Asa Rapper Jay Yen, Kembali Populerkan Musik Hip Hop Tanah Air melalui Singel 'God'

Sekarang lagu-lagu Boom Bap, tipe hip hop rap yang liriknya kuat itu mulai ga ada, banyak rapper nyanyi dengan gaya boy band. Jadi, aku ingin kembali menghidupkan genre hip hop klasik ini.

oleh Jayadi Supriadin diperbarui 27 Okt 2024, 15:00 WIB
Diterbitkan 27 Okt 2024, 15:00 WIB
Rilis single terbaru rapper berdarah Taiwan-Indonesia, Jay Yen berjudul ‘God’ yang terinspirasi lagu anak-anak populer Baby Shark, diharapkan kembali menghidupkan musik gendre hip kop di tanah air. (Liputan6.com/Jayadi Supriadin)
Rilis single terbaru rapper berdarah Taiwan-Indonesia, Jay Yen berjudul ‘God’ yang terinspirasi lagu anak-anak populer Baby Shark, diharapkan kembali menghidupkan musik gendre hip kop di tanah air. (Liputan6.com/Jayadi Supriadin)

Liputan6.com, Jakarta - Rilis singel terbaru rapper berdarah Taiwan-Indonesia, Jay Yen berjudul ‘God’ terinspirasi lagu anak-anak populer Baby Shark. Kehadiran ‘god’ diharapkan kembali menghidupkan genre hip hop di tanah air.

“Pas pertama kali denger beatnya, aku langsung kepikiran buat tulis lagu tentang sesuatu yang 'ganas' kayak Jaws, Godzilla, atau sharks,” ujar dia, Kamis (25/10/2024) lalu.

Menurutnya, hegemoni musik genre hip hop tanah sudah lama redup sejak masa keemasan meraka berkibar di medio 1990-an hingga awal 2000-an. Sehingga kehadiran single ‘God’ melalui Boom Bap kembali menghidupkan asa itu.

“Sekarang lagu-lagu Boom Bap, tipe hip hop rap yang liriknya kuat itu mulai ga ada, banyak rapper nyanyi dengan gaya boy band. Jadi, aku ingin kembali menghidupkan genre hip hop klasik ini,” ujar dia.

Bersama produser musik kenamaan DJ Sumantri, yang dikenal sebagai Sumobeat, Jay Yen sukses menggarap ‘God’ dengan inspirasi unik dari lagu anak-anak ‘Baby Shark’, yang diterjemahkan dalam lirik dan beat beraliran hip hop sub-genre Boom Bap.

“Saat nulis chorus, DJ Sumantri menyarankan untuk mengganti lirik jadi 'I feel like a God' daripada 'I feel like a Shark',” ujar dia.

Rencannya, single musik genre hip hop ‘God’ itu, akan dirilis di berbagai platform streaming musik, dengan musik video yang digarap oleh Sutradara Ansol San dari Feel Good Production. Syuting dilakukan di beberapa lokasi ikonik di Jepang, seperti Tokyo, Kyoto, dan Fuji, serta di tempat kebugaran dan tinju El Salvaje di Tangerang, Indonesia.

Selain ‘God’, rapper Jay Yen berencana merilis lebih banyak lagu di tahun 2024, termasuk kolaborasi dengan artis-artis internasional mulai Amerika, Korea, Jepang, dan lainnya.

“Dalam waktu dekat, ada rencana lagu bersama artis dari Taiwan, dan tentunya masih akan ada proyek lanjutan dengan DJ Sumantri,” kata dia.

Selain lihat bermusik, rapper Jay Yen, yang memulai kariernya sejak 2020 lalu, dikenal sebagai petinju yang baru saja memenangkan pertandingan TKO perdananya di Bengkel Tinju Chris John.

Simak Video Pilihan Ini:

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya