Google Now Kini Bisa Dipakai Secara Offline

Pembaruan untuk Google Now ini memungkinkan asisten virtual Google itu diakses tanpa koneksi internet.

oleh Agustinus Mario Damar diperbarui 01 Okt 2015, 11:50 WIB
Diterbitkan 01 Okt 2015, 11:50 WIB
Google Now
Tampilan Google Now versi offline (sumber : ubergizmo.com)

Liputan6.com, Jakarta - Salah satu ciri penggunaan asisten virtual yang kini jamak hadir di beberapa platform, seperti Siri, Cortana, dan Google Now adalah membutuhkan jaringan internet untuk mengaksesnya.

Namun, saat ini Google dikabarkan akan mengembangkan pembaruan agar Google Now dapat digunakan dalam keadaan offline, sebagaimana dikutip dari laman Ubergizmo, Kamis (1/10/2015).

Jumlah perintah yang dapat dilakukan menggunakan Google Now versi offline memang lebih sedikit dibandingkan ketika ada akses internet, namun perintah yang dapat dilakukan kebanyakan merupakan perintah dasar yang cukup fungsional.

Misalnya, melalui perintah suara offline ini pengguna dapat mengatur pemutar musik, membuka aplikasi, mematikan/menyalakan WiFi, menyalakan senter, mengaktifkan airplane mode, mengaktifkan koneksi Bluetooth, dan meredupkan cahaya layar.

Untuk sementara ini layanan offline Google Now baru bisa digunakan untuk wilayah Amerika Serikat atau perangkat yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pemakaiannya. Diharuskan pula untuk melakukan update terlebih dahulu ke Google App versi 5.3.

Sebenarnya, Google Now bukanlah asisten virtual yang memiliki kemampuan untuk diakses secara offline. Sebelumnya, Cortana milik Microsoft juga telah hadir dengan kemampuan serupa.

(dam/isk)

 

 

 

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya