Sosok Pembawa Baki Paskibraka Nasional 2023, Lilly Indriani Suparman Wenda dari Papua Pegunungan

Lilly Indriani Suparman Wenda, sang Pembawa Baki Paskibraka Nasional 2023 adalah salah satu wakil dari empat provinsi baru di Papua.

oleh Ratnaning AsihLizsa Egeham diperbarui 17 Agu 2023, 11:23 WIB
Diterbitkan 17 Agu 2023, 11:23 WIB
Lilly Indriani Suparman Wenda yang merupakan perwakilan dari Provinsi Papua Pegunungan terpilih sebagai pembawa bendera Merah Putih.
Lilly Indriani Suparman Wenda yang merupakan perwakilan dari Provinsi Papua Pegunungan terpilih sebagai pembawa bendera Merah Putih. Saat ini, ia menempuh pendidikan di SMAN 1 Wamena. (Tangkapan layar Youtube Sekretariat Presiden)

Liputan6.com, Jakarta Sosok pembawa baki Paskibraka Nasional 2023 di Peringatan Detik-Detik Proklamasi 17 Agustus 2023 akhirnya terkuak sudah. Ia adalah Lilly Indriani Suparman Wenda, paskibraka yang berasal dari Papua Pegunungan.

Dilaporkan oleh kanal News Liputan6.com, gadis yang terpilih menjadi pembawa bendera Merah Putih ini, menempuh pendidikan di SMAN 1 Wamena.

Ia adalah salah satu wakil dari empat provinsi baru di Papua, yaitu Papua Selatan, Papua Tengah, Papua Pegunungan, dan Papua Barat Daya.

Saat latihan, ia rupanya sudah sempat ditunjuk sebagai pembawa baki—bahkan sempat dilihat langsung oleh Presiden Jokowi dan Ibu Iriana.

"Bangga sekali, sangat senang. Pas bawa baki juga itu enggak tahu kalau ada Pak Presiden di atas juga, terus pas di bawah baru kelihatan kalau ada. Jadi senang banget Pak Presiden bisa nonton langsung," ujar Lilly dikutip dari siaran pers Sekretariat Presiden, Selasa (15/8/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Paskibraka Lain yang Bertugas

Presiden Jokowi dan anggota Paskibraka Nasional 2023. (Foto: Dok. Instagram @jokowi)
Presiden Jokowi dan anggota Paskibraka Nasional 2023. (Foto: Dok. Instagram @jokowi)

Selain Lilly, ada sejumlah paskibraka lainnya dari Kelompok 8 yang bertugas untuk mengibarkan bendera dalam upacara HUT ke-78 RI.

Mereka adalah Bintang Wirasatya RA sebagai Komandan Kelompok 8 yang mewakili Provinsi Sumatera Selatan, Nathaniel Shawn Edgar Sondakh sebagai pembentang bendera yang mewakili Provinsi Sulawesi Utara, dan Alfin Alfarisi sebagai pengerek bendera yang mewakili Provinsi Sumatera Barat.

 


Rangkaian Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan

Paskibraka 2023 beranggotakan dari perwakilan masing-masing provinsi di Indonesia. Mereka telah dikukuhkan oleh Presiden Joko Widodo pada Selasa, 15 Agustus 2023, di Istana Negara, Jakarta. Sebanyak 76 pemuda telah mengucapkan Ikrar Putra Indonesia dan siap untuk menjalankan tugasnya pagi ini.

Sebagai informasi, rangkaian upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI di Halaman Istana Merdeka akan dimulai Kamis (17/8/2023), pukul 08.30 WIB. Acara akan dimulai dengan Kirab Bendera Pusaka dan Teks Proklamasi dari Silang Monas Jalan Medan Merdeka Barat menuju Istana Merdeka.


Komandan Upacara

Kolonel Arm Joko Setiyo Kurniawan didapuk menjadi Komandan Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia. Saat ini, ia menjabat sebagai Danmen Armed 2/PY/2 Kostrad. Bertindak sebagai Komandan Kompi Paskibraka ialah Kapten Mar Ganteng Prakoso. Saat ini, ia bertugas sebagai Danki A Yonif 7 Mar Brigif 4 Mar BS Kormar.

Adapun bertindak sebagai Perwira Upacara ialah Brigjen TNI Arkamelvi Karmani. Pria kelahiran 10 Februari 1967 tersebut, saat ini menjabat sebagai Kepala Staf Komando Garnisun Tetap I/Jakarta. Ia merupakan lulusan Akademi Militer tahun 1989.

 

Infografis Misi Agustus 2024 Upacara HUT RI di Halaman Istana IKN Nusantara
Infografis Misi Agustus 2024 Upacara HUT RI di Halaman Istana IKN Nusantara (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya