Adegan Drone di 6 Film Hollywood yang Paling Keren, Sayang untuk Dilewatkan

Di luar kabar insiden drone AS ditabrak pesawat jet tempur Rusia, drone kerap digunakan dalam dunia perfilman untuk mengambil gambar sejumlah adegan yang sulit dijangkau kameramen biasa.

oleh Ruly Riantrisnanto diperbarui 17 Mar 2023, 22:03 WIB
Diterbitkan 17 Mar 2023, 21:31 WIB
The Expendables 3, 2014. (IMDb)
The Expendables 3, 2014. (IMDb)

Liputan6.com, Jakarta Kehebohan masyarakat dunia terhadap kejadian tabrakan antara drone Amerika Serikat dengan pesawat jet Rusia masih jadi perbincangan. Amerika Serikat (AS) mengklaim bahwa sebuah jet tempur Rusia menghantam baling-baling pesawat pengintainya, sebuah drone, di Laut Hitam pada Selasa (15/3/2023).

AS mengaku terpaksa menjatuhkan drone-nya akibat insiden tersebut. Namun, pihak Rusia bersikeras bahwa pesawat tempurnya tidak mengenai drone MQ-9 Reaper. Sebaliknya, drone itu bermanuver tajam dan jatuh ke air setelah bertemu dengan jet tempur Rusia yang mencegatnya di dekat Krimea.

Di luar kabar insiden drone AS tersebut, drone kerap digunakan dalam dunia perfilman untuk mengambil gambar sejumlah adegan yang sulit dijangkau kameramen biasa. Misalnya saja adegan kejar-kejaran dengan mobil atau dramatisasi dari udara.

Deretan film blockbuster Hollywood pun sudah menggunakan teknik kamera yang menggunakan drone. Beberapa film ini bahkan masuk dalam box office dunia. Berikut deretan film dengan adegan terbaik yang menggunakan drone yang sayang untuk dilewatkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


1. Skyfall Gunakan Drone untuk Adegan Kejar-Kejaran Sepeda Motor

james_bond_skyfall_121024b.jpg
Skyfall. (Sony Pictures Releasing)

Teknik penggunaan drone diterapkan dengan baik dalam film Skyfall untuk adegan kejar-kejaran sepeda motor.

Meskipun drone tak bergerak, namun kamera yang diperlihatkan dari ketinggian membuat adegan ini makin dramatis, terutama saat sepeda motor naik ke atap rumah ke rumah.


2. Drone di The Greatest Showman Bikin Adegan Teatrikal Jadi Lebih Dramatis

The Greatest Showman
Sumber: IMDb/ Niko Tavernise - Twentieth Century Fox Film Corporation.

Meskipun bukan film laga, The Greatest Showman tetap menggunakan drone di sejumlah adegan pertunjukan.

Bahkan beberapa adegan teatrikal jadi terasa lebih dramatis berkat penggunaan drone.


3. Jurassic World Menggunakan Drone Supaya Penonton Merasa di Atas Dinosaurus

[Bintang] Jurassic World
Film produksi Universal Studio, 'Jurassic World' berhasil mengalahkan 'The Avengers'. (Universal Studio)

Dalam Jurassic World, adegan menggunakan drone dilakukan saat adegan pterosaurus yang terbang di atas kerumunan orang yang sedang panik.

Drone dalam film ini menggunakan teknik menukik, menirukan gerakan dinosaurus tersebut, membuat penonton merasa seperti terbang bersama dinosaurus ini.


4. The Expendables 3 Libatkan Drone di Adegan Pertempuran

Alasan Nonton The Expendables 3
Film Hollywood The Expendables 3 sudah hadir di aplikasi Vidio. (Dok. Vidio)

The Expendables 3 memang bukan dianggap sebagai film laga terbaik dalam hal cerita meskipun bertabur bintang action top dunia. Namun harus diakui, adegan-adegan laganya terlihat sangat bombastis.

Melansir, dronegenuity.com kru bernama Zim Marom menjelaskan bahwa rata-rata adegan pertempuran yang melibatkan ledakan dan kendaraan perang diambil menggunakan drone.

“Kami mengambil semuanya mulai dari mengejar tank hingga ledakan, hingga terbang di atas gedung dan lompatan sepeda motor. Kami juga dapat melakukan perekaman yang tidak dapat dilakukan oleh helikopter sungguhan," ujarnya.

 


5. Ambulance Gunakan Drone agar Adegan Kejar-kejaran Makin Tegang

Film Ambulance
Film Ambulance. (Twitter @ambulancemovie / Universal Pictures)

Film Ambulance yang disutradarai Michael Bay, mendapat banyak pujian terhadap adegan kejar-kejaran yang dilakukan oleh tokoh utama dan polisi.

Tokoh utama film ini dikisahkan kabur menggunakan mobil ambulance dan teknik kamera drone dalam film ini sukses membuat penonton terkagum lantaran sukses menambah ketegangan.


6. Red Notice Makin Tegang saat Drone Mengikuti Orang Berlari

Ryan Reynolds, Gal Gadot, Dwayne Johnson, dalam Red Notice. (Netflix)
Ryan Reynolds, Gal Gadot, Dwayne Johnson, dalam Red Notice. (Netflix)

Red Notice memang tak dianggap sebagai film laga terbaik, meskipun nuansa komedinya sukses menghibur. Namun pengambilan kamera menggunakan drone patut diacungi jempol.

Kameramen drone dalam film ini sukses mengikuti gerakan tiap karakter di sejumlah adegan perkelahian seru nan kocak yang menjadi konsepnya.

Infografis Film Bertema Masa Depan Bumi
Infografis film dengan tema kehancuran bumi di masa depan (Triyasni/Liputan6.com)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya