Kasus AG Pacar Mario Dandy, Pakar Hukum: Bisa Restorative Justice Jika Ancaman Pidana di Bawah 7 Tahun

Pakar hukum peradilan anak Ahmad Sofian menyoroti status AG pacar Mario Dandy Satriyo yang meningkat dari saksi menjadi pelaku atau anak yang berkonflik dengan hukum.

oleh Yusron Fahmi diperbarui 03 Mar 2023, 10:50 WIB
Diterbitkan 03 Mar 2023, 10:50 WIB
Potret AG Kekasih Mario Dandy Anak Pejabat Ditjen Pajak Pelaku Penganiayaan David Latumahina
AG kekasih Mario Dandy pelaku penganiayaan. (Doc: Instagram.com/@__broden)

Liputan6.com, Jakarta - Pakar hukum peradilan anak Ahmad Sofian menyoroti status AG pacar Mario Dandy Satriyo yang meningkat dari saksi menjadi pelaku atau anak yang berkonflik dengan hukum.

Sofian menyatakan, ada tiga hal yang perlu diperhatikan jika berhadapan dengan anak berkonflik hukum.

Pertama, yakni dilihat dari segi ancaman pidana yang dilakukan, apakah kurang dari 7 tahun atau tidak. Apabila ancaman hukuman tersebut kurang dari 7 tahun maka wajib untuk dilakukan pertemuan antara pihak keluarga pelaku dengan keluarga korban untuk menentukan upaya Restoratif Justice (RJ).

"Jika saling memaafkan, status anak tersebut akan kemudian dialihkan ke sistem peradilan pidana dengan anak dikembalikan ke orangtua atau lembaga sosial dan perkara dihentikan," kata Sofian, Kamis (2/3/2023).

Namun, bila ancaman lebih dari 7 tahun, pihak kedua belah pihak tidak diwajibkan untuk menempuh jalur restoratif justice. Kalaupun ingin melakukan upaya restoratif justice tentu pihak polisi akan memfasilitasi.

"Jika tidak terjadi kesepaktan maka statusnya ditetapkan ke proses selanjutnya," jelas dia.

Kendati demikian, Sofian lebih menyarankan agar tidak dilakukan penahanan dalam kasus AG.

Dia menyebut ada sejumlah hal yang turut menjadi pertimbangan apabila AG akan dilakukan penahanan. Di antaranya adalah pelaku melarikan diri, diduga melakukan tindak pidana lagi, dan yang terakhir adalah merusak barang bukti.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Hindari Penahanan

Polisi Naikan Status AG Pacar Mario Dandy Jadi Anak yang Berkonflik dengan HukumPolisi Naikan Status AG Pacar Mario Dandy Jadi Anak yang Berkonflik dengan Hukum
Direktur Kriminal Umum Polda Metro Jaya Kombes (Pol) Hengki Haryadi (kiri) saat memberikan keterangan kepada wartawan terkait kasus penganiayaan remaja 17 tahun berinisial D di Polda Metro Jaya, Jakarta, Kamis (2/3/2023). Polisi menemukan sejumlah Lat bukti baru seperti CCTV, percakapan media sosial dan sebagainnya. Perubahan status AG dari yang sebelumnya anak berhadapan hukum menjadi anak yang berkonflik dengan hukum namun tidak dapat disebut sebagai tersangka. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

"Jadi UU perlindungan anaka secara yuridis menghindari penahanan terhadap anak yang berhadapan dengan hukum beda dengan orang dewasa," pungkas dia.

Apabila orang dewasa dengan ancaman hukuman penjara di atas lima tahun tentu wajib untuk langsung ditahan.

"Kalau anak, ini ancamannya 12 tahun nggak wajib," tuturnya.

Dalam hal ini pun kepolisian bakal dianggap melanggar undang-undang bola melakukan penahanan terhadap AG apabila tidak memiliki alasan objektif.

Reporter: Rahmat Baihaqi

Infografis: Deretan kasus kekerasan seksual di dunia pendidikan Tahun 2011 (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis: Deretan kasus kekerasan seksual di dunia pendidikan Tahun 2011 (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya