10 Smartphone Xiaomi yang Pertama Kebagian MIUI 14, Apa Saja?

Berikut adalah daftar 10 smartphone Xiaomi dan Poco yang pertama kebagian update MIUI 14.

oleh Agustin Setyo Wardani diperbarui 10 Jan 2023, 19:00 WIB
Diterbitkan 10 Jan 2023, 19:00 WIB
Xiaomi
Tampilan MIUI 14 yang baru saja diperkenalkan oleh Xiaomi. (Dok: Xiaomi)

Liputan6.com, Jakarta - Xiaomi segera menggulirkan update MIUI 14. Sejumlah pembaruan dan peningkatan yang signifikan bagi smartphone Xiaomi disertakan dalam versi OS terbaru ini.

Tidak ketinggalan, agar pengguna mendapatkan pengalaman berkualitas secara keseluruhan, versi global dari MIUI 14 akan diluncurkan pada smartphone Xiaomi, Redmi, dan Poco. Ketiganya menjadi produk Xiaomi yang memperkuat lini bisnis perusahaan.

MIUI 14 hadir dengan desain ulang UI dengan tampilan minimalis. Versi MIUI 14 ini juga menjanjikan tampilan baru untuk sistem aplikasi standar, ada wallpaper dan widget baru untuk Home yang juga disertakan dalam pembaruan ini.

Ada sejumlah informasi yang terungkap mengenai versi global MIUI 14. Peluncurannya disebut-sebut tengah menunggu waktu sehingga wajar bila hal ini membuat Xiaomi Fans kian tidak sabar.

Menurut informasi baru, MIUI 14 bakal segera tersedia dalam waktu dekat. Bahkan, sistem operasi ini ada di lini Xiaomi 13.

Terpenting dari itu, sudah ada informasi tentang 10 smartphone Xiaomi yang akan mendapatkan update MIUI 14 versi global. Berikut informasinya sebagaimana dikutip Gizchina, Selasa (10/1/2023):

 


10 Smartphone Xiaomi

Xiaomi 12 Lite 5G. Liputan6.com/Giovani Dio Prasasti
Xiaomi 12 Lite 5G. Liputan6.com/Giovani Dio Prasasti

1. Xiaomi 12 Pro

2. Xiaomi 12

3. Xiaomi 12T

4. Xiaomi 12 Lite

5. Xiaomi 11 Lite 5G NE

6. Xiaomi 11 Lite 5G

7. Redmi Note 11 Pro+ 5G

8. Poco F4 FT

9. Poco F4

10. Poco F3

Karena MIUI 14 ingin menjadi salah satu update paling signifikan dalam memori, MIUI 14 menyertakan banyak fitur baru. Mulai dari antarmuka yang menawarkan pengalaman baru, sebagai hasil dari efek animasi peningkatan sistem.

Selanjutnya ada opsi privasi yang memberikan kemampuan bagi pengguna mengelola informasi dan izin yang diberikan ke perangkat.

Lalu, ada kemampuan mengenali teks dalam foto. Kemudian di MIUI 14 pula, pengguna bisa menyalin dan menempelkan teks yang dikopi dari foto ke aplikasi lain dengan mudah.


Apa Saja Fitur Barunya?

Xiaomi
Tampilan MIUI 14 yang baru saja diperkenalkan Xiaomi. (Dok: Xiaomi)

Sebelumnya, Xiaomi resmi mengumumkan kehadiran MIUI 14 bersama dengan kehadiran lini Xiaomi 13. MIUI versi terbaru ini berbasis Android 13 dan dibekali dengan sejumlah perubahan tampilan, fitur baru, termasuk peningkatkan kolabroasi antar perangkat.

Dikutip dari Gizmochina, Selasa (13/12/2022), Xiaomi menyebut MIUI 14 memiliki firmware yang lebih kecil dibandingkan MIUI 13, serta mengadopsi arsitektur sistem yang ditingkatkan. Dengan demikian, MIUI 14 memiliki kinerja dan efisiensi lebih baik.

Di sektor desain, MIUI 14 hadir dengan sejumlah perubahan ikon maupun keseluruhan tampilan antarmuka. Kini, ikon aplikasi tampil lebih besar dan bisa disesuaikan ukurannya.

Format widget pun tampil lebih segar, begitu pula dengan folder di Home Screen, sehingga pengguna diberi opsi kustomisasi lebih luas. Yang menarik, ada pula widget baru untuk tumbuhan dan hewan yang bisa diletakkan di Home Screen.


Kinerja Lebih Ringan

Xiaomi 13
Tampilan Xiaomi 13 yang baru saja diperkenalkan oleh Xiaomi. (Dok: Xiaomi)

Bicara soal kinerja, Xiaomi mengklaim MIUI 14 lebih ringan dibandingkan pendahulunya. Perusahaan asal Tiongkok itu juga menyebut performa sistem pada MIUI telah meningkat 60 persen.

Secara keseluruhan, ukuran firmware MIUI 14 juga lebih kecil hanya sekitar 13.09GB. Pembaruan turut dilakukan pada opsi manajemen notifikasi, sehingga pengguna bisa menutup notifikasi hanya dengan satu satuan.

Pada MIUI versi terbaru ini, fitur privasi juga ditingkatkan kemampuannya oleh Xiaomi. Kini, semua tindakan dalam sistem dilakukan secara lokal di perangkat, tanpa ada data pengguna yang disimpan di cloud.

Sejumlah fitur berbasis kecerdasan buatan turut dibenamkan di MIUI 14, salah satunya adalah kemampuan ekstraksi teks dari gambar. Xiaomi juga juga meningkatkan kemampuan asisten suara berbasis kecerdasan buatan untuk melakukan sejumlah tugas berbekal perintah suara sederhana.

(Tin/Isk)

Infografis Era Teknologi 5G di Indonesia
Infografis Era Teknologi 5G di Indonesia (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya