Dokumen Penting Terendam Banjir, Warga Banyuwangi Pasrah

Imbas banjir di Banyuwangi masih menyisakan pilu bagi warga yang terdampak. Betapa tidak, banjir menyebabkan warga merugi. Baik itu kerugian moril maupun materil, semua nampak jelas di hadapan mata.

oleh Hermawan Arifianto diperbarui 20 Okt 2022, 09:00 WIB
Diterbitkan 20 Okt 2022, 09:00 WIB
Dokumen penting milik warga Banyuwangi terendam banjir (Hermawan Arifianto/Liputan6.com)
Dokumen penting milik warga Banyuwangi terendam banjir (Hermawan Arifianto/Liputan6.com)

Liputan6.com, Banyuwangi - Imbas banjir di Banyuwangi masih menyisakan pilu bagi warga yang terdampak. Betapa tidak, banjir menyebabkan warga merugi. Baik itu kerugian moril maupun materil, semua nampak jelas di hadapan mata.

Seperti yang diutarakan oleh Sunarmi (45) warga Lingkungan Sutri, Kelurahan Sobo, Banyuwangi. Kala itu, muskhil baginya bisa menyelamatkan harta benda dari banjir yang melanda.

Rumah Sunarmi tepat berada di bantaran sungai Kali Sobo. Ketika sungai meluap sontak air dengan arus yang begitu deras dengan lancar menerjang rumah beserta isi-isinya.

"Saat itu kejadian sekitar waktu subuh untung posisi saya saat itu sudah bangun dan terjaga," ujar Sunarmi. Rabu (19/10/2022)

Air bercampur lumpur, kayu dan sampah menjebol plengsengan yang berada di belakang rumahnya. Beberapa jam berselang, ketinggian air kian meningkat.

"Sudah ga kepikiran mau gimana-gimana. Ada dua motor diparkir di dapur ambruk dan terendam. Punya tetangga motornya bahkan ada yang sampai hanyut untung masih bisa diselamatkan," kata dia.

Namun Sunarmi juga dirundung penyesalan. Lantaran beberapa dokumen penting yang ludes karena terendam banjir.

"Ada ijazah, raport, SKHU punya anak saya. Ada kartu keluarga dan sertifikat yang juga tidak sempat diselamatkan. Semua basah beruntung ga hanyut," bebernya.

Sunarmi menyebut saat itu dokumen ditumpuk dalam satu map yang sama. Sehingga ketika terendam dokumen tersebut langsung rusak, menggumpal menjadi satu.

Pihaknya saat ini tidak tahu harus berbuat apa dengan dokumen-dokumen yang sudah lepek tersebut. Ia hanya memilah dengan pelan dan menjemur dokumen tersebut.

"Saya tidak tahu harus bagaimana, ini hanya saya pilah-pilah dulu dan saya jemur, semoga masih bisa diselamatkan," tandasnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Tiga Kelurahan di Banyuwangi Direndam Banjir

Sebagai informasi, ada tiga kelurahan yang terdampak banjir pada Senin (17/10/2022) kemarin akibat luapan sungai. Masing-masing adalah Lingkungan Sutri Kelurahan Sobo, Lingkungan Rowo Kelurahan Pakis dan Perumahan Pesona Alam Kelurahan Kertosari.

Akibat bencana banjir itu, 65 KK di Lingkungan Sutri terdampak, 303 KK di Lingkungan Rowo terendam, dan 104 KK di Perumahan Pesona Alam sempat terendam.

Banjir paling parah terpusat di Lingkungan Sutri, Kelurahan Sobo. Jembatan di aliran sungai Kali Sobo tersumbat tumpukan sampah dari rumpun bambu hingga meluber ke pemukiman warga di bantaran sungai.

 

Infografis Banjir Bandang dan Longsor di Sulsel
Infografis Banjir Bandang dan Longsor di Sulsel. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya