Warga Lumajang Tewas Tertimpa Longsoran Rumpun Bambu

Seorang warga Desa Jugosari, Kecamatan Candipuro, Lumajang tewas tertimba rumpun bambu yang tergerus tanah longsor.

oleh Hermawan Arifianto diperbarui 19 Jan 2023, 12:00 WIB
Diterbitkan 19 Jan 2023, 12:00 WIB
Proses evakuasi korban tertimbun rumpun bambau di Lumajang (Istimewa)
Proses evakuasi korban tertimbun rumpun bambau di Lumajang (Istimewa)

Liputan6.com, Lumajang - Seorang warga Desa Jugosari, Kecamatan Candipuro, Lumajang tewas tertimba rumpun bambu yang tergerus tanah longsor.

Tim Reaksi Cepat (TRC) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lumajang langsung mengevakasi korban yang tertimbun rumpun bambu tersebut.

“Satu regu siaga TRC BPBD Lumajang tiba di lokasi kejadian bersama warga dan tim gabungan mengevkausi korban Slamet Junaedi dengan menggunakan alat manual dan berhasil dievakausi, namun korban ditemukan dalam kondisi meninggal dunia,” ujar Kepala BPBD Lumajang Patria Dwi Hastiadi, Rabu (18/1/2023).

Peristiwa tersebut berawal korban Slamet bersama sembilan orang lainnya membenahi saluran air bersih yang sudah lama macet berada di sungai belakang rumahya, kemudian korban naik ke atas tanggul sungai untuk  membersihkan batang- batang bambu yang menjadi penyebab macetnya saluran air.

“Saat korban hendak memotong bambu itu, tiba- tiba rumpun bambu yang dipotong mengalami longsor sehingga korban terjatuh dan tertimbun longsoran rumpun bambu,” tuturnya.

Teman-Teman korban berusha menolong, namun material rumpun bambu itu sangat rimbun dan sulit untuk melakukan pertolongan sehingga kejadian itu dilaporkan kepada Pemerintah Desa Jugosari dan diteruskan ke BPBD Lumajang.

“Tim gabungan berhasil mengevakuasi dan ditemukan dalam kondisi meninggal dunia. Setelah berhasil dievakuasi, korban langsung dibawa menuju rumah duka untuk dimakamkan di tempat pemakaman umum (TPU) Dusun Kampung Baru, Desa  Jugosari,” pungkasnya.

Patria  mengimbau masyarakat untuk mewaspadai potensi bencana longsor di beberapa lokasi yang tenahnya kurang stabil dan bencana banjir apabila hujan mengguyur di Kabupaten Lumajang dengan Intensitas Tinggi

“Kami mengimbau masyarakat selalu tetap waspada terhadap ancaman bencana di sekeliling tempat tinggal kita,” pungkasnya.

INFOGRAFIS JOURNAL_ Beberapa Gejala Permasalahan Kesehatan Mental pada Anak
INFOGRAFIS JOURNAL_ Beberapa Gejala Permasalahan Kesehatan Mental pada Anak (Liputan6.com/Abdillah)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya