Khofifah Gabung Tim Pemenangan Prabowo-Gibran Usai Lengser dari Gubernur Jatim 31 Desember?

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa memberikan isyarat bergabung tim pemenangan pasangan calon presiden dan wakil presiden Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, setelah purna tugas pada 31 Desember 2023.

oleh Yusron Fahmi diperbarui 11 Des 2023, 20:03 WIB
Diterbitkan 11 Des 2023, 20:03 WIB
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa di Istana Kepresidenan Jakarta, Kamis (10/8/2023).
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa di Istana Kepresidenan Jakarta usai bertemu Presiden Jokowi, Kamis (10/8/2023). (Liputan6.com/ Lizsa Egeham)

Liputan6.com, Surabaya - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa memberikan isyarat bergabung tim pemenangan pasangan calon presiden dan wakil presiden Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, setelah purna tugas pada 31 Desember 2023.

"Resminya nanti Januari kawan-kawan," kata Khofifah di Surabaya, Minggu 10 Desember 2023.

Sinyal langkah dukungan Khofifah juga diperjelas dengan pernyataannya dengan menyebut bahwa partai-partai yang memberikannya rekomendasi maju di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Jawa Timur 2024, merupakan bagian dari partai-partai pengusung Prabowo-Gibran yang tergabung di Koalisi Indonesia Maju (KIM).

Diketahui, saat ini sudah dua partai KIM yang resmi memberikan rekomendasi bagi Khofifah berkompetisi di Pilkada Jawa Timur tahun depan, yakni Partai Amanat Nasional (PAN) dan Gerindra.

"Kawan-kawan bisa melihat trennya bahwa partai-partai pengusung ini kebetulan afiliasinya di 02," ujarnya.

Khofifah menyebut setelah purna tugas sebagai Gubernur Jawa Timur dia akan berangkat ibadah umroh.

"Saya umrah 1 Januari, pokoknya ditanggal itu saya umrah," ucapnya.

Sebagaimana yang diketahui, Khofifah pada hari ini telah resmi menerima rekomendasi dari Partai Gerindra untuk bertarung di Pilkada Jawa Timur 2024.

Rekomendasi Gerindra itu menyusul langkah PAN yang terlebih dahulu menyerahkan surat serupa di Surabaya, pada Senin, 4 Desember 2023.

Kemudian, Khofifah menyebut Partai Demokrat juga mendukungnya untuk maju di gelanggang pertarungan Jatim 1, namun hal itu masih sebatas lisan.

"Kemarin PAN, kemudian secara lisan Pak SBY (Susilo Bambang Yudhoyono) juga menyampaikan insya Allah Demokrat juga mendukung," kata Khofifah.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Golkar Siap Mendukung

Khofifah meneken Raperda RTRW 2023-2043 Jatim di  Kantor DPRD. (Istimewa)
Khofifah meneken Raperda RTRW 2023-2043 Jatim di Kantor DPRD. (Istimewa)

Khofifah juga menyatakan sudah mendengar informasi dukungan dari Partai Golkar, dia pun menunggu penyertaan resminya.

"Golkar sudah terkonfirmasi tetapi suratnya belum sampai, saya sudah dapat informasi," kata dia.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah menetapkan tiga pasangan calon presiden dan wakil presiden sebagai peserta Pilpres 2024, yakni pasangan nomor urut satu Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, pasangan nomor urut dua Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, dan pasangan nomor urut tiga Ganjar Pranowo-Mahfud MD. Masa kampanye ditetapkan mulai Selasa (28/11) hingga tanggal 10 Februari 2024, sementara pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.

Infografis Prabowo Usung Gibran Jadi Cawapres di Pilpres 2024. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Prabowo Usung Gibran Jadi Cawapres di Pilpres 2024. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya