Tiga Single Bintang Radio RRI 2023 Diluncurkan: Mengembangkan Talenta Musik Baru di Era Digital

Finalis Bintang Radio RRI 2023 yaitu Amira Julan, Daffa Radio Star, dan Naya Radio Star.

oleh Aditia Saputra diperbarui 11 Jun 2024, 22:08 WIB
Diterbitkan 11 Jun 2024, 14:30 WIB
Peluncuran tiga single solo dari finalis Bintang Radio Indonesia 2023.
Peluncuran tiga single solo dari finalis Bintang Radio Indonesia 2023.

Liputan6.com, Jakarta Radio Republik Indonesia (RRI) Jakarta, bekerja sama dengan MVDA Entertainment dan 13 Nadi Musik, baru saja mengumumkan peluncuran tiga single solo dari finalis Bintang Radio Indonesia 2023. Para finalis ini, yaitu Amira Julan, Daffa Radio Star, dan Naya Radio Star, telah merilis karya musik mereka masing-masing dan siap meramaikan industri musik Indonesia. 

Amira Julan, yang berasal dari Kendari, Sulawesi Tenggara, merilis single berjudul "Bagaimana." Daffa dari Banjarmasin meluncurkan single "You’re the Only One," yang merupakan kolaborasi dengan Jordan Wong. Sementara itu, Naya atau Nathalia dari Palangkaraya, Kalimantan Tengah, merilis single "Tak Mampu Melupa" yang diciptakan oleh Arsha Composer.

Ketiga lagu ini adalah hasil kolaborasi antara MVDA Entertainment, 13 Nadi Musik, dan Bintang Radio RRI.

Dalam acara konferensi pers dan peluncuran ketiga single tersebut, yang diadakan pada Senin, 10 Juni 2024, di Auditorium RRI Jakarta, produser dan A&R musik, Seno M Hardjo, menyatakan, "Kami ingin memberi aksen kuat agar RRI mampu menghasilkan karya yang fresh dan kekinian. RRI sebagai pelopor lembaga penyiaran juga hiburan di Indonesia harus mengikuti perkembangan zaman, terutama digital."

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Mengembalikan Spirit

Amira Radio Star (Istimewa)
Amira Radio Star (Istimewa)

Sementara itu I. Hendrasmo, Direktur Utama LPP RRI mengaku bakal mengembalikan spirit RRI menjadi tempat melahirkan bintang-bintang penyanyi seperti dulu. 

"Untuk itulah, kami ingin melanjutkan program Bintang Radio. Kami akan terus mendukung para juara agar semakin maju dan populer," ujarnya.

Daffa Radio Star berbagi cerita di balik single "You’re the Only One," satu-satunya single upbeat dengan corak R&B, berbeda dengan single lainnya yang lebih bercorak mellow-pop.

"Saya memang menyukai genre R&B. Bisa bareng Mas Jordan sebagai rapper, saya senang sekali dan rasanya pas. Berharap lagu ini bisa menyebar ke seluruh kalangan. Meskipun judulnya dalam bahasa Inggris, lirik lagunya 100 persen berbahasa Indonesia," ungkap Daffa.

 


Bisa Diterima Masyarakat

Naya Radio Star (Istimewa)
Naya Radio Star (Istimewa)

Arsha Composer, pencipta lagu "Tak Mampu Melupa" yang dinyanyikan Naya, menjelaskan, "Untuk produksi lagu ini, sudah proper. Saya mampu merasakan getaran aura Naya ketika menyuarakan lagu ini. Semoga lagu ini bisa diterima masyarakat. Naya juga kritis dan mampu menyumbangkan ide untuk mengubah beberapa lirik lagu ini." 

Ika Ratih Poespa, vokal editor, menambahkan, "Dia sangat ekspresif, kami paham tingkat kesulitan menyanyikan lagu seperti ini."

Para finalis Bintang Radio ini berencana merilis single setiap bulan, termasuk dari juara pertama ajang ini, Maria Pudesa, yang akan segera merilis single dalam waktu dekat.

"Kami tentunya juga nggak mau sehabis acara ini para pemenangnya tidak dipikirkan mau kemana dan hendak kemana. Pertunjukan atau showcase baik skala besar maupun kecil, seperti yang diselenggarakan RRI ataupun Boleh Gig oleh Boleh Music akan kami penuhi supaya berkelanjutan," jelas Seno.

 


Kendala

Daffa Radio Star (Istimewa)
Daffa Radio Star (Istimewa)

Seno juga menambahkan bahwa ada sedikit kendala, terutama dari peserta luar Jakarta, seperti menyiapkan syuting musik video dalam waktu singkat. "Untuk hal ini, saya dan 13 Nadi Musik sedang mempersiapkan semacam teknologi AI untuk memudahkan penampilan juga publikasi karya-karya yang dihasilkan para Bintang Radio ini," tambahnya. 

Dengan peluncuran tiga single ini, RRI, MVDA Entertainment, dan 13 Nadi Musik berharap dapat mengembangkan talenta musik baru di era digital serta memberikan platform yang kuat bagi para bintang muda untuk bersinar di industri musik Indonesia.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya