Nexus 6 vs iPhone 6 Plus, Mana Lebih Baik?

Sebelum membeli, ada baiknya Anda membandingkan spesifikasi smartphone Nexus 6 dengan iPhone 6 Plus.

oleh Rio Apinino diperbarui 17 Okt 2014, 16:49 WIB
Diterbitkan 17 Okt 2014, 16:49 WIB
Google Resmi Umumkan Nexus 6 & Nexus 9
Untuk Nexus 6, Google bekerjasama dengan anak perusahaan mereka, Motorola. Sementara Nexus 9 diserahkan pada HTC.

Liputan6.com, Jakarta - Google baru saja memperkenalkan smartphone terbarunya, Nexus 6, ke hadapan publik. Nexus 6 digadang-gadang akan menjadi smartphone terbaik di kelasnya.  

Bagaimana jika Nexus 6 dibandingkan dengan iPhone 6 Plus yang juga belum lama ini meluncur. Sebelum membeli, ada baiknya Anda membandingkan spesifikasi kedua perangkat itu.  

Berikut perbandingan Nexus 6 dan iPhone 6 Plus seperti dilansir Macworld. Perbandingan ini, terutama spesifikasi Nexus 6, didasari pada informasi terkini dari pihak Google karena Nexus 6 baru akan dilepas ke pasaran pada akhir Oktober 2014. 
 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Desain

Nexus 6 Jadi Varian Nexus Termahal
Tingginya harga Nexus 6 adalah permintaan dari para penggemar Android sendiri.

Desain

Dari sisi desain, Nexus 6 sangat mirip dengan Motorola Moto X sehingga smartphone ini disebut-sebut sebagai Moto X versi besar. Nexus 6 menggunakan rangka aluminium tetapi terlihat seperti plastik biasa.

Di sisi lain, iPhone 6 Plus juga menggunakan rangka aluminium dan tampilannya lebih premium. Selain itu, Nexus 6 lebih tebal dan berat daripada iPhone 6 Plus.


Layar

Google Resmi Umumkan Nexus 6 & Nexus 9
Untuk Nexus 6, Google bekerjasama dengan anak perusahaan mereka, Motorola. Sementara Nexus 9 diserahkan pada HTC.

Layar

Layar iPhone 6 Plus yang berukuran 5,5 inci dapat dikatakan agak terlalu besar dalam genggaman. Tetapi, ternyata Nexus 6 lebih besar dari itu. Layar Nexus 6 berukuran 5,96 inci, membuat smartphone ini tidak terlalu nyaman dalam genggaman.

Meskipun begitu, layar yang lebih besar membuat Nexus 6 melampaui iPhone 6 Plus dengan 493pp QHD display dengan resolusi 2560 x 1440 piksel. iPhone 6 Plus "hanya" mampu memberikan 401ppi dengan 1920 x 1080 piksel.


Hardwarde dan Kinerja

Nexus 6
Nexus 6, smartphone pertama dengan OS Lollipop

Hardwarde dan Kinerja

Nexus 6 dilengkapi dengan prosesor Qualcomm Snapdragon 805, Adreno 420 graphics dan RAM 3GB sehingga membuat smartphone ini memiliki kinerja yang mumpuni. Bandingannya, iPhone 6 Plus hanya dilengkapi dengan RAM 1GB. Meskipun begitu, kinerja iPhone 6 Plus sendiri dapat dikatakan sudah sangat baik.


Kamera

Nexus 6
diambil dari stuff.tv

Kamera

Untuk urusan kamera, mampaknya Nexus 6 menang telak. Nexus 6 dilengkapi dengan kamera 13 megapiksel (MP), sedangkan iPhone 6 Plus "hanya" dilengkapi dengan kamera 8 MP. Untuk kamera depan, Nexus 6 dilengkapi dengan kamera 2 MP, sedangkan iPhone 6 Plus dilengkapi kamera 1,2 MP.


Harga

Nexus 6
diambil dari stuff.tv

Harga

Meskipun Nexus 6 ditaksir seharga US$ 649, tetapi sampai saat ini belum ada informasi resmi tentang harganya. Untuk iPhone 6 Plus, harga pasarannya sekitar US$ 749. Memang lebih mahal, tapi itu cukup terbayarkan dengan spesifikasi yang diusungnya.

Itulah perbandingan antara 2 ponsel pintar Nexus 6 dan iPhone 6 Plus. Pilihan terakhir tentu ada di tangan Anda.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya