sentai Abaranger dan menyulihsuarakan berbagai film asing ke dalam bahasa Jepang, termasuk The Wizard of Oz, Clueless, Nikita, Home Alone, dan masih banyak lagi.

Tingkat Kepopuleran Anime Sailor Moon

Anime Sailor Moon tidak pelak lagi digandrungi oleh seluruh kalangan dengan tingkat kepopuleran yang tinggi. Salah satu contohnya karakter mereka telah dibuat menjadi desain lubang penutup pembuangan air atau disebut manhole cover yang artistik.

Dilansir Minato Ward via Japanese Station, meskipun memiliki lokasi fantastis seperti Kerajaan Bulan dan Tokyo Crystal, sebagian besar adegan dalam Sailor Moon berlangsung di tempat nyata yang berada di Tokyo yang sebenarnya.

Gadis sekolah biasa Usagi Tsukino digambarkan tinggal dan bersekolah di lingkungan Azabu Juban di Minato Ward, dan bahkan setelah kekuatan gadis penyihirnya terbangun, area tersebut sering menjadi medan pertempuran untuk pertempuran Sailor Senshi dengan musuh mereka.

Hubungan antara franchise anime atau manga yang sukses dan distrik pusat kota ini akan menjadi lebih kuat, karena Minato Ward baru saja mengumumkan bahwa mereka akan memasang serangkaian penutup lubang pembuangan air bertemakan Sailor Moon yang artistik, masing-masing ditempatkan di lokasi dengan makna khusus untuk cerita Sailor Moon.

Di awal, akan ada penutup untuk Sailor Moon dan kekasihnya yang berpakaian rapi, Tuxedo Mask. Ini akan ditempatkan di pintu masuk ke Azabu Juban Shopping Street (shotengai), yang dapat dilihat dalam beberapa adegan dalam seri dan tempat yang sering dikunjungi oleh pencipta Sailor Moon, Naoko Takeuchi, untuk bersantai dan mendapatkan inspirasi saat menggambar manga.

Berikutnya, tim Inner Senshi berdiri bersama di penutup ini akan berada di depan Perpustakaan Minato, dekat Taman Shiba dan juga dekat dengan Sekolah Menengah Shibakoen dalam seri yang dihadiri oleh Minako (Sailor Venus).

Jika melihat bahwa penutup kedua memiliki latar belakang biru, seperti warna gambar Sailor Mercury, Sailor Senshi kedua yang bergabung dengan tim, mungkin bisa menebak bahwa ini bukan kebetulan semata.

Para anggota inti muncul dalam busana kimono di penutup ini dengan latar belakang merah Sailor Mars, yang akan dipasang dekat Toyo Eiwa Jogakuin, yang menjadi model untuk Akademi Gadis T.A. yang fiktif yang dihadirkan oleh Rei alias Sailor Mars.

Para Sailor Senshi kembali mengenakan perlengkapan pertempuran mereka di depan penutup berwarna hijau sang Sailor Jupiter, yang akan ditempatkan dekat Tokyo Tower, di dalam Taman Shiba di depan Shiba Water Supply Station.

Dan yang terakhir, penutup kelima akan berada di pintu masuk ke Keio-nakadori Shopping Street, sebagai hadiah bagi para penggemar yang sangat menghargai latar belakang waralaba ini yang mengingat lokasi tersebut dari pendahulunya Sailor Moon, Codename: Sailor V, di mana Minako adalah tokoh utamanya.

Lokasi pasti untuk penutup lubang pembuangan air adalah:- Azabu Juban 2-1- Shiba Koen 3-2-25- Roppongi 5-6-14- Shiba Koen 3-6-7- Shiba 5-20

Penutup-penutup tersebut akan dipasang pada pertengahan Maret 2024 lalu, dan mengingat betapa serunya dapat mengejar penutup-penutup lubang pembuangan air Pokémon di Yokohama.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya