Dior hingga Louis Vuitton di Tangan Orang Terkaya Sejagat Bernard Arnault

Kabar terbaru rumah mode mewah Christian Dior menjadi perhatian setelah umumkan anggota BTS Jimin jadi duta global terbaru.

oleh Pipit Ika Ramadhani diperbarui 17 Jan 2023, 10:42 WIB
Diterbitkan 17 Jan 2023, 10:42 WIB
Ilustrasi Christian Dior (Foto: Dior)
Ilustrasi Christian Dior (Foto: Dior)

Liputan6.com, Jakarta - Christian Dior atau biasa dikenal sebagai Dior merupakan produsen barang mewah asal Prancis yang dikendalikan dan dipimpin oleh pebisnis asal Prancis, Bernard Arnault, yang juga memimpin LVMH Moët Hennessy Louis Vuitton, produsen barang mewah terbesar di dunia. Dior sendiri memegang 42,36 persen saham dan 59,01 persen hak suara LVMH.

Dior kini menuai perhatian setelah mengumumkan anggota boyband BTS Jimin menjadi duta global Dior pada Senin, 16 Januari 2023. Melalui akun Instagram @Dior mengumukan @J.M dari BTS sebagai duta global baru Dior. Jimin BTS mengikuti artis K-Pop lainnya antara lain Jisoo Blackpink, Sehun EXO dan Cha Enwoo Astro yang sudah menjadi duta Dior.

Bicara mengenai Dior, melansir Vogue, Selasa (17/1/2023), Dior didirikan pada 16 Desember 1946 di 30 Avenue Montaigne, Paris, didukung oleh Marcel Boussac, seorang tokoh yang menggarap kain katun saat itu.

Secara resmi, keluarga Dior menganggap 1947 sebagai tahun debutnya karena saat itulah Dior memamerkan koleksi pertamanya. Pada 1949, Dior adalah couturier pertama yang mengatur produksi berlisensi dari desainnya. Dior, bersama dengan mitra bisnis Jacques Rouët, melisensikan namanya untuk berbagai aksesori mewah.

Ini menjadi langkah yang menguntungkan bagi Dior dan pelajaran dalam bidang atelier yang diikuti oleh hampir semua rumah mode pada masa itu.

Pada 1955, Yves Saint Laurent yang berusia 19 tahun menjadi asisten desain Dior. Christian Dior kemudian bertemu dengan ibu Yves Saint Laurent, Lucienne Mathieu-Saint Laurent, pada 1957 untuk memberitahu dia telah memilih Saint Laurent untuk menggantikannya di Dior. Lucienne Mathieu bingung dengan pernyataan tersebut karena Dior baru berusia 52 tahun saat itu.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Masuknya Bernard Arnault dan Akuisisi LVMH

Pengunjung Antri di Mall
Pengunjung antri masuk toko Louis Vuitton di mal. (AP Photo/Gemunu Amarasinghe)

Tak lama setelah pertemuannya dengan ibu Saint Laurent, Christian Dior dinyatakan meninggal dunia karena serangan jantung yang fatal pada 24 Oktober 1957. Sekitar 2.500 orang menghadiri pemakamannya, termasuk semua staf dan klien terkenalnya yang dipimpin oleh Duchess of Windsor.

Dalam upaya menstabilkan perusahaan, Jacques Rouët menunjuk Yves Saint-Laurent yang saat itu berusia 21 tahun sebagai direktur artistik. Saint Laurent tetap dalam posisinya sampai dia wajib militer, selama itu dia diberhentikan dari Dior oleh Rouët dan digantikan oleh Marc Bohan.

Pada 1978, Grup Boussac mengajukan kebangkrutan dan asetnya, termasuk Dior, dijual ke Grup Willot. Setelah masuk ke administrasi, Bernard Arnault dan grup investasinya membeli kepemilikan Grup Willot pada tahun 1984.

Usai pengambilalihan itu, Arnault secara drastis mengubah operasi Dior. Pada 1985, Arnault menjadi ketua, CEO dan Direktur Pelaksana Christian Dior. Dia memposisikannya kembali sebagai perusahaan induk Christian Dior SA pada 1988, dan mengambil 32 persen saham ekuitas ke dalam modal saham LVMH menciptakan salah satu konglomerasi barang mewah terkemuka dan paling berpengaruh di dunia, sementara Christian Dior tetap berdiri sendiri sebagai sebuah megabrand dengan haknya sendiri.


Siapa Bernard Arnault?

Bernard Arnault
Chairman, sekaligus Chief Executive LVMH Bernard Arnault berpose setelah presentasi program "Kehidupan" lingkungan grup (LVMH Initiatives For the Environment) pada 25 September 2019 di kantor pusat LVMH di Paris. Prancis. (ERIC PIERMONT/AFP)

Bernard Arnault dan keluarga tercatat sebagai orang kaya nomor wahid di dunia sejak akhir tahun lalu. Melansir Forbes, kekayaan Bernard mencapai USD 211,2 miliar atau sekitar Rp 3.200,95 triliun (kurs Rp 15.156 per USD).

Bernard mengendalikan kerajaan bisnis LVMH, konglomerasi barang mewah yang memproduksi pakaian dan sepatu, parfum dan kosmetik, wine, serta jam tangan, dan perhiasan.

Pada Januari 2021, LVMH mengakuisisi toko perhiasan Amerika Tiffany & Co seharga USD 15,8 miliar, diyakini sebagai akuisisi merek mewah terbesar yang pernah ada.

Sebelumnya, LVMH membelanjakan USD 3,2 miliar pada 2019 untuk grup perhotelan mewah Belmond, yang memiliki atau mengelola 46 hotel, kereta api, dan kapal pesiar sungai. Selain Dior dan Tiffany & Co, beberapa merek kenamaan lain yang terafiliasi dengan LVMH yakni, Sephora, Veuve Clicquot, Bvlgari, Fendi, TAG Heuer, dan Rimowa.

 

 


Jimin BTS Jadi Duta Global Terbaru Rumah Mode Mewah Dior

Jimin BTS Resmi Jadi Wajah Baru Dior Global
Jimin BTS. (dok. Instagram @dior/https://www.instagram.com/p/CneJULeIAok/?hl=en/Dinny Mutiah)

Sebelumnya, penyanyi dan anggota boyband BTS Jimin ditunjuk menjadi duta merek global terbaru untuk Dior. Jimin BTS mengikuti sesama artis K-pop Jisoo BLACKPINK, Sehun EXO, dan Cha Eunwoo Astro.

Mengutip Yahoo Finance, hubungan BTS dengan rumah mewah Prancis tersebut dimulai pada 2019. Saat itu desainer pakaian pria Dior Kim Jones merancang pakaian panggung untuk tur dunia “Love Yoursel:Speak Yourself”.

Sebelumnya BTS telah bekerja sama dengan merek-merek termasuk McDonald’s, Coca-Cola, Samsung dan Louis Vuitton pada April 2021. Namun, kontrak BTS dengan Louis Vuitton kini telah berakhir. Baik Vuitton dan Dior milik konglomerat Prancis LVMH Moet Hennessy Louis Vuitton.

"Penyanyi, penari dan penulis lagu Jimin dari BTS sekarang menjadi duta global Dior. Ikatan khusus ini mengikat lebih dari sebelumnya. Persahabatan dengan Dior dan Kim Jones, yang telah merancang pada 2019, pakaian panggung band BTS,” demikian pernyataan Dior seperti dikutip dari Yahoo, Senin (16/1/2023).

Dior juga menyatakan, artis baru Korea Selatan ini mewujudkan semangat dan keunikan gaya modernitas Dior dengan ciri khas yang tak lekang oleh waktu. Dengan Jimin secara individu menandatangani merek Dior, ini berarti anggota lain dapat melakukan hal sama dengan rumah mode lainnya seperti Blackpink dan NewJeans.

Hingga kini tidak jelas seperti apa kemitraan ini ke depan seiring anggota BTS berencana mendaftar wajib militer di Korea Selatan setelah umumkan hiatus yang tidak terbatas. Namun, perlu dicatat Jimin tidak harus bergabung dengan militer hingga 2025 mengingat usianya. Sejauh ini, Jin satu-satunya anggota yang sudah daftar wajib milider.

Rumah mode Dior tidak asing dengan kekuatan K-pop. Jisoo, anggota Blackpink telah membuat banyak orang heboh sejak bergabung dengan Dior sebagai duta global untuk fashion dan kecantikan pada Maret 2021. Berdasarkan data perusahaan dan Launchmetrics, unggahan Dior dan Jisoo telah beberapa kali cetak nilai tertinggi selama Paris Fashion Week.

 

 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya