Pendiri Wordpress: Muda, Pintar, Kaya, dan Berjiwa Seni

Wordpress belum lama ini disebutkan telah menguasai seperempat pasar web di dunia.

oleh M Hidayat diperbarui 26 Nov 2015, 07:36 WIB
Diterbitkan 26 Nov 2015, 07:36 WIB
Matt Mullenweg
Matt Mullenweg. Kredit: Vladimir Kaladan Petkov

Liputan6.com, Jakarta - Matt Mullenweg, begitu ia biasa disapa. Pemilik nama lengkap Matthew Charles Mullenweg tersebut adalah sosok di balik platform yang belum lama ini dikabarkan menguasai seperempat pasar web di dunia: WordPress.

Pria yang dilahirkan dan dibesarkan di Houston, Texas, Amerika Serikat (AS) pada 11 Januari 1984 lalu ini punya satu kesamaan dengan pendiri raksasa teknologi Microsoft, Bill Gates: drop out. Ia drop out dari jurusan Ilmu Politik University of Houston pada 2004.

Kemudian ia bekerja di CNET hingga di akhir 2005 dan memutuskan keluar. Ia pun mendirikan Automattic, perusahaan di balik WordPress.com, Akismet, Gravatar, VaultPress, IntenseDebate, Polldaddy, dan masih banyak lagi.

Terhitung sejak saat itu, ia sering didaulat menjadi pembicara di konferensi dan kegiatan seperti Northern Voice in Canada, Global WorldCamp Events, SxSW, BlogWorld Expo, Greek Blogger Camp, Tahoo TechDev Talk, Web 2.0 Submit, YCombinator’s Startup School, dan Le Web.

Meski Automattic merupakan fokus utamanya, Matt juga mempunyai sebuah perusahaan kapitalis ventura bernama Audrey Capital, di mana ia memberi masukan dan investasi pada banyak perusahaan rintisan (start-up). Menurut data Crunch Base, ia telah membukukan 34 investasi di 31 perusahaan rintisan yang berbeda.


Selanjutnya

Uniknya, Matt sebenarnya tidak mempunyai latar belakang IT yang sangat kuat. Di kota kelahirannya, dulu ia tercatat sebagai siswa sekolah tinggi (setara SMA) dengan spesialisasi pertunjukan dan seni visual dan mempelajari alat musik saxofon dengan genre jazz.

Dengan demikian, jika Anda menggunakan WordPress premium, Anda dapat menemukan alasan mengapa versi pembaruan WordPress menggunakan kode nama musikus jazz. Sebagai contoh, Miles Davis merupakan kode nama untuk WordPress 1.0 dan Billie Holiday kode nama untuk WordPress 4.3-- Miles Davis dan Billie Holiday adalah musikus jazz.

"Musik membantuku ketika aku sedang berkutat dengan coding ... Aku mendengarkan satu lagu berulang-ulang, hingga seratus kali," ucap Matt, sebagaimana dikutip dari Inc.

Dalam waktu luangnya, Matt juga ternyata sangat menggemari fotografi.

Di sisi lain, dari data The Richest, diketahui bahwa kekayaan bersih Matt Mullewenweg bernilai sekitar US$ 40 juta. Sementara WordPress sendiri, berdasarkan data Forbes, bernilai US$ 1,16 miliar.

Bicara soal karier, kariernya terbilang cemerlang. Tak mengherankan, sejumlah penghargaan bergengsi pun dikantonginya, antara lain PC World’s Top 50 People on the Web, Inc.com’s 30 under 30, and Business Week’s 25 Most Influential People on the Web.

Sumber: Blog pribadi Matt Mullenweg, Forbes, The Richest, Inc, Crunch Base, Incomediary

(why/cas)**

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya