WhatsApp Uji Coba Opsi untuk Memutar GIF Secara Otomatis di Android

WhatsApp dikabarkan tengah uji coba opsi terbaru yang memungkinkan GIF diputar secara otomatis dalam obrolan untuk pengguna Android.

oleh Dinda Charmelita Trias Maharani diperbarui 03 Mei 2023, 15:00 WIB
Diterbitkan 03 Mei 2023, 15:00 WIB
WhatsApp GIF
(Doc: Kreativa Studio)

Liputan6.com, Jakarta - Bagi pengguna media sosial, GIF merupakan sebuah multimedia yang populer digunakan untuk mengekspresikan perasaan, misalnya berupa meme animasi.

Sayangnya, GIF tidak bekerja dengan maksimal di aplikasi WhatsApp karena pengguna perlu mengetuk gambar terlebih dahulu untuk menampilkan animasinya.

Kendati demikian, baru-baru ini WABetaInfo melaporkan WhatsApp Beta 2.23.10.2 untuk Android akan menghadirkan sedikit perubahan. Dikabarkan, aplikasi perpesanan ini sedang menguji coba opsi yang memungkinkan GIF diputar secara otomatis.

Meskipun GIF umumnya bergerak berulang-ulang, pembaruan ini hanya akan memutarnya satu kali. Setelah itu, tulisan 'GIF' akan muncul seperti biasa dan pengguna perlu meng-klik gambar jika ingin memutarnya lagi.

Melansir GSM Arena, Rabu (3/5/2023), opsi ini dapat menjadi pembaruan yang tepat karena terkadang animasi yang dimainkan berulang-ulang dapat mengganggu kenyamanan pengguna dalam obrolan. 

Bagi anggota program WhatsApp TestFlight, pengguna mungkin sudah bisa mencoba fitur baru WhatsApp ini. Namun, belum ada informasi lebih lanjut apakah opsi tersebut akan segera dirilis dalam update berikutnya.

Di sisi lain, platform ini terus mengembangkan berbagai fitur yang dapat meningkatkan pengalaman pengguna. Salah satunya adalah mode 'Side by side' yang sedang diuji coba untuk pengguna tablet Android.

Sebagai informasi, mode ini dapat menampilkan beberapa chat WhatsApp sekaligus, sehingga memudahkan aktivitas obrolan pengguna dengan banyak orang dalam waktu yang sama. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


WhatsApp dapat Tampilkan Dua Chat Sekaligus

[FIMELA] Keuntungan yang Bisa Kamu Dapat Ketika Gabung ke Grup WhatsApp Fimelahood
Dengan gabung ke grup WhatsApp Fimelahood, kamu bisa dapatkan info-info yang nggak kamu dapatkan di mana-mana. (Ilustrasi: Shutterstock)

Sesuai namanya, mode 'Side by side' memungkinkan pengguna beralih antar percakapan tanpa harus meninggalkan ruang obrolan yang sedang berlangsung.

Dilansir Gizmochina, Selasa (2/5/2023), WABetaInfo melaporkan mode ini akan membagi layar percakapan, sehingga pengguna dapat melihat beberapa ruangan chat sekaligus. Sebagai gambaran, mode ini membuat tampilan WhatsApp di tablet mirip dengan WhatsApp Web.

Meskipun area untuk setiap percakapan akan tampil lebih kecil, mode ini memudahkan pengguna tablet Android yang sering mengobrol dengan banyak orang dalam waktu bersamaan untuk berganti kolom chat.

Meskipun begitu, pengguna yang lebih menyukai tampilan antarmuka ruang obrolan dengan ukuran besar juga dapat menonaktifkan fitur ini. Melalui pengaturan WhatsApp, mode Side by Side dapat dimatikan pada bagian “Chats” atau “Obrolan”.

Untuk saat ini, pembaruan tersebut telah diluncurkan ke beberapa pengguna Beta dan nantinya akan menyambangi lebih banyak pengguna. Dengan fitur ini, pengguna aplikasi WhatsApp di tablet Android akan mendapatkan pengalaman mengobrol yang lebih mulus.


Satu Nomor WhatsApp Bisa Login di 4 Perangkat

Ilustrasi WhatsApp
Ilustrasi WhatsApp. Kredit: Webster2703 via Pixabay

Selain mode Side by Side, WhatsApp sebelumnya juga telah memperkenalkan fitur login multi-perangkat yang memungkinkan pengguna mengakses satu akun di beberapa perangkat.

Fitur tersebut sudah mulai disebarkan ke pengguna secara global, dengan kemampuan menautkan maksimal empat perangkat tambahan untuk setiap akun.

Fitur baru ini juga bermanfaat bagi pengguna yang kerap beralih perangkat atau berbagi akun dengan anggota keluarga. Dengan kemudahannya, pengguna tetap dapat terhubung dengan teman dan keluarga tanpa perlu keluar masuk akun dari perangkat berbeda.

Sebelumya fitur serupa sudah dihadirkan oleh aplikasi pesan Telegram, memungkinkan pengguna untuk login satu akun melalui beberapa perangkat sekaligus. Hal ini pun membuat pengguna lebih mudah, salah satunya untuk mengirim file atau tautan link dari satu perangkat ke perangkat lain.


Cara Hubungkan Satu Akun WhatsApp di 4 Perangkat

Fitur baru di aplikasi WhatsApp memungkinkan satu akun aktif di beberapa perangkat (WhatsApp)
Fitur baru di aplikasi WhatsApp memungkinkan satu akun aktif di beberapa perangkat (WhatsApp)

WhatsApp mengumumkan perluasan fitur baru yang memungkinkan satu akun WhatsApp digunakan di beberapa smartphone secara bersamaan.

Kemungkinan ada pengguna yang sudah bisa menghubungkan satu akun WhatsApp ke empat smartphone, namun mungkin yang lain belum bisa.

Hal ini mengingat pembaruan tersebut akan tersedia ke aplikasi WhatsApp semua orang dalam beberapa pekan mendatang.

Sejauh ini, kamu bisa menghubungkan satu akun WhatsApp ke empat perangkat berbeda. Bagaimana caranya?

  • Pengguna bisa membuka WhatsApp di smartphone,
  • Ketuk opsi lainnya yang ada di Titik tiga vertikal lalu pilih Perangkat Tertaut atau Linked Devices,
  • Ketuk Tautkan Perangkat atau Link Device,
  • Buka kunci smartphone kamu, jika perangkat memiliki fitur autentikasi biometrik, ikuti petunjuk yang ditampilkan di layar,
  • Jika autentikasi biometrik tidak diaktifkan, pengguna akan diminta untuk memasukkan PIN yang digunakan untuk membuka kunci smartphone kamu,
  • Arahkan smartphone ke layar perangkat yang ingin ditautkan lalu pindai atau scan kode QR.
Infografis Cek Fakta
Infografis Cek Fakta: Kumpulan Hoaks Seputar Covid 19 terbaru yang beredar di WhatsApp (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya