Pengakuan Nam Yoon Soo Berikan Satu Ginjalnya untuk Ayah: Aku Merasa Ini Sudah Seharusnya Kulakukan

Nam Yoon Soo merasa bahagia bisa memberikan hari-hari yang lebih baik pada ayahnya, setelah ia mendonasikan ginjal.

oleh Ratnaning Asih diperbarui 17 Jul 2024, 15:30 WIB
Diterbitkan 17 Jul 2024, 15:30 WIB
Nam Yoon Soo. (Instagram/ nam_yoonsu)
Nam Yoon Soo merasa bahagia bisa memberikan hari-hari yang lebih baik pada ayahnya, setelah ia mendonasikan ginjal. (Instagram/ nam_yoonsu)

Liputan6.com, Jakarta Sejak kemarin, nama Nam Yoon Soo jadi sorotan publik karena baktinya yang begitu mulia kepada sang ayah. Aktor drakor Extracurricular ini mendonasikan ginjalnya untuk sang ayah. 

Tak lama setelah kabar ini menjadi sorotan, pria 27 tahun tersebut membuat sebuah unggahan baru di akun Instagram-nya, @nam_yoonsu. Ia membagikan foto masa kecilnya saat sedang nyemplung di pantai. Di caption, ia menulis keterangan panjang mengenai pandangannya soal donasi ginjal yang ia jalani.

"Menurutku  itu adalah sesuatu yang secara alamiah harus kulakukan, yang diikuti dengan resolusi dan emosi yang campur aduk," tulisnya.

Ia menambahkan, "Setelah waktu berlalu, aku merasa bahagia bisa memberikan hari-hari yang lebih baik bagi ayahku."

Aktor Korea Selatan ini juga menyebut bahwa dirinya sungguh bersyukur karena penggemar yang pertama kali mengetahui kabar ini dari media, mendukung keputusannya.

"Juga kepada staf rumah sakit yang menyambut kami selama berhari-hari. Saya bertujuan untuk menjadi seseorang yang bisa siap sedia menawarkan bantuan saat menghadapi rasa takut dan keraguan," kata dia. 

Di bagian akhir unggahannya, sang aktor memberi semangat kepada orang--orang yang sedang menunggu-nunggu kapan bisa menjalani transplantasi organ. "Secara tulus, aku ingin memberikan semangat kepada yang sedang menantikan gilirannya," kata dia. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Nam Yoo Soo Hentikan Kegiatan Sejak Awal 2024

Nam Yoon Soo. (Instagram/ nam_yoonsu)
Nam Yoon Su. (Instagram/ nam_yoonsu, foto oleh: Yeongjun Kim/ photokyj80)

Dilansir dari Soompi, Selasa (16/7/2024), kabar donasi ginjal Nam Yoo Soo pertama kali disampaikan SPOTV. Diwartakan bahwa aktor 27 tahun ini telah menjalani operasi transplantasi pada 19 Juni 2024.

Nam Yoon Soo dengan sukarela mengerem kegiatannya di dunia hiburan demi sang ayah. Sejak awal 2024, Nam Yoon Soo dikabarkan menghentikan semua kegiatan demi persiapan operasi.

 


Dikonfirmasi Agensi Nam Yoo Soo

Pada hari yang sama dengan pemberitaan ini, agensi Nam Yoon Soo yakni Agency Garten, mengonfirmasi kabar tersebut.

“Nam Yoon Soo mendonasikan satu ginjalnya untuk ayahnya pada 19 Juni. Baik Nam Yoon Soo maupun sang ayah kini telah pulih dan keluar dari rumah sakit,” begitu pernyataan pihak agensi.

Dilansir dari Koreaboo, kondisi ayah Nam Yoon Soo mendadak memburuk pada awal 2024. Pihak agensi menjelaskan, keputusan mendonasikan organ ini datang dari Nam Yoon Soo sendiri. Begitu pula langkah cuti panjang demi fokus pada persiapan operasi.


Awalnya Tak Ingin Diungkap ke Publik

Pihak agensi menyebut Nam Yoon Soo sebenarnya tak ingin fakta mendonasikan ginjalnya diberitakan. Namun, setelah berdiskusi dengan pihak rumah sakit, hal ini akhirnya disebarkan demi meningkatkan pemahaman publik mengenai donasi organ.

Infografis BPOM Pidanakan Produsen Farmasi Biang Kerok Gagal Ginjal Akut
Infografis BPOM Pidanakan Produsen Farmasi Biang Kerok Gagal Ginjal Akut (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya