Mattagati, Arsitek yang Menjadi Musisi

Mattagati baru saja mengeluarkan single musik terbaru.

oleh Aditia Saputra diperbarui 25 Jan 2021, 16:22 WIB
Diterbitkan 25 Jan 2021, 06:00 WIB
Mattagati baru saja mengeluarkan single musik terbaru 
Mattagati baru saja mengeluarkan single musik terbaru 

Liputan6.com, Jakarta Musik bagi seorang arsitek seperti Frans Kristian Mattagati adalah sesuatu yang sangat penting. Baginya, dunia musik adalah jalan sutera untuk mencapai keseimbangan hidup. Mattagati  telah menggeluti dan suka dengan musik sejak lama. 

Oleh karena itu, menggali kedamaian hati via musik adalah pilihan sadarnya. Sesadar-sadarnya. Apalagi, sepengakuannya, menjadi musisi adalah impian lamanya, yang sangat lama dipendam rapi di dadanya.

Bukan tanpa alasan, Juara II Kompetisi Nasional gitar classic tahun 1992, akhirnya mengeluarkan jiwa seni dari dalam dirinya. Setelah bidang arsitektural yang tekanannya sangat tinggi, itu ternyata, menurut subyektifitasnya, kebahagiaan yang didatangkannya tidak berbanding lurus. Meski penghasilannya besar.

“Orgasmenya lain,” kata Mattagati  merujuk proses membuat lagu dan merampungkan sebuah desain arsitektural di Jakarta, Jumat (22/1/2021).

Karenanya, single pertamanya ini  demi melunaskan jiwa seninya dirilis Mattagati berjudul, “Dirimu”. Tidak main-main, single dengan mengandalkan vokal bertimbre elok dari Erwin Farid itu, saat dirilis via digital streaming, hingga sekarang sudah memanen 5000 an pendengar.

Mattagati yang melibatkan Erwin Farid sebagai featuring vokal itu berharap, single pembuka ini, tidak akan menjadi karya pertama sekaligus terakhirnya. Karena, sepengakuannya, hampir 70 lagu telah ditulisnya. Dengan berbagai genre yang membungkus puluhan lagu tersebut.

“Semua lagu itu tersimpan rapi di music’s storage,” imbuh Mattagati.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Gitar

Mattagati baru saja mengeluarkan single musik terbaru 
Mattagati baru saja mengeluarkan single musik terbaru 

Mattagati yang sangat menguasai gitar klasik, meski tidak lancar membaca partitur, dalam single ini mengisi sesi gitar dengan kesahajaan. Tak perlu pamer skill dan sok bermain teknis alias “kriting”. 

Merangkap sebagai komposer dan arranger, Mattagati juga sekaligus mendirikan record label Black Glamour untuk dan demi mengawal karya terkininya. Juga sejumlah karya lanjutannya.

“Buat saya, semua hal wajib direncanakan dengan baik, proper dan matang. Saya konsisten mendirikan  PT. Untuk memayungi karya saya,” katanya yang sudah menekuni bidang arsitektural secara profesional sejak tahun 2003 hingga sekarang.

 


Ngamen

Mattagati baru saja mengeluarkan single musik terbaru 
Mattagati baru saja mengeluarkan single musik terbaru 

Mattagati bercerita saking besar hasratnya menjadi musisi, alih-alih bertahan di dunia arsitek, pernah setiap malam Minggu menjelajahi kafe, dan jamming dengan gitar sendiri, dengan sebuah grup band. Berharap single terkininya, yang secara musikal turut dimatangkan oleh Andika, (keyboard), membuka pintunya lebar-lebar berkiprah lebih serius di dunia skema musik Indonesia. 

“Sebenarnya nothing to lose, kalaupun gagal menjadi musisi, saya toh tetep seorang arsitek,” kata pria bertato kelahiran Mojokerto, Jatim itu.

Meski demikian, dia berharap masa depan dunia musiknya, akan terus memberinya kebahagiaan. “Tahu lagu saya didenger orang saja udah seneng banget,” kata Mattagati yang berencana membuat band bernama Mattagati Feat, dengan featuring sejumlah vokalis terdepan di Tanah Air. Seperti featuring Ari Lasso, Agnes Mo dan beberapa nama lainnya.

 


Tak Mudah

Meski untuk menuju ke arah kesuksesan di dunia musik, katanya penuh kesadaran, dibutuhkan effort yang tidak mudah, dan murah.  

“Yang pasti, ada satu titik, setelah 15 tahun berkiprah di dunia arsitektur, akhirnya saya tahu dengan apa yang saya cari? Selama ini, ternyata waktu saya habis untuk kerja, nyaris hilang keluarga. (Sementara) Bikin lagu ngga ada yang revisi, bikin gambar banyak yang revisi. Ide arsitek dengan pemesan selalu bergesekan. Bikin lagu, free,” terangnya sembari berharap, suatu saat punya band, bergenre Rock n Roll, seperti Black Rose dan Gugun n Blues Shelter.

“Yang pasti saya hanya akan berkesenian,” imbuh Mattagati.

 


Pengamat

Menurut produser musik dan penggiat musik Seno M Hardjo, secara teknis dan gramatikal musikal, kemampuan bermusik Mattagati, luar biasa. Hanya saja, imbuh dia, semua itu tidak seketika atau belum menjamin kesuksesan di dunia musik. 

Banyak faktor X di dunia musik. Di luar persoalan belanja iklan dan lain sebagainya,” kata Seno M Hardjo. Sedangkan ihwal Mattagati, menimbang nama besar seperti Santana di AS, yang sukses berkolaborasi dengan sejumlah penyanyi. Sehingga karyanya meledak, dia berharap, Mattagati akan menjadi Santana Indonesia.

“Saya ke depannya, pengin Mattagati menjadi seperti Santana. Berkolaborasi dengan banyak musisi Indonesia. Sehingga memperluas jaringannya, sekaligus kemungkinan berkolaborasi dengan musisi lainnya,” kata Seno M Hardjo sembari mengumumkan, per Jumat (22/1/2021) kemarin, sekaligus pemutaran serentak di 100 radio di Indonesia single “Dirimu” milik Mattagati.

“Saya hanya membantu dia saja, supaya ‘bergaul’ dengan orang-orang bener,” imbuh Seno ihwal keterlibatannya dalam proyek Mattagati.

Apa yang dikatakan Seno M Hardjo diamini Glenn G Purimahua. Sebagai seorang Disc Jockey senior, Glenn menilai Mattagati adalah sosok musisi yang terbungkus dalam diri seorang arsitek.

“Yang rada gila dari Mattagati adalah bisa main all genre dan itu tidak biasa. Tidak semua orang bisa mengemas lagu, yang bisa diterima publik. Dan Mattagati mempunyai kemampuan itu,” kata Glenn.

Dengan kemampuan lengkap yang dimiliki Mattagati, sejauh dan sedalam apa kesuksesan yang akan didapatkannya di dunia musik? Kita tunggu saja. Karena hidup, kata bijak bestari, hakekatnya adalah menunggu.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya