Replay Mix, Kumpulan Lagu yang Paling Sering Diputar di YouTube Music

YouTube Music dikabarkan sedang fokus pada algoritma daftar putar otomatisnya untuk menghadirkan lebih banyak rekomendasi ke pengguna.

oleh Arief Rahman Hakim diperbarui 14 Jun 2021, 17:16 WIB
Diterbitkan 14 Jun 2021, 17:16 WIB
Ilustrasi YouTube Music
Ilustrasi YouTube Music. Kredit: Google

Liputan6.com, Jakarta YouTube Music dikabarkan tengah fokus pada daftar putar otomatis algoritmiknya belakangan ini. Kini, platform pemutaran musik pesaing Spotify itu memasukkan ‘Replay Mix’ yang berisi lagu paling sering diputar dalam beberapa minggu terakhir.

Sebelumnya, YouTube Music juga mengganti nama ikonik ‘Your Mix’ dan mengenalkan tujuh campuran harian baru dalam setahun terakhir.

Replay Mix, hadir di sebelah daftar My Supermix pada kategori ‘Mixed for You’ saat pengguna menggulir sedikit ke bawah di halaman depan.

Layaknya My Supermix, maksimal yang dimuat di daftar putar itu bisa mencapai 100 lagu. Itu juga dilengkapi dengan kemampuan putar ulang otomatis ketika daftar lagu telah seluruhnya diputar.

Mengutip 9to5Google, Senin (14/6/2021), ketika pengguna membuka daftar putar tersebut, itu akan menampilkan notifikasi "Campuran lagu yang paling sering kamu dengarkan dalam beberapa minggu terakhir".

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Belum Rilis Publik

Tambahan fitur baru di YouTube Music ini secara sederhana mirip dengan daftar putar ‘On Repeat’ yang ada di Spotify.

Acuannya sama, yakni beberapa lagu yang sering didengarkan oleh pengguna beberapa waktu terakhir.

Fitur ini baru terlihat oleh pengguna di Reddit, dan belum diketahui kapan tambahan fitur ini akan dirilis secara luas untuk publik.

Namun, untuk pengguna di Indonesia, tampaknya fitur ini belum hadir. Di sebelah My Supermix, masih ditempati oleh daftar putar ‘My Mix’.

Untuk mengeceknya, kamu bisa mengakses YouTube Music dari versi desktop maupun seluler. Pada ponsel, cukup gulir sedikit ke bawah untuk menemukan kategori ‘Mixed for You’.

(Rif/isk)

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya