5 Fakta Kematian Eddie Van Halen Karena Penyakit Kanker

Musikus Eddie Van Halen meninggal dunia karena kanker yang ia idap sejak beberapa tahun lalu.

oleh Hernowo Anggie diperbarui 07 Okt 2020, 14:00 WIB
Diterbitkan 07 Okt 2020, 14:00 WIB
Eddie Van Halen pada 12 Fenruari 2015 di Museum of American History, Washington. (Owen Sweeney/Invision/AP, File)
Eddie Van Halen pada 12 Fenruari 2015 di Museum of American History, Washington. (Owen Sweeney/Invision/AP, File)

Liputan6.com, Jakarta - Sejarah mencatat Eddie Van Halen sebagai musikus besar dunia. Aksinya yang memukau di atas panggung dengan petikan gitar serta kesuksesan membawa Van Halen sebagai grup rock legendaris dunia, sudah cukup membuktikan kapasitas Eddie Van Halen.

Tapi karier bermusik Eddie Van Halen dihadapkan pada perjuangannya melawan penyakit kanker. Praktis, hal itu membawanya menepikan aktifitas musik untuk sementara waktu. Eddie Van Halen masih berharap kondisi kesehatannya bakal kembali pulih.

Hari demi hari berlalu, sejak didiagnosis menderita kanker, Eddie Van Halen melakukan sejumlah perubahan pada kehidupannya. Yang paling kentara, adalah menghentikan semua aktifitas bermusiknya.

Perjuangan Eddie Van Halen melawan kanker kemudian berakhir dengan kabar kematiannya. Ia mengembuskan napas terakhir pada 6 Oktober 2020. Industri musik dunia seketika berduka kehilangan musikus Eddie Van Halen.

Berikut, 5 fakta kematian Eddie Van Halen yang berjuang melawan kanker hingga akhir hidupnya.

 


Kondisi Kesehatan Menurun

Eddie Van Halen manggung bareng Michael Jackson pada 1984. (AP Photo/Carlos Osorio, File)
Eddie Van Halen manggung bareng Michael Jackson pada 1984. (AP Photo/Carlos Osorio, File)

Dilaporkan oleh PEOPLE, kondisi kesehatan Eddie Van Halen diketahui mengalami penurunan dengan cepat selama tiga hari terakhir.


Dijauhi Selama Pandemi

Gitaris Eddie Van Halen Meninggal Dunia
Dalam file foto 22 Juni 2004 ini, Eddie Van Halen memainkan akord terakhir "Jump" selama konser Van Halen di Continental Airlines Arena di East Rutherford, N, .J. Gitaris legendaris, Eddie Van Halen meninggal dunia pada Selasa pagi, 6 Oktober 2020. (John Munson/NJ Advance Media via AP)

Seorang sumber mengatakan bahwa keluarganya benar-benar melindungi musisi yang pernah berkolaborasi dengan Michael Jackson di lagu "Beat It" tersebut.

"Selama karantina, semua orang di sekitar Eddie bahkan lebih berhati-hati tentang kesehatannya dan keluarganya benar-benar melindunginya," kata sumber tersebut. 


Kanker Tenggorokan

Gitaris Eddie Van Halen Meninggal Dunia
Eddie Van Halen (kiri) memeluk putranya Wolfgang Van Halen setelah grup rock Van Halen secara resmi mengumumkan tur Amerika Utara mereka selama konferensi pers di Los Angeles pada 13 Agustus 2007. Eddie Van Halen meninggal dunia pada Selasa pagi, 6 Oktober 2020. (AP Photo/Kevork Djansezian, File)

Penyakit kanker yang menggerogoti Eddie Van Halen sudah menyebar ke organ tubuhnya yang lain. "Dia menderita kanker tenggorokan selama bertahun-tahun tetapi itu menyebar," sumber itu menambahkan.


Juga Menderita Kanker Lidah

Gitaris Eddie Van Halen Meninggal Dunia
Dalam file foto 5 Agustus 2004 ini, gitaris Van Halen Eddie Van Halen tampil di Phoenix. Gitaris itu sudah keluar masuk rumah sakit pada tahun lalu dan baru-baru ini menjalani serangkaian kemoterapi, lapor TMZ. (AP Photo/Tom Hood, File)

Sebelum dikabarkan terkena kanker tenggorokan, Eddie Van Halen sempat menderita kanker lidah pada tahun 2000. Namun, ia berhasil mengalahkan penyakitnya pada 2002.


Meninggal di Usia 65 Tahun

Eddie Van Halen tampil di panggung pada 13 Agustus 2015 di New York ( Greg Allen/Invision/AP, File)
Eddie Van Halen tampil di panggung pada 13 Agustus 2015 di New York ( Greg Allen/Invision/AP, File)

Gitaris kelahiran Amsterdam, Belanda ini meninggal di usianya yang ke 65 tahun. Pengumuman tersebut disampaikan oleh putranya, Wolfgang pada hari Selasa waktu Amerika Serikat.

"Saya tidak percaya harus menuliskan ini, tetapi ayah saya, Edward Lodewijk Van Halen, telah kalah dalam pertempuran panjang dan sulit melawan kanker," kata Wolfgang yang juga pemain bass dari grup yang dibentuk sang ayah, Van Halen.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya