Elon Musk Sebut TikTok Sangat Merusak Usai Penelitian Ungkap Dampak Buruk Bagi Anak-Anak

CEO Twitter Elon Musk menyebut TikTok 'sangat merusak' setelah sebuah penelitian ungkap dampak buruk platform terhadap pengguna berusia 13 tahun.

oleh Dinda Charmelita Trias Maharani diperbarui 15 Mei 2023, 13:00 WIB
Diterbitkan 15 Mei 2023, 13:00 WIB
FOTO: Elon Musk Jadi Saksi Sidang Akuisisi SolarCity
CEO Twitter, Elon Musk, sebut TikTok sangat merusak gara-gara hasil sebuah penelitian. (AP Photo/Matt Rourke)

Liputan6.com, Jakarta - CEO Twitter, Elon Musk, mengungkapkan keprihatinannya atas dampak buruk dari media sosial TikTok pada kelompok usia tertentu. 

Dalam sebuah cuitan yang diunggah melalui akun Twitter-nya @elonmusk, Minggu (14/5/2023), ia membagikan foto artikel dari Wall Street Journal tentang penemuan terkait efek buruk platform TikTok terhadap anak-anak.

Foto itu menunjukkan sinopsis penelitian yang menyatakan para peneliti telah membuat akun pengguna fiktif berusia 13 tahun. Lalu, laman akun mereka dipenuhi video konten tentang gangguan makan, citra tubuh, tindakan melukai diri sendiri, dan kecenderungan bunuh diri yang tidak sesuai dengan usia pengguna. 

Bersamaan dengan foto penelitian tersebut, miliarder sekaligus CEO Tesla ini menambahkan caption yang menyebut TikTok “Extremely destructive if accurate” alias “Sangat merusak jika (penelitian) akurat.”

Kolom komentar cuitan tersebut pun dibanjiri berbagai balasan oleh pengguna Twitter. Tidak sedikit yang menyetujui pendapat Elon Musk. Namun, beberapa pengguna lainnya turut mempertanyakan apakah aplikasi miliknya lebih baik. 

“Teknologi apa pun dapat berguna dan juga merusak,” tulis akun @tomjack****** menanggapi.

“Tepatnya mengapa anak saya yang berusia 14 tahun tidak diizinkan memiliki media sosial apa pun,” timpal akun @CoClari****.

Sebelumnya, TikTok juga menghadapi penolakan dari pemerintah Amerika Serikat. CEO TikTok Shou Zi Chew pun harus bersaksi di sidang kongres atas kekhawatiran terkait keamanan data pengguna pada Kamis (23/3/2023) waktu Amerika Serikat.

Chew bersaksi bahwa TikTok memprioritaskan keselamatan pengguna muda. Ia berupaya meyakinkan anggota parlemen untuk tidak memblokir aplikasi ini atau tidak memaksa ByteDance menyerahkan saham kepemilikannya.


Beberapa Akun Pertanyakan Keamanan Twitter

akun terverifikasi
Ilustrasi: Tanda verifikasi di Twitter (Sumber: Tech Crunch)

Di samping itu, cuitan Elon Musk tersebut juga menimbulkan respons dari beberapa pengguna yang meragukan keamanan Twitter. Seperti diketahui, kepemimpinan Elon Musk telah ditandai dengan berbagai perubahan dan pembaruan di platformnya yang kontroversial bagi sebagian pengguna.

Beberapa pembaruan meliputi perubahan algoritme yang lebih banyak menampilkan akun centang biru di tab timeline pengguna, hingga sistem berlangganan Twitter Blue untuk mendapatkan verifikasi akun.

“Apakah Twitter jauh lebih baik di sini? Saya terus-menerus menemukan postingan penawaran produk atau layanan (leading post) di tab for you saya dari algoritme ini,” tulis akun @cashpo****.

Sementara itu, pengguna lain melaporkan penemuan konten bermuatan penyimpangan seksual di media sosial ini yang meresahkan. 

“Ada orang yang mengirim spam necrophilia dan bestialitas di aplikasi Anda. Anda mungkin ingin memeriksanya,” ungkap akun @hiddenrep******.


Elon Musk Juga Sebut WhatsApp Tidak Dapat Dipercaya

Elon Musk. (Patrick Pleul/Pool via AP, File)
Elon Musk. (Patrick Pleul/Pool via AP, File)

Beberapa waktu lalu, Elon Musk juga sempat menyebut WhatsApp tidak dapat dipercaya. Hal ini diungkapkan melalui akun Twitternya untuk menanggapi sebuah utas dari akun @foaddabiri.

Utas tersebut berisi informasi mengenai aktivitas WhatsApp yang secara diam-diam mengakses mikrofon perangkat Foad Dabiri ketika ia tertidur. Ia pun menyertakan tangkapan layar yang menunjukkan riwayat akses mikrofon tersebut. 

Beberapa lama kemudian, WhatsApp menjelaskan bahwa masalah tersebut berasal dari sebuah bug di Android yang mengatribusikan informasi di Dashboard Privasi.

“Kami telah meminta Google untuk menginvestigasi masalah ini dan memperbaikinya,” tulis WhatsApp dalam keterangannya.


Kepemimpinan Elon Musk sebagai CEO Twitter akan Digantikan Linda Yaccarino

5 PR Besar Linda Yaccarino CEO Baru Twitter Setelah Gantikan Elon Musk
Linda Yaccarino, CEO baru Twitter (doc: Twitter.com/@lindayacc

Sebelumnya, miliarder ini mengumumkan Linda Yaccarino akan menggantikannya sebagai CEO Twitter yang baru. Keputusan ini diambil setelah ia berpikir untuk mengundurkan diri dalam enam minggu mendatang.

"Saya dengan sangat bersemangat, menyambut Linda Yaccarino sebagai CEO baru Twitter," kicau Elon Musk, dikutip dari akun Twitternya, Minggu (13/5/2023).

Dilansir The Statesman, Senin (15/5/2023), Elon Musk lebih berfokus pada desain produk dan teknologi baru. Sementara itu, Linda akan lebih mengembangkan operasi bisnis. 

Selama kepemimpinannya, Elon Musk juga telah memberhentikan lebih dari 7.500 karyawannya dan mengubah fitur serta strategi layanan platformnya. Ia juga telah menjadikan Twitter bersifat pribadi sehingga tidak harus mengungkapkan informasi perusahaan kepada publik. 

Baru-baru ini, Twitter juga menambahkan fitur pesan terenkripsi yang dapat diakses lebih awal oleh pengguna terverifikasi.  

Infografis Klarifikasi dan Upaya Pemilik TikTok Yakinkan Pemerintah AS. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis Klarifikasi dan Upaya Pemilik TikTok Yakinkan Pemerintah AS. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya