Squid Game Dicatut untuk Penipuan Via Cryptocurrency, Harga Koin Jadi 0 Dolar AS

Kerugian investor koin kripto yang menggunakan nama Squid Game ini, mencapai puluhan miliar rupiah.

oleh Ratnaning Asih diperbarui 02 Nov 2021, 15:00 WIB
Diterbitkan 02 Nov 2021, 15:00 WIB
Makna Tersembunyi di Balik Kostum dan Topeng Penjaga Squid Game
Kerugian investor koin kripto yang menggunakan nama Squid Game ini, mencapai puluhan miliar rupiah. (Twitter/NetflixKR).

Liputan6.com, Jakarta Popularitas Squid Game telah menginspirasi orang untuk bikin meme atau tampil dengan kostumnya saat Halloween. Sayangnya, penipu juga ikut pinjam nama drama Korea kondang ini.

Dilansir dari CNN, Selasa (2/11/2021) Gizmodo mewartakan sebuah cryptocurrency yang berbasis tayangan Netflix ini dihargai US$ 0. Sang pencipta menggondol uang milik investor, yang ditaksir mencapai US$ 2,1 juta. Bila dirupiahkan, angkanya mencapai Rp 29,9 miliar.

CoinMarketCap mencatat koin dengan kode nama SQUID ini sempat dihargai sebesar US$ 2.861, sebelum menjadi 0 dolar.

 

Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Rug Pull

Squid Game. (Twitter/ NetflixID)
Squid Game. (Twitter/ NetflixID)

Penipuan ini dikenal dengan istilah rug pull. Artinya, sang pencipta atau pengembang koin crypto mencairkan semua koin, ditukar dengan uang asli. Alhasil, nilai koin crypto ini langsung menyusut.

Minggu lalu, Netflix sempat memastikan kepada CNN Business bahwa pihak mereka tak berafiliasi sama sekali dengan kripto tersebut.

 


Token untuk Gim

Squid Game. (Netflix)
Squid Game. (Netflix)

SQUID awalnya disebut sebagai token yang dapat digunakan dalam gim daring baru yang terinspirasi dari drakor Squid Game.

Namun sejak awal, Gizmodo sebenarnya sudah mengendus niat buruk di balik koin ini.

 

 


Diminta Waspada

Squid Game. (Park Young Kyu/ Netflix)
Squid Game. (Park Young Kyu/ Netflix)

Tanda pertama, adalah situs resminya penuh dengan saltik alias salah ketik. Tak hanya itu, investor juga bisa membeli SQUID, tapi tak bisa menjualnya.

CoinMarketCap juga telah jauh-jauh hari mengeluarkan peringatan tentang kemungkinan penipuan di SQUID dengan menyatakan "waspadalah secara ekstrem."


Bukan yang Pertama

Fox Business mewartakan koin SQUID ini baru diluncurkan pada minggu lalu, dan nilainya melejit 83 ribu persen. Setelah harga koin ini berubah jadi US$ 0 pada Senin kemarin, situs, akun sosial media, hingga buku putihnya juga telah dihapus.

Gizmodo mencatat ini bukan kejadian perdana. Tahun ini koin Mando yang menggunakan gambar dari serial Mandalorian tanpa izin juga melakukan rug pull. 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya