PSI Membandingkan Kepemimpinan Anies Baswedan dengan Ahok Terkait Warga Tanah Merah, Tifatul Sembiring: Bukannya Bantu Solusi Korban

Ucapan PSI yang membandingkan kepemimpinan Anies Baswedan dan Ahok dalam menangani warga Tanah Merah, membuat Tifatul Sembiring buka suara.

oleh Meiristica Nurul diperbarui 07 Mar 2023, 18:49 WIB
Diterbitkan 07 Mar 2023, 18:49 WIB
Tifatul Sembiring
Ucapan PSI yang membandingkan kepemimpinan Anies Baswedan dan Ahok dalam menangani warga Tanah Merah, membuat Tifatul Sembiring buka suara. (Liputan6.com/Denny Mahardy)

Liputan6.com, Jakarta - Kebakaran Depo Pertamina Plumpang, memakan korban jiwa, luka-luka hingga rumah yang habis terbakar di wilayah Tanah Merah, Jakarta. Kondisi ini justru menjadi polemik tersendiri bagi Partai Solidaritas Indonesia (PSI).

Salah satu politikus PSI William A. Sarana, mengeritik kebijakan Anies Baswedan saat menjadi Gubernur DKI Jakarta, yang telah memberikan Izin Mendirikan Bangunan (MB) kepada masyarakat di sana.

William juga membandingkan masa kepemimpinan Anies Baswedan dengan Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok. Hal itu mengelitik anggota DPR RI, Tifatul Sembiring untuk bersuara.

Tifatul Sembiring mengingatkan kepada PSI untuk tidak memecah belah masyarakat. 

"Apapun, termasuk kebakaran depo Plumpang, yang disalahkan Anies Baswedan. Bukannya bantu solusi korban, malah main belah bambu," cuitnya di akun Twitter, Senin (6/3/2023).

 


Jangan Serang yang Lain

Tifatul Sembiring (Foto: Twitter/@tifsembiring)
Tifatul Sembiring (Foto: Twitter/@tifsembiring)

Tifatul Sembiring juga mengingatkan kepada PSI untuk tak saling serang terhadap orang lain.

"Kemarin PSI ramai issu agama. Sekarang cari2 salah. Silakan capreskan Ahok, tak mesti serang yg lain...🤔," lanjutnya.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS


Perda DKI

Foto udara Suasana pemukiman warga terdampak kebakaran depo Pertamina Plumpang
Foto udara suasana permukiman warga yang terdampak kebakaran Depo Pertamina Plumpang di Jalan Koramil, Rawa Badak, Jakarta Utara, Sabtu (4/3/2023). Api yang besar dan kondisi cuaca yang buruk membuat angin mengembuskan api ke wilayah pemukiman warga di Jalan Tanah Merah. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Seperti diketahui, Anies Baswedan mengeluarkan IMB pada 2021 kepada warga Tanah Merah dengan mengacu pada Peraturan Daerah (Perda) DKI Nomor 7 Tahun 2010 tentang Bangunan Gedung dan Peraturan Gubernur (Pergub) DKI Nomor 118 Tahun 2020 tentang Izin Pemanfaatan Ruang, dilansir kanal News Liputan6.com, Selasa (7/3/2023).

Pada Pasal 12 ayat 4 Pergub 118 tahun 2020 memuat aturan lama waktu berlakunya IMB sementara. Setidaknya, ada tiga jangka waktu IMB sementara, pertama, IMB jangka pendek dengan masa berlaku maksimal 6 bulan.

Kedua, IMB jangka menengah dengan masa berlaku 6 bulan sampai 3 tahun. Ketiga, IMB jangka panjang yang berlaku lebih dari 3 tahun hingga revisi Rencana Detail Tata Ruang dan Peraturan Zonasi (RDTR-PZ) ditetapkan.

 


Bantu Data Administrasi

Anies Baswedan Sambangi DPP Partai Demokrat, Disambut Langsung AHY
Anies Baswedan menyampaikan sambutan saat tiba di Kantor DPP Partai Demokrat, Jakarta, Kamis (2/3/2023). Kunjungan Anies Baswedan untuk memperkenalkan dirinya kepada Majelis Tinggi Partai. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Sarjoko, Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (DPRK) DKI Jakarta menjelaskan terkait IMB smentara yang diberikan Gubernur DKI Jakarta periode 2017-2022, Anies Baswedan, kepada warga Tanah Merah untuk membantu warga yang ingin mengurus data administrasi di Jakarta.

“Untuk IMB yang pernah diberikan oleh Pelayanan Terpadu itukan sebenernya hanya semata dukungan supaya kebutuhan layanan dasar di sana itu bisa terpenuhi. Misalnya air bersih, air minum, kemudian aksesibilitas jalan kan gitu, untuk mobilitas ekonomi,” kata Sarjoko ketika dikonfirmasi.

Infografis 3 Skenario BBM Bersubsidi ala Menkeu Sri Mulyani. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis 3 Skenario BBM Bersubsidi ala Menkeu Sri Mulyani. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya