Selebgram Andrea Gunawan Berikan Tips Hubungan Intim yang Sehat

Selebgram Andrea Gunawan juga dikenal sebagai Sexual Health Activist.

oleh Aditia Saputra diperbarui 27 Sep 2022, 22:07 WIB
Diterbitkan 27 Sep 2022, 15:20 WIB
Andrea Gunawan.
Andrea Gunawan menyebut kulit cantik dan sehat tak harus putih. (Foto: Instagram @catwomanizer)

Liputan6.com, Jakarta Selebgram Andrea Gunawan bicara soal hubungan seks yang sehat. Baginya, hubungan seksual yang sehat melibatkan lebih dari sekadar sering berhubungan intim atau mencapai orgasme. Dirinya pun memiliki tips termudah untuk diikuti tentang cara berhubungan seks yang sehat.

Andrea Gunawan yang juga seorang Sexual Health Activist, mengatakan selain beberapa hal di atas, ada satu hal penting yang harus dimiliki pasangan demi memiliki hubungan seksual yang sehat. 

"Kalau ngomongin hubungan seksual yang sehat dengan pasangan, kuncinya adalah komunikasi. Kita harus mengutarakan apa yang kita suka, kita mau ke pasangan," kata Andrea Gunawan saat ditemui di peresmian Art Exhibition: Hotel For Play, di Lotte Shopping Avenue, Kuningan, Jakarta, baru-baru ini.

Menurut wanita yang dikenal dengan nama Catwomanizer ini, seseorang juga perlu mau mendengar dan menerima umpan balik dari pasangan misalnya apa yang ditingkatkan agar hubungan intim lebih sensasional.

"Komunikasi juga jangan searah, itu harus ada feedback. Karena komunikasi itu bisa membantu meningkatkan gairah, lho. Kebayang gak sih kalau kita berhubungan seksual sama orang yang diem-diem aja. Kita gak tahu feedback-nya apakah dia suka, apakah dia bisa puas dan segala macam," tutur dia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Stigma

Peresmian Art Exhibition: Hotel For Play, di Lotte Shopping Avenue, Kuningan, Jakarta, baru-baru ini.
Peresmian Art Exhibition: Hotel For Play, di Lotte Shopping Avenue, Kuningan, Jakarta, baru-baru ini.

Lebih lanjut, Andrea pun bertutur soal bagaimana hubungan seks yang aman. Ia menilai, stigma tentang seks hingga sex education di Indonesia sendiri masih dianggap tabu bahkan tak pantas dibicarakan.

Padahal kata dia, memberikan sex education sendiri bisa menyelamatkan kita, pasangan, dan orang lain, dari perilaku seksual yang tak sehat dan tak bertanggung jawab. 

"Kalau kalian mau have fun, senang-senang bisa, tapi ke arah yang benar dan bertanggung jawab supaya melindungi diri sendiri dan pasangan kita," imbuhnya.

 


Alat Kontrasepsi

Peresmian Art Exhibition: Hotel For Play, di Lotte Shopping Avenue, Kuningan, Jakarta, baru-baru ini.
Peresmian Art Exhibition: Hotel For Play, di Lotte Shopping Avenue, Kuningan, Jakarta, baru-baru ini.

Ketika membicarakan seputar seks aman, kata Andrea, hal yang paling pertama terlintas di benak orang pasti mengenai penggunaan alat kontrasepsi atau kondom. Meski memang bisa mencegah risiko penularan penyakit dan kehamilan yang tak diinginkan, cara berhubungan seksual yang aman tak hanya terbatas pada pemakaian kondom.

"Ada banyak pertimbangan serta hal lainnya yang perlu disiapkan, baik secara fisik dan mental, untuk melakukan seks yang aman. Makanya, itulah pentingnya sex education sejak dini. Simplenya, prinsip seks aman adalah strategi yang bertujuan untuk mengurangi risiko dan dampak buruk dari segala jenis aktivitas seksual," imbuh Andrea.

Dalam acara hari itu juga dibicarakan mengenai Art Exhibition: Hotel for Play #SensationalExperience bertempat di Lotte Shopping Avenue. Penyelenggaraan exhibition yang  diadakan dengan konsep instalasi seni ini bertujuan untuk memberikan sex education dalam bentuk fun dan entertaining. 

"Kami bangga dapat mengadakan art exhibition pertama kami untuk dapat mengedukasi  masyarakat Indonesia tentang gaya hidup sehat yang tentunya dikemas dalam kegiatan yang fun dan entertaining. Tidak hanya itu, kami juga ingin memperkenalkan produk - produk VIVO yang 

sangat beragam dan tentunya dapat memberikan kenikmatan lebih ketika berhubungan intim," ujar Yoevan Wiraatmaja, President Director PT.Danpac Pharma.

Kementerian Kesehatan baru saja mengeluarkan data terbaru, hingga Juni 2022, total pengidap  HIV yang tersebar di seluruh provinsi di Indonesia mencapai 519.158 orang. Ini membuktikan rendahnya pengetahuan masyarakat Indonesia tentang pentingnya penggunaan alat kontrasepsi. 

 

 


Kesadaran

Sementara itu, Christian Eka, Sales and Marketing Director PT.Danpac Pharma menjelaskan, "saat ini banyak masyarakat Indonesia belum sadar mengenai pentingnya penggunaan kondom, yang tidak hanya sebagai alat kontrasepsi tetapi juga dapat membantu mencegah HIV/AIDS dan 

berbagai penyakit infeksi seksual menular lainnya. Maka dari itu, kami mengajak masyarakat Indonesia untuk mulai menerapkan gaya hidup sehat dengan VIVO," ujarnya.

Dengan mengambil konsep sebuah hotel, exhibition ini mengajak pengunjung untuk memasuki beberapa Hotel Room. Berbekal room access/key card yang diberikan kepada pengunjung ketika 

memasuki lobby, pengunjung dapat memasuki masing-masing kamar yang akan memberikan experience yang berbeda-beda.

"Kami menggandeng HALUU yang telah dikenal sebagai promotor pameran seni kenamaan untuk art exhibition ini. Kami mengambil tema Hotel For Play yang berasal dari salah satu kegiatan intim yang biasa dilakukan yaitu foreplay, tema ini juga untuk mendukung campaign

yang kami angkat yaitu Sensational yang menekankan sensasi yang dirasakan oleh semua panca indera di kala berhubungan intim," pungkas Christian. 

 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Tag Terkait

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya