MDI Ventures dan Finch Capital Rilis Arise Fund untuk Investasi ke Startup Tahap Awal

MDI Ventures, bersama dengan Finch Capital merilis Arise Fund untuk berinvestasi ke startup Indonesia dengan fokus pendanaan tahap awal.

oleh M Hidayat diperbarui 28 Nov 2020, 19:00 WIB
Diterbitkan 28 Nov 2020, 19:00 WIB
Ilustrasi pendanaan startup, funding startup, dolar, uang dolar, uang
Ilustrasi pendanaan startup, funding startup, dolar, uang dolar, uang. Kredit: Gerd Altmann via Pixabay

Liputan6.com, Jakarta - Perusahaan modal ventura di bawah naungan Telkom, MDI Ventures, bersama dengan Finch Capital merilis Arise Fund untuk menggulirkan investasi ke startup Indonesia dengan fokus pendanaan tahap awal.

"Indonesia adalah salah satu negara yang memiliki potensi yang besar untuk startup. MDI Ventures melihat dan memahami potensi tersebut sehingga kolaborasi dengan global partner seperti Finch Capital dapat mendorong investasi untuk pengembangan startup," ujar Direktur Utama Telkom Ririek Adriansyah dalam keterangan tertulis.

Langkah ini, kata Ririek, merupakan bentuk komitmen Telkom dalam menciptakan ekosistem teknologi digital berkelanjutan untuk memperkuat ekonomi digital Indonesia dan membangun sektor BUMN modern.

Ririek menyebut Arise Fund dibangun untuk memberdayakan generasi baru pendiri startup, terutama yang muncul di tengah-tengah krisis seperti sekarang ini.

Dengan target aset kelolaan senilai USD 40 juta atau sekitar Rp 540 miliar, Arise Fund akan membantu startup praseri A tidak hanya dalam hal pendanaan, tetapi juga memberikan jalur yang jelas bagi startup untuk melakukan validasi, bertumbuh, berkembang, hingga mencapai "exit".

"Arise Fund secara langsung membantu dalam mencocokkan produk startup terhadap pasar sehingga memudahkan mereka untuk menemukan strategi masuk pasar yang paling efektif," tutur Aldi Adrian Hartanto dari MDI, selaku General Partner untuk Arise.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini


Berbeda dengan investor tahap awal lainnya

Aldi menyebut Arise Fund memiliki sejumlah perbedaan dengan investor tahap-awal lainnya di Indonesia

"Kami memiliki beragam pedoman untuk memfasilitasi proses ini, yang dapat diterapkan dan disesuaikan dengan berbagai ekosistem teknologi yang berbeda, baik di Eropa, Asia, dan di Silicon Valley--wilayah-wilayah pasar di mana MDI Ventures dan Finch Capital aktif berinvestasi," ujar Aldi melanjutkan.

Pada tahapan awal, startup dapat bergabung dengan inkubator Indigo Nation yang juga ada di bawah naungan Telkom untuk menemukan model bisnis berkelanjutan. Arise Fund kemudian akan berperan mendukung perjalanan startup tersebut pada fase berikutnya.

Dalam hal ini, MDI Ventures akan membantu menghubungkan startup tersebut dengan berbagai bisnis yang dikelola oleh Telkom dan perusahaan BUMN lainnya, sementara Finch Capital akan melakukan hal serupa dengan daftar mitra korporat blue-chip yang mereka kelola.

Nantinya startup tersebut diharapkan dapat menerima investasi dari Centauri Fund di tahapan seri A, kemudian lewat MDI Ventures di seri B dan selanjutnya, hingga akhirnya sukses melalui proses akuisisi atau melantai perdana di bursa saham.


Signing Ceremony

Peluncuran Arise Fund ditandai signing ceremony antara General Partner Arise Aldi Adrian Hartanto dari MDI dan Hans De Back dari Finch Capital, yang Wakil Duta Besar Belanda untuk Indonesia Ardi Stoios-Braken, Direktur Utama Telkom Ririek Adriansyah, Direktur Strategic Portfolio Telkom Budi Setyawan Wijaya, dan CEO MDI Ventures Donald Wihardja di Jakarta. Turut hadir menyaksikan melalui video conference Wakil Menteri Luar Negeri RI Mahendra Siregar.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya