Ookla Nobatkan Telkomsel Jadi Operator Terkencang dan Terbaik di Indonesia

Ookla Speedtest menobatkan Telkomsel dengan empat predikat, yakni Best Mobile Coverage, Fastest Mobile Network, Best Mobile Gaming Experience, serta gelar Best Mobile Network.

oleh Agustin Setyo Wardani diperbarui 03 Agu 2024, 16:00 WIB
Diterbitkan 03 Agu 2024, 16:00 WIB
Telkomsel
Ilustrasi: Peningkatan Layanan Data Telkomsel selama Ramadan dan Idul Fitri 2020 (Dok: Telkomsel)

Liputan6.com, Jakarta - Ookla menobatkan Telkomsel sebagai operator dengan cakupan terbaik, tercepat, pengalaman game mobile terbaik, serta jaringan terbaik dalam Speedtest Awards di semester pertama 2024.

Pada kategori Best Mobile Network, Ookla bahkan menobatkan Telkomsel sebagai pemenang sebanyak enam kali berturut-turut.

Dalam laporan Ookla periode Januari-Juni 2024, Telkomsel mengukuhkan posisi pada best mobile coverage dengan capaian skor cakupan 27,42 poin.

Kategori tersebut, Telkomsel dinilai sebagai operator yang memiliki cakupan infrastruktur merata dan mampu menyediakan konektivitas yang andal termasuk di daerah dengan kondisi geografis menantang. Saat ini jaringan 4G Telkomsel juga sudah mencapai wilayah terpencil dan terluar.

Sementara di kategori Fastest Mobile Network, Telkomsel memiliki kecepatan akses broadband tertinggi, dengan skor 42,33 poin.

Berdasarkan Ookla, rata-rata kecepatan internet download 31,95 Mbps dan kecepatan upload 13,65 Mbps.

Dalam Gaming Experience, Telkomsel dianggap bisa menyediakan pengalaman main gim mobile dengan jaringan terbaik. Capaian game skornya mencapai 76,65 poin. Pelanggan bisa menikmati latensi rendah, kecepatan tinggi, dan koneksi stabil untuk mendukung pengalaman gaming optimal.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Jaringan Mobile Terbaik

Ilustrasi BTS 4G Telkomsel Baru
Ilustrasi BTS 4G Telkomsel Baru. Kredit: Telkomsel

Lalu, Telkomsel mendapatkan gelar Best Mobile Network untuk keenam kalinya secara berturut-turut.

Menurut Telkomsel, hal ini menegaskan konsistensi perusahaan sebagai penyedia layanan telekomunikasi digital terdepan di Indonesia yang mampu menghadirkan konektivitas tercepat dengan cakupan jaringan terluas di seluruh negeri.

Direktur Network Telkomsel Indra Mardiatna mengatakan, "Lewat capaian tersebut Telkomsel terus berupaya memberi layanan terbaik dan memperluas jangkauan serta kualitas jaringan di seluruh Indonesia."

 


Jumlah BTS Telkomsel

Ilustrasi BTS Telkomsel
Ilustrasi BTS Telkomsel (Liputan6.com/Sangaji)

Indra mengatakan, Telkomsel memiliki visi dan misi dalam memberdayakan masyarakat, dan memastikan setiap orang, rumah, dan bisnis memiliki akses ke konektivitas yang cepat, andal, dan merata.

Telkomsel sendiri kini memiliki 265.900 BTS dengan mayoritas adalah jaringan 4G yang mencakup 97 persen wilayah Indonesia.

Telkomsel juga mengoperasikan 716 BTS 5G di 53 kota/kabupaten di Indonesia. Cakupan tersebut meliputi ibu kota provinsi, kota-kota besar, kawasan industri, residensial, bandara udara internasional, dan beberapa daerah strategis seperti destinasi wisata prioritas. Antara lain Labuan Bajo, Danau Toba, Mandalika, dan lainnya.

Infografis 4 Rekomendasi Chatbot AI Terbaik. (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)
Infografis 4 Rekomendasi Chatbot AI Terbaik. (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya