Jokowi Bakal Berkantor di IKN Mulai Senin Besok, Meski Cuma Tiga Hari

Menurut pihak Istana, Jokowi rencananya akan berkantor di IKN selama tiga hari, dengan estimasi sampai akhir bulan ini. "Rencananya tiga hari," katanya.

oleh Tim Regional diperbarui 28 Jul 2024, 23:14 WIB
Diterbitkan 28 Jul 2024, 23:14 WIB
Presiden Joko Widodo (Jokowi)
Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengapresiasi dakwah kepeloporan di sektor perekonomian yang dilakukan oleh Pemuda Muhammadiyah saat membuka secara virtual, Jumat (2/4/2021). (Biro Pers Sekretariat Presiden)

Liputan6.com, Surabaya - Hari Senin tanggal 29 Juli 2024 menjadi hari bersejarah dalam perjalanan panjang pembangunan Ibu Kota Nusantara atau IKN. Pasalnya di hari itu Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan mulai berkantor.

Keterangan tersebut disampaikan Deputi Bidang Protokol, Pers dan Media Sekretariat Presiden Yusuf Permana.

"Hari ini Bapak Presiden dan Ibu Negara akan bermalam di Kantor Presiden di Ibu Kota Nusantara. Besok Beliau akan berkantor di Kantor Presiden di Ibu Kota Nusantara," ujar Yusuf dalam keterangan di Jakarta, Minggu (28/7/2024), dilansir dari Antara.

Menurut pihak Istana, Jokowi rencananya akan berkantor di IKN selama tiga hari, dengan estimasi sampai akhir bulan ini. "Rencananya tiga hari," katanya.

Sebelumnya Yusuf mengatakan Jokowi bertolak ke IKN Minggu hari ini (28/7). Presiden Joko Widodo bakal meresmikan Jembatan Pulau Balang dan meninjau pembangunan jalan tol di IKN.

Presiden Widodo juga akan meninjau perkembangan pembangunan Kantor Presiden dan Istana Kepresidenan di IKN.

"Bapak Jokowi juga akan melakukan peninjauan lainnya termasuk pengecekan kesiapan tempat upacara HUT RI dan sarana serta prasarana pendukung lainnya," jelasnya.

Diberitakan sebelumnya, Jokowi sempat batal berkantor di IKN pada awal bulan ini. Sebab infrastrukturnya belum siap sepenuhnya. Khususnya, soal ketersediaan air.

Jokowi pun sempat dikonfirmasi bagaimana progres pembangunan IKN dan mengapa akhirnya rencana berkantor di awal Juli batal.

Kepala negara menjawab dirinya tidak mau terburu-buru. Dia pun berseloroh soal kursi yang harus disediakan untuk berkantor, jika tidak mau duduk lesehan.

"Kalau kursinya belum ada gimana? mau duduk masa lesehan?," canda presiden saat ditanya awak media di Jakarta, Kamis 25 Juli 2024.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Ajak Artis Kunjungi IKN

Berbeda, sejumlah artis Indonesia membuat unggahan serupa tapi tak sama bersama orang nomor satu RI, Presiden Joko Widodo atau Presiden Jokowi. Rupanya Jokowi mengajak para artis ini mengunjungi Ibu Kota Nusantara atau IKN, Minggu (28/7/2024).

Deretan artis yang diterbangkan Presiden Jokowi mulai dari Atta Halilintar, Gading Marten, Irwansyah, Zaskia Sungkar, Raffi Ahmad, Aurel Hermansyah, dan sejumlah nama lain. 

Bersama mereka, hadir pula Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono.

Mereka berfoto di depan pesawat Kepresidenan RI, juga membagikan foto-foto di IKN--termasuk saat kunjungan ke Istana Negara IKN. 

"Bismillah ✈️ IKN," tulis Irwansyah.

Di unggahan lain ia menulis, "Alhamdulillah jembatan pulau balang sudah diresmikan oleh bapak Presiden RI @jokowi."

Atta Halilintar menulis," Diajak Bapak @jokowi kemana ya kita? ✈️"

Sementara Zaskia Sungkar tak bisa menahan rasa kagum saat melohat Istana IKN. "MasyaAllah," tulisnya sambil menyisipkan emotikon wajah penuh cinta dalam unggahan di Instagram Story.

Infografis Rencana Jokowi Gelar Sidang Kabinet Perdana di IKN Nusantara. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Rencana Jokowi Gelar Sidang Kabinet Perdana di IKN Nusantara. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya