Lama Jadi Penulis Skenario, Marcow Kini Berkiprah Sebagai YouTuber

Sosoknya Marcow mulai melejit pada pertengahan 2018 dengan konten-konten kocak sebagai partner Maell Lee.

oleh Ruly Riantrisnanto diperbarui 26 Agu 2020, 06:00 WIB
Diterbitkan 26 Agu 2020, 06:00 WIB
Marcow
Marcow. (Ist)

Liputan6.com, Jakarta - Marcow yang memiliki nama asli Indra Purnama Setiawan kini wajahnya mulai sering terihat di YouTube. Sosoknya mulai melejit di Instagram pada pertengahan 2018 dengan konten-konten kocak sebagai partner Maell Lee.

Sebelum berkarier di dunia YouTube, Marcow awalnya berkiprah sebagai penulis skenario serta konseptor program televisi sejak tahun 2009. Selama itu, sudah banyak program yang sukses digarapnya, terutama serial televisi.

Setelah memutuskan terjun di konten YouTube, Marcow bersama Maell Lee dibilang cukup melejit dan langsung disukai warganet. Maell Lee menjadi bos preman dengaan logat Medan yang kental, Marcow sebagai anak buahnya yang sering menjadi samsak korban Maell Lee.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Beda dari Partner yang Lain

Marcow
Marcow. (Ist)

“Hal tersulit ketika menjadi seorang sidekick adalah biasanya tidak akan terlalu dikenal, tetapi berbeda dengan Marcow. Dia memiliki karakter yang gampang dikenali seperti sering menggunakan topi terbalik, jarang mengenakan kaos, serta sering mengangkat ketiaknya," ujar Marcow kepada wartawan di Jakarta Selasa, (26/8/2020).


Berpisah

Marcow
Marcow. (Ist)

Sayangnya, Perjalanan duet Marcow dan Maell Lee tidak berjalan lama. Pada pertengahan tahun 2019, mereka berpisah, dan Maell Lee tetap berada di bawah naungan managemen Anji eks Drive.

"Perpisahan itu mungkin terjadi, semua bukan tentang materi belaka, tapi tentang perbedaan visi dan misi yang selalu bentrok dengan manajemen," ujar Marcow yang pernah menulis skenario film Molulo Jodoh Tak Bisa Dipaksa pada 2017 lalu ini.


Bersolo Karier

Marcow akhirnya memutuskan untuk bersolo karir dan berpisah dengan bosnya. Marcow dan Maell Lee memutuskan untuk tidak terlalu mengumbar perpisahan mereka demi menjaga nama baik satu sama lain.

“Banyak penggemarnya bertanya-tanya kenapa kami berpisah karena setelah aku keluar, tidak ada lagi sosok Marcow di video-videonya Maell Lee," jelasnya.


Muncul Asumsi

Berbagai asumsi pun keluar dari warganet yang menganggap Marcow seperti kacang lupa kulitnya. Seolah ia lupa dengan orang yang mengangkat namanya menjadi terkenal. Namun anggapan itu ditepisnya.

"Biarin saja netizen mau bilang apa, yang penting aku masih bisa terus berkarya, enggak perlulah ada klarifikasi segala, enggak penting," kata Marcow.


Berbanding Terbalik

Sosok Marcow yang dia tampilkan ketika menjadi selebgram adalah sosok yang bodoh, penakut dan ceroboh dengan logat medannya. Tapi pada kenyataannya berbanding terbalik.  Ternyata di balik tingkah bodohnya di Instagram, Marcow merupakan pribadi yang cerdas.

"Lebih susah akting menjadi orang bodoh, daripada akting jadi orang pintar! Itu berlaku di kehidupan nyata juga," ujar pria kelahiran Bandung yang sudah memiliki dua anak ini.


Sempat Kembali ke Dunia Penulisan

Semenjak Marcow berpisah dengan Maell Lee, ia sempat kembali ke pekerjaan lamanya menjadi seorang penulis skenario dan tim kreatif. Namun itu tak lama.

Sekarang, ia kembali lagi dengan tim barunya bersama konten creator asal Tangerang @karowparodi_, @eqydarmawan, @awawawin, dan @farukstresss.


Berkolaborasi

Bersama mereka, Marcow pun berkolaborasi membuat konten-konten komedi dan sempat viral dengan goyangan jametnya.

"Sekarang aku focus membuat YouTube sendiri, namanya MARKOCAK dan YouTube bersama, yaitu BECASUN. Ya, enggak jauh beda isinya pasti tentang komedi," ujar Marcow yang sekarang juga menjadi pembisnis Vave.

Youtuber kini menjadi Istilah paling populer untuk menyebut para pengguna YouTube yang sering membagikan konten video.

Kini telah banyak Youtuber yang mendapat penghasilan hingga ratusan juta selama satu bulan hanya karena membagikan videonya. Maka, tak heran bila profesi Youtuber sukses menjadi salah satu impian banyak orang.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Tag Terkait

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya