Ragam Manfaat Es Tambring Khas Bali, Minuman Segar Perpaduan Kelapa Muda dan Telur

Penggunaan putih telur terbilang unik karena biasanya putih telur diolah menjadi makanan. Dengan berbagai bahan dasar tersebut, es tambring juga dipercaya memiliki beragam manfaat baik untuk tubuh. Apa saja?

oleh Switzy Sabandar diperbarui 12 Okt 2024, 13:00 WIB
Diterbitkan 12 Okt 2024, 13:00 WIB
Keindahan Pantai Kelan di Samping Bandara Ngurah Rai
Wisatawan mengunjungi objek wisata Pantai Kelan dengan latar belakang pesawat yang mendarat di Tuban, Badung, Denpasar, Kamis (5/5/20222). Kunjungan wisatawan domestik (Wisdom) ke Pulau Bali, saat libur Lebaran Idul Fitri tahun 2022 terus meningkat. Per hari kedatangan wisdom rata-rata 40 ribu. (merdeka.com/Arie Basuki)

Liputan6.com, Bali - Selain terkenal dengan keindahan alam dan khazanah kuliner yang menggugah selera, Bali juga memiliki sajian es yang unik dan menyegarkan. Minuman yang disebut es tambring ini memadukan berbagai bahan yang tak biasanya ada pada minuman.

Es tambring berbahan dasar serutan kelapa muda yang dikombinasikan dengan rasa asam jawa. Rasa asam tersebut berasal dari sirup asam jawa yang dicampur putih telur.

Penggunaan putih telur terbilang unik karena biasanya putih telur diolah menjadi makanan. Dengan berbagai bahan dasar tersebut, es tambring juga dipercaya memiliki beragam manfaat baik untuk tubuh. Apa saja?

1. Meredakan gejala panas dalam

Es tambring dibuat dari asam jawa. Bahan tersebut membuat es tambring memiliki khasiat sebagai pereda gejala panas dalam.

Panas dalam adalah kondisi ketika tubuh mengalami banyak gangguan secara bersamaan, seperti sariawan, bibir pecah-pecah, dan sakit tenggorokan. Panas dalam merupakan kumpulan gejala dari berbagai penyakit.

2. Meningkatkan sistem kekebalan dan pencernaan

Selain sebagai pereda panas dalam, asam jawa dalam es tambring juga membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Khasiat asam jawa semakin terasa karena disertai dengan air kelapa yang mampu memulihkan permasalahan pada sistem pencernaan.

3. Menurunkan kolesterol

Daging kelapa dalam es tambring berperan penting dalam menurunkan kolesterol dalam tubuh. Pasalnya, bahan ini dipercaya dapat membantu proses pemecahan lemak tubuh.

4. Meningkatkan kesehatan jantung

Selain dapat membantu menurunkan kolesterol, kandungan air kelapa dalam es tambring juga baik untuk kesehatan jantung. Tingginya kadar antioksidan pada air kelapa berperan penting untuk menjaga kesehatan dan fungsi jantung. Jika dikonsumsi sesuai aturan, maka bahan tersebut dapat melindungi dan meningkatkan kesehatan jantung.

5. Sumber protein

Putih telur menjadi salah satu bahan unik dalam es tambring khas Bali. Bahan tersebut menjadi sumber protein untuk tubuh.

 

Penulis: Resla

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya