Berhenti Merokok, Vina Panduwinata Seperti Orang Sakau

Vina Panduwinata sudah menjadi perokok aktif sejak usia 17 tahun.

oleh Zulfa Ayu Sundari diperbarui 03 Okt 2017, 18:20 WIB
Diterbitkan 03 Okt 2017, 18:20 WIB
Vina Panduwinata
Vina Panduwinata (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Liputan6.com, Jakarta - Sejak usia 17 tahun, Vina Panduwinata mengaku sudah menjadi perokok aktif. Namun seiring bertambahnya usia, ia merasa zat nikotin yang dikonsumsi sudah berdampak buruk pada kesehatan, juga performanya sebagai penyanyi.

Setelah berkonsultasi dengan dokter, wanita berusia 58 tahun ini disarankan untuk menghilangkan kebiasaan merokoknya itu. Tanpa pikir panjang, pelantun "Burung Camar" itu bertekad untuk berhenti secara total.

Vina Panduwinata (Zulfa Ayu Sundari/Liputan6.com)

Namun ternyata berhenti merokok secara tiba-tiba juga berdampak pada daya tahan tubuhnya.

"Dikasih tahu sama kakak Mama Ina yang sudah berhenti duluan, 'hati-hati ya bengeknya keluar, flu, sakit kepala, keluar' bismillah deh aku masih mampu. Tapi benar, jadi gampang capek," ujar Vina Panduwinata, saat ditemui di kawasan Kapten Tendean, Jakarta Selatan, Selasa (3/10/2017).

Vina Panduwinata merasa seperti orang yang kecanduan dengan obat terlarang. "Istilahnya kayak sakau, kemampuan menurun, segala macamnya malah jadi drop," papar istri Boy Haryanto Joedo Soembono ini.

Berkat niat yang kuat untuk berhenti, kini Vina Panduwinata bahkan sama sekali tak tergoda dengan lingkungan perokok.

Vina Panduwinata (Deki Prayoga/bintang.com)

"Enggak, di depan mata ada yang ngerokok enggak masalah. Kalau makan siang kita pengin makan siang. Kok kalau bulan puasa bisa (tidak makan)? Itu karana pikiran. Kalau mau berhenti rokok ya harus niat," ia mengakhiri.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Tag Terkait

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya