Ini 5 Tempat Wisata Edukasi di Lampung yang Seru dan Edukatif

Saat ini kalian tak perlu risau mencari tempat wisata yang ramah anak dan penuh edukasi. Sebab, di Lampung telah dihadirkan tempat wisata yang mengedukasi anak. Terlebih lokasinya tak jauh dari pusat kota.

oleh Ardi Munthe diperbarui 12 Okt 2024, 06:00 WIB
Diterbitkan 12 Okt 2024, 06:00 WIB
Suasana Taman Edukasi Farm Day Lampung. Foto: (Liputan6.com/Ardi).
Suasana Taman Edukasi Farm Day Lampung. Foto: (Liputan6.com/Ardi).

Liputan6.com, Lampung - Menghabiskan momen akhir pekan, banyak dipilih masyarakat dengan berkumpul bersama keluarga. 

Tak hanya dirumah, namun juga bisa diisi dengan mengunjungi beberapa rekomendasi tempat wisata edukasi.

Wisata edukasi sendiri tidak hanya menjadi tempat rekreasi dan menghilangkan penat. Namun juga dapat meningkatkan kemampuan anak-anak dalam mengenal berbagai hal baru. Baik itu alam, flaura dan fauna.

Untuk mencari di mana lokasi wisata edukasi di Bandar Lampung, berikut rangkuman yang Liputan6.com sajikan.

1. Taman Edukasi Farm Day Wisata Lampung 

Salah satu rekomendasi wisata di Bandar Lampung yang juga bisa dijadikan wisata edukasi adalah Farm Day Wisata Lampung. Lokasinya berada di Jl. Khadin Tihang Gg. Pertama No.4, Sukarame II, Kecamatan Teluk Betung Barat, Kota Bandar Lampung, Lampung.

Farm Day ini menyediakan berbagai pilihan berwisata seperti peternakan, di mana pengunjung bisa memberi makan satwa-satwa yang ada di Farm Day. Seperti memberi makan kelinci, domba, burung hingga ayam kalkun.

Wisata edukasi ini buka setiap harinya mulai pukul 09.00 sampai 17.00 WIB. Seperti yang dijelaskan diatas, para petugas sangat ramah menemani perjalanan wisata anda.

Belum lagi disana ada fasilitas lainnya seperti toko oleh-oleh dan taman. Untuk masuk ke Farm Day Education Park tiketnya per orang untuk hari biasa Rp20 ribu, sementara pada akhir pekan tiketnya seharga Rp25 ribu per orang.

2. Lembah Hijau

Kebun Binatang Lembah Hijau, Bandar Lampung. Foto : (Liputan6.com/Ardi).
Kebun Binatang Lembah Hijau, Bandar Lampung. Foto : (Liputan6.com/Ardi).

Wisata di Bandar Lampung yang juga bisa dimanfaatkan sekaligus untuk edukasi adalah Lembah Hijau. Tempat yang berlokasi di Jl. Raden Imba Kusuma Ratu No.21, Sukadana Ham, Kecamatan Tanjung Karang Barat, Kota Bandar Lampung, Lampung itu menyediakan berbagai fasilitas untuk anak-anak.

Seperti kolam renang dengan Waterboom, kemudian ada juga taman satwa yang juga dapat menjadi wisata edukasi bagi anak-anak.

Untuk harga tiket masuk Lembah Hijau sendiri Rp10 ribu per orang. Sementara untuk masuk ke kolam renang Rp25 ribu dan taman satwa Rp25 ribu.

3. Taman Kupu-kupu Gita Persada

Taman kupu-kupu Gita Persada. Foto : (Istimewa).
Taman kupu-kupu Gita Persada. Foto : (Istimewa).

Salah satu lokasi wisata di Bandar Lampung yang juga dapat dijadikan wisata edukasi bagi anak-anak adalah Taman Kupu-kupu Gita Persada Lampung. Wisata ini terletak di Taman Kupu-kupu Gita Persada, Jl. Wan Abdurrahman, Hutan, Kec. Hutan, Lampung.

Di dalam wisata ini, orang tua bisa mengajak anak untuk melihat berbagai macam kupu-kupu, bahkan dari proses pertumbuhannya mulai dari ulat, kepompong hingga kupu-kupu.

Untuk masuk ke Taman Kupu-kupu Gita Persada ini per orang dikenakan harga tiket Rp10 ribu per orangnya. 

 

4. Kebun Raya Liwa

Kebun Raya Liwa, Lampung Barat. Foto : (Istimewa).
Kebun Raya Liwa, Lampung Barat. Foto : (Istimewa).

Konon, belum ke Liwa namanya kalau belum datang ke Kebun Raya Liwa. Pasalnya kebun raya ini menjadi salah satu ikon penting sekaligus destinasi alam favorit di Lampung Barat.

Tak hanya jadi tempat wisata alam biasa, Kebun Raya Liwa juga bisa menjadi wisata edukasi karena di dalamnya terdapat sekitar 15.000 koleksi jenis tanaman. Kamu bisa banyak mengenal flora Indonesia di sana.

Meski tak banyak pohon besar, jangan khawatir kamu bakal kepanasan di sana ya. Soalnya suhu di Kebun Raya Liwa termasuk rendah karena berada di dataran tinggi. Untuk fasilitas di dalamnya juga sudah cukup lengkap karena tempat ini sudah resmi dibuka sebagai destinasi wisata. 

Lokasi kebun raya ini cukup mudah di cari alamatnya yakni di Way Mengaku, Balik Bukit, Lampung Barat atau kamu bisa cari di Google Maps dengan kata kunci Kebun Raya Liwa.Tiket masuknya pun relatif terjangkau hanya Rp5.000 per orangnya.

5. Krakatau Park Lampung

Menteri BUMN Erick Thohir meninjau progres pembangunan Krakatau Park, Bakauheni, Lampung.
Menteri BUMN Erick Thohir meninjau progres pembangunan Krakatau Park, Bakauheni, Lampung.

Tempat liburan selanjutnya ada Krakatau Park yang berada di kawasan Pelabuhan Bakauheni, Kecamatan Bakauheni, Kabupaten Lampung Selatan. Bagi pendatang dari Pulau Jawa yang baru merapat ke Bakauheni, ada baiknya singgah dulu ke Krakatau Park untuk wisata sekaligus belajar.

Krakatau Park menyajikan berbagai jenis wahana untuk anak yang seru dan juga memiliki nilai edukasi tinggi. Untuk wahana yang seru-seru ada mobil-mobilan, tunggang banteng, kincir raksasa, tembakan udara, taman TikTok, istana anak, kuda terbang lava seluncur dan kerajaan air.

Sementara wahana edukasinya ada tangga nada, galeri sains, misteri Krakatau dan kebun main. Krakatau Park juga menyuguhkan wahana edukasi insectarium yang menampilkan berbagai jenis serangga dalam bingkai kaca yang dipajang. Melalui fasilitas itu, kalian bisa belajar tentang kupu-kupu, kumbang, laba-laba, hingga semut secara dekat. Untuk semua fasilitas tersebut bisa dikunjungi sepuasnya dengan membayar Rp 180.000 untuk hari biasa dan weekend Rp 200.000.

Demikianlah sederet tempat wisata edukasi di Lampung yang populer. Ternyata destinasi wisata ini juga instagramable banget lho. Jangan lupa jalan-jalan sambil belajar.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya