Hotman Paris Ajukan 2 Opsi ke Jokowi Setelah Pajak Hiburan Naik: Terbitkan Perpu atau Pakai Pasal 101

Hotman Paris menyebut 2 opsi dalam pesan terbuka untuk Presiden Jokowi setelah kebijakan pajak hiburan naik 40 hingga 75 persen. Salah satunya, Perpu.

oleh Wayan Diananto diperbarui 19 Jan 2024, 12:00 WIB
Diterbitkan 19 Jan 2024, 12:00 WIB
Hotman Paris
Hotman Paris menyebut 2 opsi dalam pesan terbuka untuk Presiden Jokowi setelah kebijakan pajak hiburan naik 40 hingga 75 persen. Salah satunya, Perpu. (Foto: Dok. Instagram @hotmanparisofficial)

Liputan6.com, Jakarta Merespons kebijakan pajak hiburan naik, Hotman Paris Hutapea mengunggah video berisi pesan terbuka kepada Presiden Jokowi. Ia mengingatkan bahwa, kebijakan ini bisa memantik efek domino di tahun politik, 2024.

Karenanya, Hotman Paris mengajukan dua opsi kepada Jokowi merespons kebijakan pajak hiburan naik di level 40 hingga 75 persen. Salah satunya dengan menerbitkan Perpu atau Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-undang.

“Hanya ada dua altrenatif. (Pertama) Bapak Presiden keluarkan Perpu,” ungkap Hotman Paris dalam video yang diunggah di akun Instagram terverifikasi, Kamis (18/1/2023) malam.

Presenter program Hotroom lalu menyinggung opsi kedua yakni pasal 101. Melansir dari berbagai sumber termasuk Antara, kuat dugaan yang dimaksud adalah pasal 101 UU No. 1 Tahun 2022.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Pasal 101 Sebagai Salah Satu Solusi

Hotman Paris. (Foto: Dok. Instagram @hotmanparisofficial)
Hotman Paris. (Foto: Dok. Instagram @hotmanparisofficial)

UU No. 1 Tahun 2022 mengatur Hubungan Keuangan antara Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah. Pasal 101 membuka ruang untuk insentif fiskal berupa pengurangan, keringanan, pembebasan atau penghapusan pokok pajak, pokok retribusi dan/atau sanksinya.

“Atau, Pemda memakai pasal 101 yaitu pengurangan atau penghapusan pajak, atau penghapusan sebagian. Tapi, perlu surat edaran Mendagri (Menteri Dalam Negeri -red) agar Pemda-nya berani,” ia mengusulkan.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS


Untuk Mendiskreditkan

Hotman Paris. (Foto: Dok. Instagram @hotmanparisofficial)
Hotman Paris. (Foto: Dok. Instagram @hotmanparisofficial)

Dalam video itu, Hotman Paris memperkenalkan diri kepada sebagai pesohor Instagram dengan pengikut 8,6 jutaan sekaligus pengacara Prabowo selama 30 tahun. Ia khawatir pajak hiburan naik berdampak buruk pada popularitas capres cawapres nomor urut 02.

“Dalam setiap komentar sudah jutaan netizen dalam Instagram saya, justru sekarang berbalik, memakai kenaikan pajak hiburan ini untuk mendiskreditkan Bapak Presiden Jokowi dan 02 Bapak Prabowo,” Hotman Paris mengingatkan.

 


Hati-hati Jelang Pemilu

Inul Daratista. (Foto: Instagram @inul.d)
Inul Daratista. (Foto: Instagram @inul.d)

“Kenaikan pajak ini telah dipakai oleh oknum untuk menyalahkan Presiden RI dan juga 02. Hati-hati menjelang Pemilu, isu ini sekarang adalah isu paling hot dipakai pihak lawan. Jadi perlu segera (ditindaklanjuti),” imbuhnya.

Diberitakan sebelumnya, Inul Daratista mengunggah video Hotman Paris seraya mendesak Jokowi merilis Perpu. “Benar. Memang yg punya kuasa menghapus/ membatalkan cuma Bapak Presiden Jokowi, kita tunggu ya bang,” tulis Inul Daratista.

Infografis Ragam Tanggapan Heboh Kenaikan Pajak Hiburan 40-75 Persen. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Ragam Tanggapan Heboh Kenaikan Pajak Hiburan 40-75 Persen. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya