Cari Tahu Seluk Beluk Pekerja Rumah Tangga di Aplikasi Ini

Aplikasi ini berisi informasi yang cukup komprehensif terkait Pekerja Rumah Tangga (PRT).

oleh Adhi Maulana diperbarui 14 Jul 2015, 13:14 WIB
Diterbitkan 14 Jul 2015, 13:14 WIB
Aplikasi Ini Ajak Pengguna Lebih Menghargai Pekerja Rumah Tangga
Aplikasi ini berisi informasi yang cukup komprehensif terkait PRT.

Liputan6.com, Jakarta - PRT atau Pekerja Rumah Tangga, berkontribusi besar terhadap perekonomian nasional dan global. Sejak tahun 2010, International Labour Organisation (ILO) atau organisasi perburuhan Internasional mencatat bahwa sedikitnya ada 52,6 juta orang di dunia bekerja sebagai PRT, sehingga profesi ini berkontribusi sebanyak 3,6% di sektor pekerja upahan secara global.

Sementara menurut data BNP2TKI, tercatat pada periode 2006-2012 ada 3,9 juta warga Indonesia yang bekerja di luar negeri (TKI). Kebanyakan dari mereka adalah perempuan yang bekerja di sektor informal dan diperkirakan lebih dari 80% dari mereka bekerja sebagai PRT.

Kontribusi mereka terhadap peningkatan devisa Negara sangat signifikan. Berdasarkan data Bank Indonesia dan BNP2TKI, remitan dari para pekerja migran pada tahun 2012 diperkirakan sebesar US$ 7 miliar, yang menjadikan mereka sebagai kontributor terbesa pendapatan devisa Indonesia setelah ekspor migas.

Untuk dalam negeri, data Survei Tenaga Kerja Nasional (Sakernas, 2012 ) mencatat ada 2.6 juta orang bekerja sebagai PRT dimana lebih dari 75% dari jumlah tersebut adalah perempuan.

Namun terlepas dari fakta-fakta yang menjelaskan secara gamblang tentang kontribusi penting PRT bagi perekonomian dan kehidupan manusia secara umum. PRT masih belum mendapatkan perlindungan memadai oleh Negara. Berbagai cerita pilu tentang penyiksaan bahkan pembunuhan masih terus dialami PRT.

Maka dari itu, demi terus mempromosikan kerja layak untuk PRT dan penghapusan PRT anak. ILO-Promote project meluncurkan "Aplikasi PRT" untuk perangkat mobile berbasis Android.

Aplikasi ini berisi informasi yang cukup komprehensif terkait PRT seperti penjelasan tentang PRT, peraturan perundang-undangan terkait PRT, keselamatan dan kesehatan kerja, hingga tips-tips agar PRT bisa bekerja lebih baik.

Dengan kata lain, aplikasi ini tidak hanya bermanfaat untuk PRT saja, tapi juga untuk para majikan. Sehingga bisa menguntungkan kedua belah pihak. Aplikasi PRT ini dapat diakses langsung melalui browser android di dwdw.app.appery.io atau diunduh melalui link ini. Demikian seperti yang dikutip dari siaran persnya, Selasa (14/7/2015).

(dhi/dew)

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya